... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Jelang Negosiasi Lanjutan Krisis Suriah, Saudi Keukeuh Tolak Assad

Foto: Meja perundingan antara oposisi dan rezim Suriah

KIBLAT.NET, Riyadh – Pemerintah Arab Saudi, salah satu pendukung utama oposisi Suriah, kembali mengatakan bahwa pihaknya masih mendukung kesepakatan internasional soal masa depan Suriah. Akan tetapi, Riyadh menegaskan menolak peran Bashar Assad dalam setiap proses transisi politik untuk mengakhiri konflik di negara tersebut.

Hal ini kembali ditegaskan menyusul kabar yang menyebutkan Menlu Saudi Adel al-Jubair menyampaikan kepada Badan Tinggi Negosiasi Oposisi Suriah bahwa Saudi menerima keterlibatan Bashar Assad dalam solusi politik Suriah. Berita tersebut diangkat media Rusia.

“Sikap Kerajaan masih sama soal krisis Suriah (bersandarkan) pada solusi yang diputuskan pada prinsip-prinsip (konferensi Jenewa 1) dan Resolusi Dewan Keamanan Internasional nomor 2254 yang menyebutkan membentuk dewan transisi yang berhak mengelola Suriah,” kata pernyataan pemerintah Saudi seperti dirilis kantor berita resmi, Saudi Press Agency (SPA).

Pernyataan itu melanjutkan, Resolusi Dewan Keamanan juga menyebutkan membentuk konstitusi baru dan menggelar pemilihan tanpa melibatkan Bashar Assad di masa transisi.

Saudi juga menegaskan bahwa pihaknya mendukung Dewan Tinggi Negosiasi dan langkah-langkah untuk memperluas jaringan oposisi.

Perlu diketahui, putaran lanjutan negosiasi Suriah di bawah PBB akan kembali digelar pada September mendatang. Delegasi rezim dan oposisi dikabarkan tidak bertemu langsung.

Negosiasi antara rezim dan oposisi Suriah yang di bawahi PBB atau pihak lain selalu buntu. Hal itu karena tidak selarasnya antara oposisi yang duduk di meja perundingan dan di lapangan. Lebih dari itu, oposisi yang berunding terpecah dan masing-masing mengakui sebagai perwakilan oposisi. Mereka terdiri dari dua kubu; oposisi hasil konferensi di Mesir dan oposisi hasil konferensi di Saudi.

BACA JUGA  Pria Serang Pentas Teater di Riyadh, Tiga Pemain Terluka

Sumber: Reuters Arabid
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Komnas HAM: Ketika Islam Jadi Minoritas, Sulit Mendirikan Rumah Ibadah

Oleh sebab itu, Imdadun menegaskan bahwa toleransi antar umat beragama di Indonesia sulit ketika Islam menjadi minoritas.

Ahad, 06/08/2017 13:15 0

Rilis Syamina

Laporan Syamina: Akhir Negara Bangsa?

Negara bangsa adalah ide imajiner yang sebagian besar manusia di dunia sepakat atasnya. Fakta bahwa garis imajiner yang dibentuk beberapa ratus tahun yang lalu mendefinisikan identitas manusia hari ini dan membedakannya dengan manusia lain yang tinggal di wilayah lain di luar garis imajiner tersebut merupakan hal yang bisa dianggap aneh.

Ahad, 06/08/2017 10:59 0

Indonesia

Pasca HTI Dilarang, Mendikbud Minta Organisasi Islam Bantu Pembinaan di Sekolah

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy mengharapkan organisasi kepemudaan seperti Persatuan Islam Indonesia (PII) melakukan pembinaan di sekolah lagi. Organisasi tersebut diharapkan dapat mengisi hari libur ketika sekolah lima hari diterapkan.

Ahad, 06/08/2017 09:20 0

Video Kajian

Ust. Muhajirin Ibrahim: Allah Lebih Tahu yang Terbaik Untukmu

KIBLAT.NET – Ust. Muhajirin Ibrahim: Allah Lebih Tahu yang Terbaik Untukmu. Sering kali kita berprasangka...

Ahad, 06/08/2017 09:13 0

Indonesia

Mendikbud Apresiasi Pelantikan Ketum PB PII

KIBLAT.NET, Jakarta – Menteri Pendidikan dan Budaya, Muhadjir Effendy mengapresiasi pelantikan Ketua Umum Pengurus Besar...

Ahad, 06/08/2017 06:40 0

Indonesia

Ketua Umum PB PII Dilantik, Ini Saran PII Untuk Pemerintah 

KIBLAT.NET, Jakarta – Pengurus Besar Pelajar Islam Indonesia (PII), baru saja melantik ketua umumnya yang...

Ahad, 06/08/2017 06:16 0

Indonesia

Polisi Israel Tetapkan Benjamin Netanyahu Tersangka Kasus Suap dan Penipuan

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu ditetapkan sebagai tersangka dalam dua kasus yang disematkan kepada dirinnya.

Sabtu, 05/08/2017 18:44 0

Editorial

Demi Dana Haji, Kemabruran Jangan Dinodai

Disamping polemik izin jamaah dalam pemanfaatan dana haji, pemerintah juga harus memberikan garansi bahwa investasi yang dilakukan harus bebas dari unsur-unsur yang haram

Sabtu, 05/08/2017 18:08 0

Info Event

Suami Lumpuh, Istri dan Dua Anak Penghafal Al-Qur’an Patah akibat Kecelakaan, Ayo Bantu!

Dua anak Budi merupakan siswa TK di sekolah Rumpun Muslim Jatisrono, Wonogiri. Shonum dan Oca dikenal sebagai siswa yang gemar menghafal Al-Qur’an serta membantu orangtua berjualan.

Sabtu, 05/08/2017 17:00 0

Indonesia

Jokowi Beri Perhatian Khusus pada Pelajar Islam, Kata Mendikbud

"Perkembangan pelajar Islam sudah bagus, dan sekarang memiliki gairah baru"

Sabtu, 05/08/2017 16:44 0

Close