... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

KSHUMI: Viktor Lakukan Penghasutan dan Penistaan Agama

Foto: Ketua KSHUMI, Chandra Purna Irawan.

KIBLAT.NET, Jakarta – Komunitas Sarjana Hukum Muslim Indonesia (KSHUMI) memberikan komentar terkait pidato politikus Partai Nasdem, Viktor Bungtilu Laiskodat. Ketua KSHUMI, Chandra Purna Irawan menegaskan bahwa Viktor telah melakukan tindak pidana penghasutan.

“Berita sejumlah media online, yang diduga Viktor Bungtilu Laiskodat diduga menghasut atau memprovokasi rakyat untuk melakukan kejahatan yaitu ‘membunuh’,” kata Chandra kepada Kiblat.net melalui rilisnya pada Selasa (08/08).

“Berdasarkan hal ini, maka Viktor Bungtilu Laiskodat terancam pidana penjara enam tahun berdasarkan Pasal 160 KUHP tentang ‘penghasutan dengan lisan’,” sambungnya.

Selain itu, ia juga menilai bahwa Viktor telah melakukan penistaan agama. Sebab, dalam video tersebut, Viktor telah menuding bahwa dalam gerakan khilafah semua wajib shalat dan tak ada perbedaan.

“Berdasarkan hal ini Viktor Bungtilu Laiskodat telah melakukan penistaan agama,” ujarnya.

Ia juga menegaskan bahwa Viktor Bungtilu Laiskodat tidak memiliki kewenangan sedikitpun untuk menafsirkan agama yang di luar agama yang diyakininya. “Dalam hal ini Islam,” tegasnya.

Terakhir, Chandra mengatakan bahwa Viktor telah melakukan upaya kriminalisasi terhadap ajaran Islam, yaitu khilafah. Khilafah, lanjutnya, adalah ajaran Islam yang telah dicontohkan oleh para sahabat Rasulullah SAW yang dikenal dengan nama Khulafatur Rasyidin dan generasi setelahnya.

“Maka diduga Viktor lakukan penodaan agama dan pidana penghasutan,” tukasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Amerika

AS Kirim Dua Utusan Khusus untuk Akhiri Krisis Teluk

Amerika Serikat mengumumkan mengirim dua utusan khusus ke Teluk untuk membantu menyelesaikan ketegangan diplomatik antara Qatar dan empat negara yang memblokadenya. Utusan ini dijadwalkan bertolak pekan ini, sebagaimana dilaporkan Reuters Arabic pada Senin (07/08).

Selasa, 08/08/2017 12:51 0

News

Muslim di Afrika Tengah Terancam Dimusnahkan

Bentrokan baru-baru ini di Republik Afrika Tengah menjadi tanda peringatan awal akan terjadinya genosida. Untuk itu, PBB meminta agar pasukan penjaga perdamaian dapat meningkatkan kehadiran di negara tersebut.

Selasa, 08/08/2017 12:00 0

Turki

Erdogan: Jerman Bersekongkol dengan Teroris

Hubungan Turki dan Jerman semakin memburuk mulai bulan lalu setelah Ankara menangkap 10 aktivis hak asasi manusia, termasuk seorang warga negara Jerman, sebagai bagian dari tindakan keras keamanan yang lebih luas.

Selasa, 08/08/2017 11:24 0

Palestina

Meski Ditutup Israel, Al Jazeera Konsisten Tetap Liputan di Palestina

Al Jazeera menegaskan bahwa akan terus meliput berita dan peristiwa di wilayah Palestina yang diduduki secara profesional dan obyektif.

Senin, 07/08/2017 19:11 0

Arab Saudi

Buat Jamaah Haji Jangan Khawatir Kepanasan, Kini Ada Payung Ber-AC

Seorang insinyur Saudi membuat penemuan yang dinamai "Payung Makkah". Payung ini diklaim menghindarkan jamaah haji dari ancaman dehidrasi dan kelelahan karena panas ketika berjalan di tengah terik matahari yang bisa mencapai 40°C.

Senin, 07/08/2017 16:16 0

Myanmar

Myanmar Tak Akui Pelanggaran HAM terhadap Rohingya

Laporan PBB bulan Februari menunjukkan bahwa pasukan keamanan Myanmar telah membuat sebuah kampanye pembersihan etnis Muslim Rohingya. Namun, laporan ini ditolak oleh otoritas Myanmar pada Ahad (06/08), yang menyebut bahwa hal itu sebuah tuduhan yang berlebihan.

Senin, 07/08/2017 14:20 0

Tazkiyah

Beruntung Karena Harta yang Berkah

Lelaki itu tetap menolak, “Aku tidak akan mengambil sesuatu yang tidak ada berkah di dalamnya.”

Senin, 07/08/2017 13:40 0

Iran

Seorang Tentara Iran Tembaki Temannya Sendiri, 4 Tewas

Penembakan terjadi di pangkalan udara militer di Kahrizak, selatan Teheran

Senin, 07/08/2017 13:40 0

Arab Saudi

Arab Saudi Tetapkan Hukuman Mati terhadap 14 Aktivis Syiah

Empat belas aktivis Syiah saat ini sedang menunggu hukuman eksekusi. Mereka ditangkap karena diduga terlibat aksi demonstrasi anarkhis dan tindak kekerasan terhadap aparat keamanan.

Senin, 07/08/2017 13:13 0

Mesir

Mufti Mesir Perbolehkan Zakat Disalurkan untuk Pasukan Anti-Teror

Fatwa kontroversial ini langsung memicu kecaman di media sosial. Sejumlah aktivis di Twitter, menganggap hal ini sebagai lisensi bagi tentara dan polisi untuk merebut dana zakat di Mesir dengan dalih memerangi terorisme.

Senin, 07/08/2017 12:25 0

Close