... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

Istiqomah di Jalan Hijrah

Foto: Mengejar Istiqomah

KIBLAT.NET – Beberapa waktu lalu, kaum muslimin Indonesia dikagetkan dengan sikap seorang mantan pejoget yang kembali ke dunia hiburan yang telah lama ia tinggalkan. Maka dalam peristiwa ini seorang muslim harus bisa mengambil ibrah (pelajaran).

Ketetapan hati untuk memindahkan langkah kaki dari jalan maksiat kepada jalan taat merupakan hal yang harus dipuji dan disyukuri. Karena hal itu pertanda sehatnya hati. Namun perlu disadari bahwa ketika telah berada di jalan taat ia tidak akan kembali lagi di jalan yang telah ditinggalkan. Justru potensi untuk ia terjerumus kembali ke jalan awal sangat besar. Sebab setan akan berupaya kuat untuk menarik kembali dirinya ke jalan maksiat. Sebab setan tidak ridha jika melihati manusia bertaubat.

Maka bisa dikatakan, berhijrah dari jalan maksiat ke jalan taat adalah berat, namun yang lebih berat dari itu adalah istiqomah saat berjalan di atasnya. Maka perlu ilmu dan arahan tentang hal-hal yang dapat meneguhkan seseorang ketika telah berada di atas jalan hijrah, agar tak kembali lagi ke jalan semula. Di antara cara agar dapat istiqomah saat hijrah adalah sebagai berikut:

  1. Berdoa.

Sebab terbesar yang mampu menopang seorang hamba untuk teguh diatas jalan hijrah adalah do’a. Oleh karena itu, do’a yang paling sering dilantunkan Rasulullah adalah:

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِي عَلَى دِينِكَ

“Ya Allah, Dzat yang membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu.” (HR. Tirmidzi )

Demikian pula Allah ta’ala mengabarkan pula bahwa di antara doa orang beriman adalah:

“Tidak ada doa mereka selain ucapan: “Wahai Rabb kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami yang berlebih-lebihan dalam urusan kami dan tetapkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.” (QS. Ali Imron: 147)

  1. Memperbanyak Amal Shalih.

Memperbanyak amal shalih termasuk perkara yang dapat meneguhkan langkah seorang hamba di atas jalan hijrah. Allah berfirman:

“Dan perumpamaan orang-orang yang membelanjakan hartanya karena mencari keridhaan Allah dan untuk keteguhan jiwa mereka.” (QS. Al Baqoroh: 265)

Maka selain untuk menambah pundi-pundi pahala, amal shalih juga berfungsi untuk mengokohkan hati agar tegar di jalan hijrah.

  1. Memperbanyak Baca Al-Qur’an

Perbanyaklah berinteraksi dengan Al-Qur’an, dengan membaca, mentadabburi, dan mengamalkannya. Sebab, selain kelak akan menjadi syafaat bagi hamba, Al-Qur’an juga dapat meneguhkan hati agar teguh ketika menapaki jalan hijrah.

Allah ta’ala berfirman:

“Katakanlah: “Ruhul Qudus (Jibril) menurunkan Al Quran itu dari Tuhanmu dengan benar, untuk meneguhkan (hati) orang-orang yang telah beriman, dan menjadi petunjuk serta kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri (kepada Allah).” (QS. An Nahl: 102)

 

  1. Berteman Dengan Orang Shalih.

Jika seseorang ingin kebaikan maka hendaknya ia berteman dengan orang baik. Sebagaimana jika seseorang ingin pandai dalam berdagang, maka hendaknya berteman dengan para pedagang, bukan dengan para petani atau nelayan.

Bagaimana mungkin orang yang ingin taubat dari dosa zina, namun ia masih berkumpul dan berteman dengan para pezina. Atau ingin agar istiqomah dalam mengerjakan shalat, namun ia sering berpergian dengan teman yang tidak mengerjakan shalat.

Allah ta’ala berfirman:

Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Rabbnya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan dunia ini; dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas.” (QS. Al Kahfi: 28)

Hal terpenting dalam masalah pertemanan ini adalah keberanian diri untuk menolak setiap tawaran teman yang berupaya menarik kita kembali ke jalan yang buruk. Seperti memberi bayaran gratis, atau dengan cara lainnya.

Inilah empat perkara penting yang dapat membantu seorang hamba dalam menapaki jalan hijrah. Agar kita tidak terperosok ke dalam lubang yang sebelumnya kita pernah terjatuh di dalamnya, maka mengetahui empat perkara di atas sangat penting.

 

Penulis: Ustadz Zaid Royani, S.Pd.I -Da’i MADINA

 

 

 

 

 

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Wilayah Lain

Korea Utara Berencana Tembakkan Nuklir ke Pangkalan Militer AS

Korea Utara mengatakan akan siap untuk menembakkan empat rudal ke dekat wilayah Guam AS, pada pertengahan Agustus mendatang.

Kamis, 10/08/2017 16:17 0

Amerika

Sebut Pemboman Masjid Minnesota Hoax, Gedung Putih Tuai Kecaman

Sebastian Gorka, penasihat senior Presiden AS Donald Trump, mengatakan kepada MSNBC bahwa sejumlah kejahatan pembunuhan yang baru-baru ini terjadi adalah palsu aliaas hoax. Namun, ia tidak sanggup memberikan contoh terkait tuduhan tersebut.

Kamis, 10/08/2017 16:16 0

Afghanistan

Taliban Bebaskan 235 Warga Mirza Awlang

Pejabat Afghanistan mengatakan bahwa mereka berniat melakukan serangan balasan untuk mencoba merebut kembali desa tersebut, begitu bala bantuan militer datang. Ini membuat keselamatan para sandera menjadi prioritas utama, karena setelah pertempuran pecah mereka akan berada dalam bahaya yang jauh lebih besar.

Kamis, 10/08/2017 15:17 0

Indonesia

Kasus Penistaan Agama Ade Armando Dihentikan, LBH Street Lawyer Ajukan Gugatan

Menurutnya, SP3 yang dikeluarkan oleh Ditrskrimsus tidak masuk akal. Terlebih, ia menilai bahwa tindakan tersebut tidak didasari dengan hukum yang berlaku di Indonesia.

Kamis, 10/08/2017 14:08 0

Indonesia

ICMI: Jangan Sampai Mantan Anggota HTI Diperlakukan Seperti PKI

Ia meminta kepada pihak berwenang atau pemerintah untuk tidak berlebihan dan sewenang-wenang dalam menangani para mantan anggota HTI.

Kamis, 10/08/2017 13:23 0

Indonesia

Hastag #AyoTangkapViktor Duduki Trending Topic di Twitter

Warganet ramai-ramai keluarkan hastag #AyoTangkapViktor di Twitter, dan berhasil menduduki trending topik urutan pertama. Para netizen meminta agar pemerintah memproses hukum atas pernyataan Viktor tersebut.

Kamis, 10/08/2017 12:57 0

Opini

Mahasiswi Dilarang Bercadar, Unpam Langgar HAM?

Peraturan baru Universitas Pamulang (Unpam) yang melarang mahasiswi bercadar mendapat reaksi dari berbagai kalangan. Tidak sedikit mahasiswi menyuarakan penolakannya di forum-forum diskusi.

Kamis, 10/08/2017 12:40 0

Wilayah Lain

Apakah Kali Ini Korea Utara Serius dengan Ancaman Nuklirnya?

Semenanjung Korea terbelah setelah Perang Dunia Kedua dan negara komunis Korea Utara berkembang menjadi sebuah kediktatoran ala Stalin.

Kamis, 10/08/2017 12:00 0

Arab Saudi

Pasukan Khusus Saudi Rebut Kendali Kota Syiah di Provinsi Qatif

Pasukan khusus Saudi, Rabu (09/08), mengambil alih kendali kampung Al-Miswarah di kota Awwamiya, Saudi Timur, sekitar lima bulan setelah pecahnya konfrontasi bersenjata.

Kamis, 10/08/2017 11:29 0

Mesir

Fatwa Mufti Mesir Bolehkan Dana Zakat untuk Perangi Kaum Ekstrimis Tuai Kontroversi

Grand Mufti Mesir, Syauqi Allam telah mengeluarkan fatwa kontrovesial yang membolehkan uang zakat dikucurkan kepada militer dan pemerintah untuk memerangi kelompok yang dituding ekstrimis.

Kamis, 10/08/2017 10:15 0