... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Gempa Guncang Daratan Cina

Foto: Bangunan roboh akibat gempa di Cina.

KIBLAT.NET, Beijing – Gempa berkekuatan 6,5 skala richter mengguncang barat daya Cina pada Selasa (08/08) malam. Surat kabar People’s Daily menunjukkan sembilan orang tewas, termasuk enam turis, dengan lebih dari 130 orang terluka.

Namun Komisi Nasional Penanggulangan Bencana Cina memperkirakan sedikitnya 100 orang tewas berdasarkan data sensus tahun 2010 di wilayah pegunungan yang jarang penduduknya di provinsi Sichuan. “Lebih dari 130.000 rumah rusak,” imbuh lembaga itu.

Presiden Xi Jinping menyerukan upaya total untuk segera mengatur penyaluran bantuan dan menyelamatkan orang-orang yang terluka.

Seorang pemilik restoran di kota Jiuzhaigou, Tang Sesheng yang menyaksikan gempa langsung melarikan diri setelah merasakan bumi bergerak di bawahnya.

“Saya juga berada di Jiuzhaigou pada tahun 2008 selama gempa besar yang terakhir, jadi saya tahu apa itu. Ini terasa lebih kuat lagi,” katanya kepada AFP melalui sambungan telepon.

Dia mengatakan orang-orang keluar dari rumah mereka untuk duduk-duduk di lapangan umum kota yang luas dan jauh dari bangunan tinggi. Mereka takut masuk ke dalam bangunan yang bisa roboh seaktu-waktu.

Banyak juga dari mereka yang duduk di mobil, berpikir lebih aman. “Orang tidak berani mengambil sesuatu seperti uang atau pakaian – kita semua langsung berlari keluar,” tambahnya.

Gempa terjadi sekitar pukul 09.20 (1320 GMT), tidak jauh dari lokasi gempa berkekuatan 8.0 skala richter pada tahun 2008 yang mengakibatkan 87.000 orang tewas atau hilang.

BACA JUGA  Terus Melonjak, Jumlah Infeksi Corona di Seluruh Dunia Lampaui Angka 700.000

“Pusatnya berada 284 kilometer utara ibukota provinsi Chengdu dan mencapai kedalaman 10 kilometer,” kata Survei Geologi AS.

Daerah yang terkena dampak adalah daerah Jiuzhaigou, salah satu taman nasional paling terkenal di Cina. Daerah ini menjadi situs Warisan Dunia UNESCO yang terkenal dengan formasi dan danau karst.

Palang Merah Cina mengatakan bahwa pihaknya telah mengerahkan tenaga spesialis darurat dan sukarelawan untuk membantu masyarakat yang terkena dampak.

“Gempa pada malam hari, jalur komunikasi dan listrik terganggu dan orang-orang tidak diragukan lagi terkejut dan takut,” kata Gwendolyn Pang, juru bicara Federasi Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional di Cina. “Perlu beberapa waktu untuk mengetahui tingkat kerusakan dan korban jiwa.”

Wilayah Cina kerap diguncang gempa bumi, terutama daerah pegunungan barat dan barat daya. Sebelum gempa kali ini, terjadi tanah longsor yang dipicu oleh hujan lebat. Setidaknya 24 orang di daerah pegunungan yang berbeda di Sichuan di selatan Chengdu tewas.

Sumber: World Bulletin
Redaktur: Ibas Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Soal Penunjukan Rektor oleh Presiden, Dahnil: Kampus Tidak Boleh Jadi Alat Kekuasaan

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) ā€ˇTjahjo Kumolo mengatakan, pemilihan Rektor Perguruan Tinggi akan dilakukan sendiri oleh presiden. Kebijakan itu diberlakukan dengan dalih untuk menangkal paham radikal masuk ke dunia pendidikan.

Rabu, 09/08/2017 10:17 1

Indonesia

Dahnil: Pernyataan Laiskodat Radikalis Pancasila, dan Itu Berbahaya

Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak mengungkapkan, perilaku atau pernyataan yang disampaikan oleh Ketua DPP dan Ketua Fraksi Partai Nasdem DPR RI, Victor Laiskodat, di Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan perilaku seorang radikalis sejati

Rabu, 09/08/2017 06:27 0

Indonesia

Pemuda Muhammadiyah Tantang Nasdem Buktikan Jika Video Viktor Editan

Ketua PP Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak menantang Nasdem untuk membuktikan peryataan bahwa video pidato Viktor Laiskodat di hadapan publik.

Selasa, 08/08/2017 22:18 0

Indonesia

Cadar Dilarang, Pemuda Muhammadiyah Sayangkan Sikap Rektor Unpam

Ketua Umum PP Pemuda,Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak menyayangkan sikap Rektorat Unpam yang mempermasalahkan penggunaan cadar di kampus.

Selasa, 08/08/2017 21:45 0

Indonesia

Pemuda Muhammadiyah: Larangan Cadar di Unpam Melanggar UUD dan Pancasila

Menurutnya, pelarangan bercadar yang terjadi di Unpam disebabkan karena para akademisi tidak memahami makna kebebasan beragama dan mengekspresikan agama.

Selasa, 08/08/2017 21:05 0

Indonesia

Tidak Hanya Unpam, Inilah Kampus-kampus yang Melarang Mahasiswi Bercadar

Polemik pelarangan cadar ternyata banyak terjadi di kampus Indonesia. Padahal Indonesia sendiri terbilang mayoritas Islam,

Selasa, 08/08/2017 18:42 0

Indonesia

Benarkah Hak Imunitas Bisa Lindungi Victor Laiskodat dari Jerat Hukum?

Hak imunitas berlaku jika pelaku melaksanakan yang berkaitan dengan fungsi serta wewenang dan tugas DPR. Sedangkan tidak pelanggaran hukum semua orang dipandang sama.

Selasa, 08/08/2017 17:45 0

Indonesia

Yusril Merasa Ada Keanehan dalam Pembubaran HTI

Kuasa Hukum HTI, Yusril Ihza Mahendra merasa ada keanehan dalam pembubaran Hizbut Tahrir Indonesia.

Selasa, 08/08/2017 16:25 1

Indonesia

Polisi Didesak Proses Hukum Kasus Pidato Viktor

Ketua Komunitas Sarjana Hukum Muslim (KSHUMI), Chandra Purna Irawan menegaskan bahwa penegak hukum harus memproses kasus pidato kontroversial politikus Partai Nasdem, Viktor Laiskodat. Ia menekankan bahwa polisi tidak boleh tebang pilih.

Selasa, 08/08/2017 15:50 0

Indonesia

KSHUMI: Viktor Lakukan Penghasutan dan Penistaan Agama

Viktor telah melakukan penistaan agama. Sebab, dalam video tersebut, Viktor telah menuding bahwa dalam gerakan khilafah semua wajib shalat dan tak ada perbedaan.

Selasa, 08/08/2017 14:03 0

Close