... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Menteri Agama: Seluruh Dana Haji akan Diserahkan Ke BPKH

Foto: Dana Haji (Ilustrasi)

KIBLAT.NET, Jakarta – Setelah pengurusnya dilantik Presiden Joko Widodo, seluruh dana haji akan diserahkan ke Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) pada setelah musim haji tahun ini.

“Seluruh dana haji akan diserahkan ke BPKH, diserahkan pada akhir Agustus ini yang sifatnya umum, dan kedua lebih detil menunggu proses penyelenggaraan haji tahun ini selesai,” kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin setelah acara diskusi Forum Merdeka Barat 8, Sabtu (05/08).

Seluruh dana haji tersebut mencakup komponen-komponen setoran awal dan nilai manfaat atau optimalisasi. Termasuk juga Dana Abadi Umat (DAU) seluruhnya akan diserahkan ke Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

Soal potensi penyalahgunaan, Lukman mengatakan berdasarkan UU No. 34 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Haji, BPKH  tidak bisa begitu saja mengivestasikan dana haji. Lembaga itu harus membuat renstra, lalu dibreakdown, kemudian dikonsultasikan ke DPR.

“Mekanisme kontrol yang diatur UU begitu ketat, mereka harus membuat renstra, lalu kemudan renstra itu harus mendapat persetujuan dari DPR. Setiap 6 bulan juga harus menyampaikan laporannya tidak hanya ke Presiden, tetapi juga ke DPR RI,” ujarnya seperti dilansir situs resmi Kemenag.

Dia pun menegaskan apapun bentuk investasi yang akan dilakukan terhadap dana haji, itu harus mengikuti prinsip-prinsip dasar yang diatur UU seperti. Selain prinsip syariah, harus juga mengikuti prinsip penuh kehati-hatian, aman, dan likuiditas yang baik.

BACA JUGA  Jumlah WNI yang Wafat Saat Haji Bertambah

“Dan yang tidak kalah pentingya adalah nilai manfaat itu harus kembali ke jamaah haji itu sendiri atau untuk kemaslahatan umat yang lebih luas,” imbuhnya.

Sumber: Kemenag.go.id
Redaktur: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Amerika

AS Terapkan Standar Ganda dalam Teror Bom di Masjid Minnesota, Publik Mengecam

Kecaman terus bermunculan ketika pemerintah dan media AS bersikap pasif merespon teror bom di Islamic Center Dar Al Farooq, Minnesota.

Senin, 07/08/2017 11:40 1

Amerika

Pasca Teror Bom di Masjid Minnesota, CAIR Imbau Seluruh Masjid Tingkatkan Keamanan

Dewan Hubungan Amerika-Islam (CAIR) mendesak pusat-pusat Islam dan masjid-masjid di seluruh AS untuk meningkatkan keamanan pasca masjid di Minnesota mendapat serangan teror bom.

Senin, 07/08/2017 10:52 0

Yaman

Perangi Al-Qaidah, Pasukan Darat AS Sudah Berada di Yaman

Pada hari Kamis (03/07) ada laporan bahwa AS ikut ambil bagian dalam operasi militer melawan al-Qaidah di bagian selatan propinsi Shabwah, Yaman. Sehari setelah itu, Pentagon mengkonfirmasi “sejumlah kecil” pasukan darat AS telah dikerahkan ke Yaman dalam sebuah operasi kontra al-Qaidah di Semenanjung Arabia (AQAP) yang saat ini tengah berlangsung.

Senin, 07/08/2017 10:20 0

Arab Saudi

Jelang Negosiasi Lanjutan Krisis Suriah, Saudi Keukeuh Tolak Assad

Pemerintah Arab Saudi, salah satu pendukung utama oposisi Suriah, kembali mengatakan bahwa pihaknya masih mendukung kesepakatan internasional soal masa depan Suriah. Akan tetapi, Riyadh menegaskan menolak peran Bashar Assad dalam setiap proses transisi politik untuk mengakhiri konflik di negara tersebut.

Senin, 07/08/2017 09:52 0

Wilayah Lain

Israel Tutup Kantor Al-Jazeera

“(Penutupan ini –red) didasarkan pada penutupan dan pelarangan yang dilakukan negara-negara Arab terhadap Al-Jazeera. Mereka adalah negara-negara sunni moderat yang Israel ingin menjalin aliansi dan mencapai kemitraan ekonomi serta perdamaian dengan mereka,” kata Kara seperti dilansir Al-Jazeera.

Senin, 07/08/2017 09:11 0

Suriah

PBB Dikabarkan Hentikan Bantuan ke Idlib

Bantuan kemanusiaan dan medis yang diluncurkan PBB melalui puluhan cabang organisasinya di Idlib, Ahad (06/08), dikabarkan dihentikan. Hal itu menyusul jatuhnya mayoritas pengelolaan wilayah di Idlib ke tangan Ha’iah Tahrir Al-Syam (HTS). Seperti diketahui, AS menganggap kelompok tersebut “teroris” karena dituding dikendalikan orang-orang Al-Qaidah.

Senin, 07/08/2017 08:41 0

Suriah

Operasi Koalisi AS di Raqqah Kembali Sebabkan Puluhan Korban Sipil

Laporan terbaru dari ibukota ISIS di Raqqah menyebutkan serangan udara AS pada hari Sabtu (05/08) pekan lalu kembali memakan korban penduduk setempat. Sedikitnya 43 warga sipil dinyatakan tewas, sementara lainnya mengalami luka-luka dengan jumlah yang tidak kalah banyak.

Senin, 07/08/2017 08:07 0

Amerika

Masjid di AS Diserang Bom ketika Jamaah Shalat Shubuh

Sebuah masjid di negara bagian Minnesota, Amerika Serikat mendapat serangan bom pada Sabtu (05/08) pagi. Insiden terjadi ketika jamaah berkumpul untuk melaksanakan shalat Shubuh.

Ahad, 06/08/2017 15:00 0

Suriah

ISIS Dilaporkan Kehilangan Wilayah Terakhir di Homs

Wilayah Al-Sukhna, sekitar 70 kilometer timur laut kota kuno Palmyra yang terkenal, adalah kota terakhir yang menuju kota timur Deir Zour. Kota tersebut telah dikepung rezim Suriah sejak awal 2015.

Ahad, 06/08/2017 12:22 0

Palestina

Shalat Jum’at di Al-Aqsa, 5 Warga Palestina Ditangkap Pasukan Israel

Penangkapan sewenang-wenang kembali dilakukan oleh pasukan penjajah Israel. Kali ini, seperti dikutip dari Middle East Monitor pada Sabtu (05/08), pasukan Israel kembali menahan 5 warga Palestina setelah melakukan Shalat Jum'at di Masjid Al-Aqsa.

Ahad, 06/08/2017 11:30 0

Close