... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Fatwa Mufti Mesir Bolehkan Dana Zakat untuk Perangi Kaum Ekstrimis Tuai Kontroversi

Foto: Mufti Mesir, Syaikh Syauqi Ibrahim Abdel Karim Allam.

KIBLAT.NET, Kairo – Grand Mufti Mesir, Syauqi Allam telah mengeluarkan fatwa kontrovesial yang membolehkan dana zakat dikucurkan kepada militer dan pemerintah untuk memerangi kelompok yang dituding ekstrimis.

Seperti dilansir dari 5pillars.com pada Kamis (08/08), Syaikh Syauqi mengatakan dalam sebuah wawancara TV pada acara ‘Dialog Mufti’, bahwa “ulama terdahulu pernah menafsirkan bahwa uang zakat dapat digunakan untuk membeli senjata dan pasukan guna melawan musuh Islam, dan ini adalah perlawanan di bidang keamanan, bersamaan dengan konfrontasi kaum intelektual terhadap kelompok ekstremis.”

“Metode untuk menghadapi ekstremisme telah berubah sejak zaman Nabi sampai sekarang,” tambah dia.

Mufti rezim Mesir ini menjelaskan bahwa kegagalan dalam melawan ekstremis dapat menyebabkan korupsi dan keruntuhan masyarakat.

Ia pun mengklaim pernyataan bahwa, “pena selalu sejajar dengan senapan, persis seperti kata dan pemikiran yang bertarung seiring dengan kekuatan bersenjata.”

Fatwa kontroversial dari Syaikh Syauqi Allam memicu kemarahan dari para ulama, aktivis Islam dan akademisi Muslim yang menganggap fatwanya telah menjadi lampu hijau bagi militer dan pasukan keamanan untuk merebut uang zakat di Mesir dengan dalih “memerangi terorisme”.

Sebagaimana diketahui, di dalam Al-Quran telah dijelaskan bahwa pengelolaan uang zakat hanya diperuntukkan untuk 8 golongan. Yaitu kaum Fakir (orang yang tidak memiliki harta), Miskin (orang yang penghasilannya tidak mencukupi), Riqab (hamba sahaya atau budak), Gharim (orang yang memiliki banyak hutang), Mualaf (orang yang baru masuk Islam), Fisabilillah (pejuang di jalan Allah), Ibnu Sabil (musyafir dan para pelajar perantauan) dan Amil zakat (panitia penerima dan pengelola dana zakat).

Sementara itu, dalih mufti rezim Mesir yang menjelaskan bahwa kegagalan dalam melawan ekstremis dapat menyebabkan korupsi dan keruntuhan masyarakat sangat mudah dibantahkan. Para pakar terorisme global justru berpendapat bahwa ekstremisme dan terorisme muncul karena faktor kemiskinan dan tata kelola pemerintahan yang buruk (bad governance) seperti korupsi dan nepotisme sehingga mengakibatkan kekecewaan di kalangan masyarakat.

 

Redaktur: Fajar Shadiq
Sumber: 5pillars.com

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Ustadz Abu Bakar Baasyir Dilarikan ke RS Harapan Kita

Ulama kharismatik Ustadz Abu Bakar Baasyir dilarikan ke rumah sakit pada Rabu malam (08/08) ke RS Harapan Kita Jakarta.

Kamis, 10/08/2017 09:47 0

Indonesia

ACTA Gugat Perppu Pembubaran Ormas ke MK

Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) resmi mendaftarkan gugatan uji materiil Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Kamis, 10/08/2017 06:47 0

Indonesia

Parah… Mengaku Nabi Terakhir, Hadasari Ternyata Pasien RSJ

Pengakuannya kali ini sebenarnya bukanlah pertama kali. Sebelumnya Hadasari pernah mengaku sebagai nabi pada tahun 2015 lalu.

Rabu, 09/08/2017 13:29 0

Video Kajian

Bahaya Dosa Kecil (Ust. Abu Rusydan)

KIBLAT.NET – Sering kali kita lalai dengan dosa kecil. Bahkan banyak dari kita yang menganggap...

Rabu, 09/08/2017 11:10 0

Indonesia

Soal Penunjukan Rektor oleh Presiden, Dahnil: Kampus Tidak Boleh Jadi Alat Kekuasaan

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) ‎Tjahjo Kumolo mengatakan, pemilihan Rektor Perguruan Tinggi akan dilakukan sendiri oleh presiden. Kebijakan itu diberlakukan dengan dalih untuk menangkal paham radikal masuk ke dunia pendidikan.

Rabu, 09/08/2017 10:17 1

Indonesia

Dahnil: Pernyataan Laiskodat Radikalis Pancasila, dan Itu Berbahaya

Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak mengungkapkan, perilaku atau pernyataan yang disampaikan oleh Ketua DPP dan Ketua Fraksi Partai Nasdem DPR RI, Victor Laiskodat, di Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan perilaku seorang radikalis sejati

Rabu, 09/08/2017 06:27 0

Indonesia

Pemuda Muhammadiyah Tantang Nasdem Buktikan Jika Video Viktor Editan

Ketua PP Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak menantang Nasdem untuk membuktikan peryataan bahwa video pidato Viktor Laiskodat di hadapan publik.

Selasa, 08/08/2017 22:18 0

Indonesia

Cadar Dilarang, Pemuda Muhammadiyah Sayangkan Sikap Rektor Unpam

Ketua Umum PP Pemuda,Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak menyayangkan sikap Rektorat Unpam yang mempermasalahkan penggunaan cadar di kampus.

Selasa, 08/08/2017 21:45 0

Indonesia

Pemuda Muhammadiyah: Larangan Cadar di Unpam Melanggar UUD dan Pancasila

Menurutnya, pelarangan bercadar yang terjadi di Unpam disebabkan karena para akademisi tidak memahami makna kebebasan beragama dan mengekspresikan agama.

Selasa, 08/08/2017 21:05 0

Indonesia

Tidak Hanya Unpam, Inilah Kampus-kampus yang Melarang Mahasiswi Bercadar

Polemik pelarangan cadar ternyata banyak terjadi di kampus Indonesia. Padahal Indonesia sendiri terbilang mayoritas Islam,

Selasa, 08/08/2017 18:42 0