... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Sikap Amanah Orang Ini Patut Diteladani

Foto: Ilustrasi

KIBLAT.NET – Pada tahun 651 H, ada seorang laki-laki yang melepas pakaiannya di kota Mekah karena ingin mandi dengan air zam-zam. Dia melepas gelang emas yang melingkar di lengannya seberat 212 gram. Usai mandi, ia mengenakan kembali pakaiannya dan berlalu begitu saja tanpa gelang.

Setelah itu ia pergi ke Baghdad dan menetap di sana selama dua tahun. Selama itu ia sudah tak memikirkan lagi gelangnya.

Dengan sedikit harta yang tersisa, ia membeli kaca dan cermin untuk dijual kembali. Suatu hari, ketika sedang berkeliling menawarkan dagangannya, tiba-tiba ia terpeleset hingga kaca dan cerminnya jatuh dan pecah berkepingkeping. Lelaki itu pun berhenti dan menangis.

Orang-orang berkumpul di sekelilingnya karena iba.

“Demi Allah, dua tahun yang lalu aku pernah kehilangan gelang emas yang nilainya 50 dinar, namun aku tidak lebih sedih dari kesedihanku karena hancurnya kaca-kaca ini. Ini semua adalah sisa harta bendaku yang terakhir,” keluh pria itu.

Tiba-tiba seorang yang hadir berteriak, “Demi Allah, saya telah menemukan gelang itu.” Kemudian ia melepas gelang itu dari tangannya.

Redaktur : Dhani El_Ashim

Diambil dari  Ajaib wa Tharaif Ibrat-Tarikh karya Hasan Ramadhan

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Artikel

Istiqomah di Jalan Hijrah

Maka bisa dikatakan, berhijrah dari jalan maksiat ke jalan taat adalah berat, namun yang lebih berat dari itu adalah istiqomah saat berjalan di atasnya.

Kamis, 10/08/2017 16:32 0

Wilayah Lain

Korea Utara Berencana Tembakkan Nuklir ke Pangkalan Militer AS

Korea Utara mengatakan akan siap untuk menembakkan empat rudal ke dekat wilayah Guam AS, pada pertengahan Agustus mendatang.

Kamis, 10/08/2017 16:17 0

Amerika

Sebut Pemboman Masjid Minnesota Hoax, Gedung Putih Tuai Kecaman

Sebastian Gorka, penasihat senior Presiden AS Donald Trump, mengatakan kepada MSNBC bahwa sejumlah kejahatan pembunuhan yang baru-baru ini terjadi adalah palsu aliaas hoax. Namun, ia tidak sanggup memberikan contoh terkait tuduhan tersebut.

Kamis, 10/08/2017 16:16 0

Afghanistan

Taliban Bebaskan 235 Warga Mirza Awlang

Pejabat Afghanistan mengatakan bahwa mereka berniat melakukan serangan balasan untuk mencoba merebut kembali desa tersebut, begitu bala bantuan militer datang. Ini membuat keselamatan para sandera menjadi prioritas utama, karena setelah pertempuran pecah mereka akan berada dalam bahaya yang jauh lebih besar.

Kamis, 10/08/2017 15:17 0

Indonesia

Kasus Penistaan Agama Ade Armando Dihentikan, LBH Street Lawyer Ajukan Gugatan

Menurutnya, SP3 yang dikeluarkan oleh Ditrskrimsus tidak masuk akal. Terlebih, ia menilai bahwa tindakan tersebut tidak didasari dengan hukum yang berlaku di Indonesia.

Kamis, 10/08/2017 14:08 0

Indonesia

ICMI: Jangan Sampai Mantan Anggota HTI Diperlakukan Seperti PKI

Ia meminta kepada pihak berwenang atau pemerintah untuk tidak berlebihan dan sewenang-wenang dalam menangani para mantan anggota HTI.

Kamis, 10/08/2017 13:23 1

Indonesia

Hastag #AyoTangkapViktor Duduki Trending Topic di Twitter

Warganet ramai-ramai keluarkan hastag #AyoTangkapViktor di Twitter, dan berhasil menduduki trending topik urutan pertama. Para netizen meminta agar pemerintah memproses hukum atas pernyataan Viktor tersebut.

Kamis, 10/08/2017 12:57 0

Opini

Mahasiswi Dilarang Bercadar, Unpam Langgar HAM?

Peraturan baru Universitas Pamulang (Unpam) yang melarang mahasiswi bercadar mendapat reaksi dari berbagai kalangan. Tidak sedikit mahasiswi menyuarakan penolakannya di forum-forum diskusi.

Kamis, 10/08/2017 12:40 0

Wilayah Lain

Apakah Kali Ini Korea Utara Serius dengan Ancaman Nuklirnya?

Semenanjung Korea terbelah setelah Perang Dunia Kedua dan negara komunis Korea Utara berkembang menjadi sebuah kediktatoran ala Stalin.

Kamis, 10/08/2017 12:00 0

Arab Saudi

Pasukan Khusus Saudi Rebut Kendali Kota Syiah di Provinsi Qatif

Pasukan khusus Saudi, Rabu (09/08), mengambil alih kendali kampung Al-Miswarah di kota Awwamiya, Saudi Timur, sekitar lima bulan setelah pecahnya konfrontasi bersenjata.

Kamis, 10/08/2017 11:29 0