... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kuasai Shobwah, UEA Incar Ladang Minyak Terbesar Yaman

Foto: Ladang minyak Yaman terbakar akibat pertempuran [Ilustrasi]

KIBLAT.NET, Shobwah – Sumber keamanan Yaman mengatakan bahwa Uni Emirat Arab (UEA) menyusun strategi mengambil alih pengelolaan seluruh sumber minyak dan gas di Yaman selatan setelah berhasil menduduki provinsi Shobwah. Langkah itu diduga untuk menggantikan pasokan gas dari Qatar, yang saat ini terhenti seiring blokade terhadap negara tersebut.

“UEA berencana mengambil alih stasiun gas Balhaf di provinsi Shobwa, Yaman selatan,” kata sumber yang bekerja di Keamanan Nasional Yaman kepada Al-Quds Al-Araby, Selasa (08/08). Stasiun gas Balhaf merupakan salah satu pengelolaan gas terbesar di Yaman.

“UEA berencana menggantikan gas asal Qatar dengan sumber gas dari stasiun Balhaf,” imbuhnya.

UEA merebut kendali Shobwah pekan ini setelah mengerahkan pasukan elit Yaman yang dilatihnya di Al-Mukalla. Operasi penyerangan yang didukung militer AS sukses tanpa pertempuran besar. Pasalnya, organisasi Al-Qaidah yang menduduki wilayah tersebut menarik diri sebelum militer di bawah komando UEA masuk.

Al-Qaidah menarik diri untuk menghindari pertempuran besar dengan militer, yang mayoritas warga UEA. Mereka tidak ingin pertempuran tersebut menimbulkan kerugian lebih besar. Terlebih, strategi Al-Qaidah bukan fokus mengelola wilayah karena hal itu akan memudahkan internasional menghabisinya.

Sumber yang meminta tidak disebutkan namanya itu menyebutkan bahwa intelijen UEA beroperasi di Yaman berkedok misi kemanusiaan. Oleh karenanya, lanjutnya, seluruh organisasi kemanusiaan UEA yang bekerja di Yaman dikelola oleh para perwira intelijen.

Intelijen UEA menjalan operasi intelijen di bawah nama organisasi kemanusiaan. Mereka juga bekerja sama dengan AS dalam hal ini. Operasi ini langsung di bawah bimbingan Raja UEA.

Misi UEA di Yaman

Sumber tersebut menambahkan, Abu Dhabi juga membangun banyak pangkalan militer di Aden dan Hadramaut. Pangkalan terbesar berada di Miyun, yang saat ini dalam proses penyelesaian.

Menurut sumber tersebut, misi UEA bukan untuk menjaga kesatuan Yaman atau mendukung kemerdekaan wilayah selatan. Akan tetapi, misi negara itu mengambil alih sumber minyak dan gas.

“Saat ini,ada rencana UEA akan membangun pelabuhan internasional di Pulau Sauktry, Yaman, untuk menghubungkan Asia dan Afrika. Pelabuhan ini akan menjadi bagian perusahaan pelabuhan nasional UEA, bersama dengan pelabuhan Aden yang sudah lama dikelola UEA,” ujar sumber tersebut.

UEA telah meminta Presiden Yaman Abduh Rabbah Manshur Hadi menandatangani kontrak sewa Pulau Sauktry selama 99 tahun. Permintaan itu disampaikan dalam pertemuan di Abu Dhabi beberapa bulan lalu.

Sumber: Al-Quds Al-Araby
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Dahnil: Pernyataan Laiskodat Radikalis Pancasila, dan Itu Berbahaya

Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak mengungkapkan, perilaku atau pernyataan yang disampaikan oleh Ketua DPP dan Ketua Fraksi Partai Nasdem DPR RI, Victor Laiskodat, di Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan perilaku seorang radikalis sejati

Rabu, 09/08/2017 06:27 0

Indonesia

Pemuda Muhammadiyah Tantang Nasdem Buktikan Jika Video Viktor Editan

Ketua PP Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak menantang Nasdem untuk membuktikan peryataan bahwa video pidato Viktor Laiskodat di hadapan publik.

Selasa, 08/08/2017 22:18 0

Indonesia

Cadar Dilarang, Pemuda Muhammadiyah Sayangkan Sikap Rektor Unpam

Ketua Umum PP Pemuda,Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak menyayangkan sikap Rektorat Unpam yang mempermasalahkan penggunaan cadar di kampus.

Selasa, 08/08/2017 21:45 0

Indonesia

Pemuda Muhammadiyah: Larangan Cadar di Unpam Melanggar UUD dan Pancasila

Menurutnya, pelarangan bercadar yang terjadi di Unpam disebabkan karena para akademisi tidak memahami makna kebebasan beragama dan mengekspresikan agama.

Selasa, 08/08/2017 21:05 0

Indonesia

Tidak Hanya Unpam, Inilah Kampus-kampus yang Melarang Mahasiswi Bercadar

Polemik pelarangan cadar ternyata banyak terjadi di kampus Indonesia. Padahal Indonesia sendiri terbilang mayoritas Islam,

Selasa, 08/08/2017 18:42 0

Indonesia

Benarkah Hak Imunitas Bisa Lindungi Victor Laiskodat dari Jerat Hukum?

Hak imunitas berlaku jika pelaku melaksanakan yang berkaitan dengan fungsi serta wewenang dan tugas DPR. Sedangkan tidak pelanggaran hukum semua orang dipandang sama.

Selasa, 08/08/2017 17:45 0

Indonesia

Yusril Merasa Ada Keanehan dalam Pembubaran HTI

Kuasa Hukum HTI, Yusril Ihza Mahendra merasa ada keanehan dalam pembubaran Hizbut Tahrir Indonesia.

Selasa, 08/08/2017 16:25 1

Indonesia

Polisi Didesak Proses Hukum Kasus Pidato Viktor

Ketua Komunitas Sarjana Hukum Muslim (KSHUMI), Chandra Purna Irawan menegaskan bahwa penegak hukum harus memproses kasus pidato kontroversial politikus Partai Nasdem, Viktor Laiskodat. Ia menekankan bahwa polisi tidak boleh tebang pilih.

Selasa, 08/08/2017 15:50 0

Indonesia

KSHUMI: Viktor Lakukan Penghasutan dan Penistaan Agama

Viktor telah melakukan penistaan agama. Sebab, dalam video tersebut, Viktor telah menuding bahwa dalam gerakan khilafah semua wajib shalat dan tak ada perbedaan.

Selasa, 08/08/2017 14:03 0

Indonesia

Soal Pidato Viktor, Nasdem Ogah Minta Maaf

Zulfan juga mengklaim bahwa Nasdem merasa menjadi korban. Sebab, video tersebut telah berkembang luas di masyarakat.

Selasa, 08/08/2017 11:00 1

Close