... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Beruntung Karena Harta yang Berkah

Foto: Ilustrasi

KIBLAT.NET – Pada tahun 106 H, ada seorang laki-laki dari Bani Israil yang memiliki empat orang anak. Suatu hari ia jatuh sakit. Berkatalah salah seorang anaknya kepada yang lain,

“Adakalanya kalian yang akan menyebabkan bapak kita meninggal sehingga kalian tidak mendapatkan sedikit pun dari harta warisan. Atau aku yang menyebabkannya meninggal sehingga aku tidak mendapatkan harta warisan?”

Kemudian anak tersebut menyebabkan bapaknya sakit sehingga meninggal dan ia menguburkannya. Dia tidak mendapatkan sedikit pun dari harta warisan, padahal ia adalah orang miskin yang memiliki banyak anak.

Pada suatu malam, ketika tidur ia bermimpi didatangi seseorang yang berkata kepadanya, “Datangilah tempat ini dan ini. Galilah tempat itu dan kamu akan mendapati uang seratus dinar. Ambillah uang itu!”

“Apakah uang itu berkah?” tanyanya.

Orang itu menjawab, “Tidak berkah.”

Pada keesokan harinya, ia menceritakan mimpi tersebut kepada istrinya. Sang istri berkata, “Pergi dan ambillah uang itu karena di antara berkahnya adalah kamu bisa membelikan pakaian untukku dan kita bisa hidup lebih layak.”

Lelaki itu tetap menolak, “Aku tidak akan mengambil sesuatu yang tidak ada berkah di dalamnya.”

Pada malam harinya, ia bermimpi yang sama. Tetapi ketika ditanya apakah uang itu berkah, ia menjawab, “Baiklah kalau begitu.”

Keesokan harinya ia pergi ke tempat yang ditunjukkan dalam mimpinya. Ia menemukan uang satu dinar di sana yang kemudian ia ambil. Ketika berjalan pulang, ia bertemu dengan seorang nelayan yang membawa dua ekor ikan.

BACA JUGA  Si Pembela Keislaman Fir'aun

“Berapa harga kedua ikanmu itu?” tanya pria ini.

Nelayan itu menjawab, “Satu dinar.”

Laki-laki itu pun membeli kedua ikan tersebut dengan harga satu dinar. Dibawanya ikan itu kepada istrinya. Ketika dibelah, ternyata di dalam ikan tersebut di temukan mutiara yang berkilauan.

Di belahan bumi yang lain, seorang raja menginginkan sebuah mutiara dengan jenis tertentu. Ia mengutus pengawal untuk mencarinya di manapun tempatnya. Ia bersedia membelinya dengan harga berapa pun bila menemukan.

Ternyata mutiara itu hanya dapat di temukan di tangan laki-laki yang telah mendapatkannya dari dalam perut ikan. Pengawal itu pun melaporkan apa yang dilihat.

“Datangkan laki-laki pemilik mutiara itu sekaligus dengan membawa mutiaranya,” kata sang raja memerintahkan pengawalnya.

Pengawal itu pun mendatangkan pria pemilik mutiara sekaligus dengan mutiaranya. Tatkala sang raja melihat, Allah menjadikan mutiara itu tampak indah. “Aku akan membayarnya dengan emas seberat tiga puluh ekor bighal, apakah kamu mau menerimanya?” Tanya sang raja.

Lalu pengawal sang raja mengeluarkan tiga puluh ekor bighal dan menimbangnya dengan emas. Begitu melihat mutiara itu, sang raja benar-benar takjub. Ia berkata,

“Mutiara ini tidak pantas kecuali jika disandingkan dengan pasangannya. Carilah pasangannya untukku!” Kemudian para pengawalnya mendatangkan laki-laki itu lagi.

Sang raja bertanya, “Apakah kamu memiliki pasangannya?

Jika punya kami akan menggantinya dengan harga dua kali lipat dari apa yang telah kami berikan.” Laki-laki itu bertanya, “Apakah kalian benar-benar akan memenuhinya?”

“Ya,” jawab raja dan para pengawalnya. Laki-laki itu pun membawa mutiara yang satunya lagi kepada sang raja. Setelah melihatnya, sang raja sangat tertarik. Lalu ia dan para pengawalnya melipatkan harganya dari yang pertama.

BACA JUGA  Kisah-Kisah Menakjubkan Khulafaurrasyidin Kelima

Redaktur : Dhani El_Ashim

Diambil dari  Ajaib wa Tharaif Ibrat-Tarikh karya Hasan Ramadhan

 

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Iran

Seorang Tentara Iran Tembaki Temannya Sendiri, 4 Tewas

Penembakan terjadi di pangkalan udara militer di Kahrizak, selatan Teheran

Senin, 07/08/2017 13:40 0

Arab Saudi

Arab Saudi Tetapkan Hukuman Mati terhadap 14 Aktivis Syiah

Empat belas aktivis Syiah saat ini sedang menunggu hukuman eksekusi. Mereka ditangkap karena diduga terlibat aksi demonstrasi anarkhis dan tindak kekerasan terhadap aparat keamanan.

Senin, 07/08/2017 13:13 0

Mesir

Mufti Mesir Perbolehkan Zakat Disalurkan untuk Pasukan Anti-Teror

Fatwa kontroversial ini langsung memicu kecaman di media sosial. Sejumlah aktivis di Twitter, menganggap hal ini sebagai lisensi bagi tentara dan polisi untuk merebut dana zakat di Mesir dengan dalih memerangi terorisme.

Senin, 07/08/2017 12:25 0

Indonesia

Menteri Agama: Seluruh Dana Haji akan Diserahkan Ke BPKH

Seluruh dana haji akan diserahkan ke BPKH, diserahkan pada akhir Agustus ini yang sifatnya umum

Senin, 07/08/2017 12:03 0

Amerika

AS Terapkan Standar Ganda dalam Teror Bom di Masjid Minnesota, Publik Mengecam

Kecaman terus bermunculan ketika pemerintah dan media AS bersikap pasif merespon teror bom di Islamic Center Dar Al Farooq, Minnesota.

Senin, 07/08/2017 11:40 1

Amerika

Pasca Teror Bom di Masjid Minnesota, CAIR Imbau Seluruh Masjid Tingkatkan Keamanan

Dewan Hubungan Amerika-Islam (CAIR) mendesak pusat-pusat Islam dan masjid-masjid di seluruh AS untuk meningkatkan keamanan pasca masjid di Minnesota mendapat serangan teror bom.

Senin, 07/08/2017 10:52 0

Yaman

Perangi Al-Qaidah, Pasukan Darat AS Sudah Berada di Yaman

Pada hari Kamis (03/07) ada laporan bahwa AS ikut ambil bagian dalam operasi militer melawan al-Qaidah di bagian selatan propinsi Shabwah, Yaman. Sehari setelah itu, Pentagon mengkonfirmasi “sejumlah kecil” pasukan darat AS telah dikerahkan ke Yaman dalam sebuah operasi kontra al-Qaidah di Semenanjung Arabia (AQAP) yang saat ini tengah berlangsung.

Senin, 07/08/2017 10:20 0

Arab Saudi

Jelang Negosiasi Lanjutan Krisis Suriah, Saudi Keukeuh Tolak Assad

Pemerintah Arab Saudi, salah satu pendukung utama oposisi Suriah, kembali mengatakan bahwa pihaknya masih mendukung kesepakatan internasional soal masa depan Suriah. Akan tetapi, Riyadh menegaskan menolak peran Bashar Assad dalam setiap proses transisi politik untuk mengakhiri konflik di negara tersebut.

Senin, 07/08/2017 09:52 0

Wilayah Lain

Israel Tutup Kantor Al-Jazeera

“(Penutupan ini –red) didasarkan pada penutupan dan pelarangan yang dilakukan negara-negara Arab terhadap Al-Jazeera. Mereka adalah negara-negara sunni moderat yang Israel ingin menjalin aliansi dan mencapai kemitraan ekonomi serta perdamaian dengan mereka,” kata Kara seperti dilansir Al-Jazeera.

Senin, 07/08/2017 09:11 0

Suriah

PBB Dikabarkan Hentikan Bantuan ke Idlib

Bantuan kemanusiaan dan medis yang diluncurkan PBB melalui puluhan cabang organisasinya di Idlib, Ahad (06/08), dikabarkan dihentikan. Hal itu menyusul jatuhnya mayoritas pengelolaan wilayah di Idlib ke tangan Ha’iah Tahrir Al-Syam (HTS). Seperti diketahui, AS menganggap kelompok tersebut “teroris” karena dituding dikendalikan orang-orang Al-Qaidah.

Senin, 07/08/2017 08:41 0