Terjun ke Politik, Jamaat-ud-Dawa Luncurkan Partai Baru di Pakistan

KIBLAT.NET, Lahore – Lembaga amal Jamaat-ud-Dawa (JuD) berusaha memasuki ranah politik dengan meluncurkan sebuah partai baru. Demikian dilaporkan Associated Press, Senin (07/08).

Partai Liga Milli Muslim dibentuk dengan mengangkat Saifullah Khalid sebagai presiden partai. Khalid adalah seorang sarjana agama dan petinggi kelompok Jamaat-ud-Dawa.

Kepada wartawan di Islamabad, Khalid menuturkan bahwa partainya akan berupaya menjadikan Pakistan sebagai “negara Islam dan sejahtera”. Ia juga mengaku siap untuk bekerja sama dengan pihak-pihak yang memiliki pandangan serupa.

AS telah menawarkan hadiah sebesar $ 10 juta untuk informasi yang mengarah pada penangkapan dan keyakinan pendiri Jamaat-ud-Dawa, Hafiz Muhammad Saeed.

PBB dan AS menuding Jamaat-ud-Dawa hanya digunakan sebagai kedok Lashkar e-Taiba (LeT). Kedua organisasi itu -selain Saeed sendiri- tetap dimasukkan di bawah sanksi internasional.

LeT telah dimasukkan ke dalam organisasi teroris oleh Pakistan di bawah sanksi PBB sejak tahun 2002, sedangkan Jud menyusul pada tahun 2008. Sanksi memungkinkan pembekuan aset organisasi, embargo senjata, dan larangan perjalanan internasional.

Meski demikian, Jud terus bekerja secara terbuka di seluruh Pakistan. Lembaga ini juga mengeluarkan publikasi dan melakukan aktivitas kemanusiaan secara luas.

Sumber: Associated Press
Redaktur: Ibas Fuadi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat