... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

ACTA Gugat Perppu Pembubaran Ormas ke MK

Foto: Tim Advokat Cinta Tanah Air (ACTA)

KIBLAT.NET, Jakarta – Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) resmi mendaftarkan gugatan uji materiil Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Yang menjadi pihak prinsipal dalam permohonan ini adalah Ali Hakim Lubis dan Herdiansyah, dua orang WNI berprofesi advokat yang kebetulan juga anggota presidium ACTA,” kata Ketua Dewan Penasehat ACTA, Hisar Tambunan, melalui rilis yang diterima Kiblat.net, Rabu (09/08).

Hisar menganggap, uji materiil dilakukan karena Perppu Ormas bertentangan dengan Pasal 22 UUD 1945 yang mensyaratkan adanya situasi mendesak dalam penerbitan sebuah perppu.

Sementara, pihaknya memanggap bahwa saat ini sama sekali tidak ada situasi yang mendesak terkait situasi perpolitikan pada umumnya, dan aktivitas Keormasan pada khususnya.

Sebaliknya, kata Hisar, demokrasi di Indonesia ‎sedang tumbuh dengan baik. Di mana Ormas yang awalnya dituding bertentangan dengan Pancasila dan harus dibubarkan pemerintah justru dalam melakukan kegiatannya seperti aksi unjuk rasa berlangsung sangat tertib dan damai.

Hisar memandang aksi-aksi yang dilakukan ormas seperti Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) sangat bersih dan jauh dari upaya provokasi yang menentang nilai-nilai Pancasila.

“Kami menolak keras pihak-pihak yang mengaitkan penentangan terhadap Perppu Ormas dengan sikap politik HTI atau konsep negara khilafah,” tegasnya.

“Kami garis bawahi bahwa kami tidak ada hubungan sama sekali dengan organisasi HTI, dan kami bukan pendukung konsep khilafah,” pungkasnya.

BACA JUGA  Kabar Wafatnya Syaikh Salman Al Audah Hanya Rumor

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Hunef Ibrahim

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Malaysia

Organisasi Ateis Internasional Murtadkan Muslim, Malaysia Bertindak

Malaysia tengah menyelidiki sebuah organisasi ateis internasional. Demikian diungkap oleh seorang menteri pada Senin (06/08), setelah foto seorang Muslim yang diduga murtad tersebar luas di media sosial.

Rabu, 09/08/2017 15:45 1

Arab Saudi

Kebijakan Baru Maskapai Saudi, Wanita Dilarang Mengumbar Aurat di Pesawat

Maskapai Saudia Airlines menerapkan aturan baru terkait pakaian yang dikenakan penumpang pesawat komersial. Hal ini dilakukan untuk menciptakan kenyamanan seluruh penumpang selama penerbangan.

Rabu, 09/08/2017 15:00 0

Turki

Turki Bangun Dinding Keamanan di Sepanjang Perbatasan Iran

Turki mulai membangun "dinding keamanan" di sepanjang perbatasannya dengan Iran. Hal ini dilakukan untuk menghentikan laju militan Kurdi ke Turki.

Rabu, 09/08/2017 14:14 0

Arab Saudi

Tiap Jelang Musim Haji Kiswah Ka’bah Diangkat, Ini Tujuannya

Bagian bawah kiswah Ka'bah dinaikkan sekitar tiga meter pada Selasa (08/08). Bagian yang diangkat ditutupi dengan kain katun warna putih sekitar dua meter di keempat sisinya.

Rabu, 09/08/2017 11:38 0

Video Kajian

Bahaya Dosa Kecil (Ust. Abu Rusydan)

KIBLAT.NET – Sering kali kita lalai dengan dosa kecil. Bahkan banyak dari kita yang menganggap...

Rabu, 09/08/2017 11:10 0

China

Gempa Guncang Daratan Cina

Gempa berkekuatan 6,5 skala richter mengguncang barat daya Cina pada Selasa (08/08) malam. Surat kabar People's Daily menunjukkan sembilan orang tewas, termasuk enam turis, dengan lebih dari 130 orang terluka.

Rabu, 09/08/2017 10:51 0

Yaman

Kuasai Shobwah, UEA Incar Ladang Minyak Terbesar Yaman

"UEA berencana mengambil alih stasiun gas Balhaf di provinsi Shobwa, Yaman selatan," kata sumber yang bekerja di Keamanan Nasional Yaman kepada Al-Quds Al-Araby, Selasa (08/08). Stasiun gas Balhaf merupakan salah satu pengelolaan gas terbesar di Yaman

Rabu, 09/08/2017 10:13 0

Amerika

Pentagon Kaji Operasi Militer di Marawi, Filipina

Menurut sumber Pentagon itu, serangan mungkin menjadi bagian dari operasi yang akan diumumkan dalam waktu dekat. Rencana ini untuk menargetkan lokasi ISIS yang selama dua bulan terlibat pertempuran dengan militer Filipina di kota Marawi, negara Bagian Mindano.

Rabu, 09/08/2017 08:45 0

Suriah

Keamanan Tahrir Al-Syam Tangkap Komplotan Penculik di Kota Idlib

Hai'ah Tahrir Al-Syam (HTS), Selasa (08/08), mengumumkan menangkap komplotan penculik warga di kota Idlib. Gerakan pejuang yang saat ini mengontrol penuh Idlib itu juga berhasil membebaskan seorang pemuda yang diculik beberapa waktu sebelumnya.

Rabu, 09/08/2017 08:02 0

Arab Saudi

Kebakaran Landa Pemondokan Haji, 391 Jemaaah India Dievakuasi

Juru bicara Direktorat Jenderal Pertahanan Sipil Mekkah, Nayif Al-Syarif, mengungkapkan bahwa pada pukul 7.31 (waktu Mekkah) pihaknya menerima laporan terjadi kebakaran di Ammarah, distrik Al-Azizah.

Rabu, 09/08/2017 07:03 0