... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Duh… Kampus Unpam Larang Mahasiswinya Bercadar

Foto: Banner peraturan baru di gerbang Kampus Unpam.

KIBLAT.NET, Jakarta – Kampus Universitas Pamulang (Unpam), Kota Tangerang Selatan membuat peraturan baru yang kontroversial. Peraturan yang diberlakukan adalah larangan bercadar bagi mahasiswi dan berambut gondrong bagi mahasiswa. Bagi yang melanggar, dilarang untuk mengikuti kegiatan akademik di kampus.

 

Peraturan baru tersebut menuai banyak penolakan dari para mahasiswa. Salah satu yang menolak adalah mantan ketua umum Badan Koordinasi (Badko) HMI Se- Jabotabeka dan Banten, Rudi Gani.

Rudi menyatakan, setiap kampus memang memiliki otoritas dalam membuat aturan dalam wilayah civitasnya, Hanya saja, aturan tersebut juga harus memenuhi unsur keadilan dan kepatutan. Menurutnya jika aturan memicu kontroversi, artinya aturan itu tidak memenuhi kedua unsur itu.

“Soal rambut dan cadar, ya selama orang tersebut tidak bermasalah dan menganggu aktivitas perkuliahannya, kenapa harus dilarang. Yang penting kan civitas perkuliahannya tidak terganggu. Nilainya tidak jeblok, di kampus sopan dan punya etika,” ujarnya seperti dikutip dari Beritatangsel.com, Senin (07/08).

Sementara, wakil rektor bidang kemahasiswaan Ir. Sewaka menilai bahwa cadar dapat mengurangi kelancaran proses belajar di perkuliahan.

“Unpam ini kan sekolah umum, tidak berlandaskan agama manapun, kita tidak ingin perkuliahan berjalan tidak lancar. Proses komunikasi juga harus lancar, contohlah saya dengan anda berkomunikasi dengan menutup muka (bercadar) buat apa?” ujarnya.

Terkait hal itu, Rudy mengakui pelarangan tersebut merupakan aturan untuk warga kampus. Namun, ia mengemukakan bahwa hak-hak manusia untuk dapat berekspresi seharusnya juga harus dihormati.

BACA JUGA  NGO Ini Tawarkan Ngopi Sepuasnya Di Muslim United

“Karena negara melindungi hak-hak setiap individu, dan aturan kampus harus tunduk pada konsensus bernegara kita,” imbuhnya.

Reporter: Furqon Amrullah
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

One comment on “Duh… Kampus Unpam Larang Mahasiswinya Bercadar”

  1. Johan

    Wajah adalah wakil existensi, kenapa harus ditutupi?….menurut sebagian besar ulama fikih wajah dan kedua telapak tangan bukan bagian dari aurat perempuan, dan sholat tetap sah walaupun tidak pakai cadar….

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Myanmar

Myanmar Tak Akui Pelanggaran HAM terhadap Rohingya

Laporan PBB bulan Februari menunjukkan bahwa pasukan keamanan Myanmar telah membuat sebuah kampanye pembersihan etnis Muslim Rohingya. Namun, laporan ini ditolak oleh otoritas Myanmar pada Ahad (06/08), yang menyebut bahwa hal itu sebuah tuduhan yang berlebihan.

Senin, 07/08/2017 14:20 0

Tazkiyah

Beruntung Karena Harta yang Berkah

Lelaki itu tetap menolak, “Aku tidak akan mengambil sesuatu yang tidak ada berkah di dalamnya.”

Senin, 07/08/2017 13:40 0

Iran

Seorang Tentara Iran Tembaki Temannya Sendiri, 4 Tewas

Penembakan terjadi di pangkalan udara militer di Kahrizak, selatan Teheran

Senin, 07/08/2017 13:40 0

Arab Saudi

Arab Saudi Tetapkan Hukuman Mati terhadap 14 Aktivis Syiah

Empat belas aktivis Syiah saat ini sedang menunggu hukuman eksekusi. Mereka ditangkap karena diduga terlibat aksi demonstrasi anarkhis dan tindak kekerasan terhadap aparat keamanan.

Senin, 07/08/2017 13:13 0

Mesir

Mufti Mesir Perbolehkan Zakat Disalurkan untuk Pasukan Anti-Teror

Fatwa kontroversial ini langsung memicu kecaman di media sosial. Sejumlah aktivis di Twitter, menganggap hal ini sebagai lisensi bagi tentara dan polisi untuk merebut dana zakat di Mesir dengan dalih memerangi terorisme.

Senin, 07/08/2017 12:25 0

Amerika

AS Terapkan Standar Ganda dalam Teror Bom di Masjid Minnesota, Publik Mengecam

Kecaman terus bermunculan ketika pemerintah dan media AS bersikap pasif merespon teror bom di Islamic Center Dar Al Farooq, Minnesota.

Senin, 07/08/2017 11:40 1

Amerika

Pasca Teror Bom di Masjid Minnesota, CAIR Imbau Seluruh Masjid Tingkatkan Keamanan

Dewan Hubungan Amerika-Islam (CAIR) mendesak pusat-pusat Islam dan masjid-masjid di seluruh AS untuk meningkatkan keamanan pasca masjid di Minnesota mendapat serangan teror bom.

Senin, 07/08/2017 10:52 0

Yaman

Perangi Al-Qaidah, Pasukan Darat AS Sudah Berada di Yaman

Pada hari Kamis (03/07) ada laporan bahwa AS ikut ambil bagian dalam operasi militer melawan al-Qaidah di bagian selatan propinsi Shabwah, Yaman. Sehari setelah itu, Pentagon mengkonfirmasi “sejumlah kecil” pasukan darat AS telah dikerahkan ke Yaman dalam sebuah operasi kontra al-Qaidah di Semenanjung Arabia (AQAP) yang saat ini tengah berlangsung.

Senin, 07/08/2017 10:20 0

Arab Saudi

Jelang Negosiasi Lanjutan Krisis Suriah, Saudi Keukeuh Tolak Assad

Pemerintah Arab Saudi, salah satu pendukung utama oposisi Suriah, kembali mengatakan bahwa pihaknya masih mendukung kesepakatan internasional soal masa depan Suriah. Akan tetapi, Riyadh menegaskan menolak peran Bashar Assad dalam setiap proses transisi politik untuk mengakhiri konflik di negara tersebut.

Senin, 07/08/2017 09:52 0

Wilayah Lain

Israel Tutup Kantor Al-Jazeera

“(Penutupan ini –red) didasarkan pada penutupan dan pelarangan yang dilakukan negara-negara Arab terhadap Al-Jazeera. Mereka adalah negara-negara sunni moderat yang Israel ingin menjalin aliansi dan mencapai kemitraan ekonomi serta perdamaian dengan mereka,” kata Kara seperti dilansir Al-Jazeera.

Senin, 07/08/2017 09:11 0

Close