... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

JNIM Terus Bergerak Lawan Militer Perancis, Ini Rentetan Operasinya

Foto: Pejuang JNIM

KIBLAT.NET, Sahel – Jamaah Nusrah al-Islam wal Muslimin (JNIM) afiliasi al-Qaidah di Afrika Barat dan Sahel mengumumkan telah melancarkan serangkaian serangan terhadap pasukan Perancis di utara Mali dalam beberapa pekan terakhir.

Pada Kamis (03/07), sebuah bom improvisasi JNIM menghantam pasukan Perancis yang tengah berpatroli di dekat kota Tessalit wilayah Kidal di bagian utara Mali. Sumber media lokal melaporkan bahwa empat tentara Perancis mengalami kritis akibat terkena serangan dadakan atau ambush oleh pejuang-pejuang JNIM. Tidak lama kemudian sejumlah pejabat Perancis mengkonfirmasi kabar tersebut.

Sepekan yang lalu, JNIM menyatakan telah melancarkan serangan sejenis yang menyasar sebuah kendaraan militer Perancis di sebuah tempat berjarak 25 mil di sebelah utara Kidal. Sebelumnya, pada tanggal 8 Juli JNIM juga mengklaim bom IEDs mereka berhasil melukai tiga tentara Perancis lainnya di Tessalit.

Selanjutnya, di akhir Juli lalu kelompok jihadis Afrika ini merilis pernyataan bahwa pejuang-pejuang mereka meng-ambush konvoi militer Perancis dengan menggunakan bom IEDs di dekat Menaka, wilayah Gao. Di lain pihak, otoritas Perancis belum berkomentar mengenahi ketiga insiden tersebut.

Tanggal 17 Juli, markas gabungan militer Perancis dan pasukan PBB yang berlokasi di dekat Tessalit dihujani beberapa tembakan mortir. JNIM sendiri belum mengeluarkan pernyataan terkait serangan artileri mortir ini, namun memang basis militer asing itu sudah menjadi langganan rutin hujan artileri kelompok-kelompok jihadis sejak sebelum JNIM terbentuk.

BACA JUGA  SITE: ISIS Mengaku Penyebab Tabrakan Dua Helikopter Militer Prancis di Mali

Dari awal 2017, menurut data kompilasi LWJ, pasukan Perancis sudah 12 kali menjadi sasaran serangan-serangan jihadis yang terencana dan terkoordinasi. Ini termasuk sebuah operasi ambush mematikan yang menyasar patroli serdadu Perancis di dekat perbatasan Burkina Faso Januari silam. Dua tentara Perancis dilaporkan dalam kondisi kritis, sementara seorang lainnya meregang nyawa. Menurut data resmi versi militer, ini adalah korban kesembilan tentara Perancis yang tewas dalam misi mereka “Operasi Barkhane”.

Selain data tersebut di atas, JNIM masih memiliki daftar hasil amaliyat selama beberapa pekan terakhir di berbagai wilayah Mali. Di antaranya, beberapa kali operasi ambush terhadap aparat keamanan nasional Mali di wilayah Gao & Mopti, dan serangan pertama JNIM di perbatasan Burkina Faso. Yang terakhir ini menunjukkan adanya kolaborasi antara kelompok-kelompok jihadis di Burkina Faso dengan Ansharul Islam, dan JNIM. Dan, Ansharul Islam diyakini memiliki hubungan yang erat dengan Katibah Macina di bawah JNIM. [hun]

Sumber: TLWJ
Redaktur: YasinMuslim/TLWJ

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Manhaj

Akibat Tidak Tunduk Syariat

Ketika manusia patuh dan taat terhadap syariat Allah, maka hidupnya pun terarah menuju jalan kebahagian. Sebaliknya, ketika mereka cenderung dengan akal pikirannya dan memilih berhukum dengan selain yang diturunkan Allah, maka pasti berujung kepada dampak buruk yang tidak sedikit, baik di dunia maupun akhirat. Dampak buruk di dunia bisa terlihat dalam lingkup sosial, politik, ekonomi dan sebagainya. Sementara di akhirat jelas berujung kepada siksaan yang berulang kali diingatkan dalam Al-Qur’an.

Jum'at, 04/08/2017 20:00 0

Indonesia

Komisioner Komnas HAM: Anggota HTI Tidak Perlu Dihukum

Ketua Komnas HAM, Imdadun Rahmat menduga bahwa Perppu No 2 tahun 2017 ( Perppu Ormas) akan dimanfaatkan rezim untuk membungkam suara kritis.

Jum'at, 04/08/2017 18:08 0

Indonesia

Bertemu Kominfo, CEO Telegram: Kami Takkan Mengubah Privasi Pengguna

Kendati demikian, Durov akan mengambil sejumlah langkah terkait penggunaan Telegram di Indonesia. Di antaranya akan menindak tegas segala konten jenis propaganda dan terorisme.

Jum'at, 04/08/2017 14:15 0

Fikih

Adakah Shalat Sunnah Qabliyah Jumat?

KIBLAT.NET - Di antara sunnah ketika menghadiri shalat Jumat adalah memperbanyak shalat sunnah. Selain shalat tahiyatul masjid, kita juga dianjurkan untuk memperbanyak shalat sambil menunggu datangnya Imam atau Khatib. Namun sebagian kalangan menganggap shalat ini adalah shalat sunnah rawatib sebelum Jumat, layaknya shalat sunnah waktu Dhuhur. Lalu bernarkah demikian?

Jum'at, 04/08/2017 11:11 0

Indonesia

Netizen: Sekolah Islam Berizin Ditolak, Patung tak Berizin Dibiarkan

Warganet akhir-akhir ini dihebohkan dengan berdirinya patung dewa Kong Co Kwan Sing Tee Koen di kelenteng Kwan Sing Bio Tuban setinggi 30 meter.

Kamis, 03/08/2017 21:30 0

Indonesia

Akhirnya, Rekening GNPF-MUI Dilepas Kepolisian

Bendahara Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI), Muhammad Luthfi Hakim mengungkapkan bahwa rekening GNPF MUI yang dibekukan polisi kini sudah dilepas

Kamis, 03/08/2017 20:49 0

Indonesia

Kepala BPJPH Baru Dilantik, Ini Harapan IHW

Direktur Eksekutif Indonesia Halal Watch (IHW), Ikhsan Abdullah mengucapkan selamat kepada kepala BPJPH yang baru saja dilantik yakni Prof Sukoso.

Kamis, 03/08/2017 20:15 0

Indonesia

Komisi I Ajak Semua Pihak Terlibat Hadapi Israel

Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta memandang bahwa Israel tidak bisa hanya dihadapi secara reaktif.

Kamis, 03/08/2017 18:10 0

Tarbiyah Jihadiyah

Kenapa Kemenangan Tak Kunjung Menyapa?

Kemenangan adalah suatu hal yang dicita-citakan oleh siapapun. Entah dia berada di atas kebenaran atau kbatilan pasti mendambakan hal ini. Satu hal yang membedakan adalah umat Islam hanya menggantungkan kemenangan pada Allah semata. Sedangkan para musuh Allah mengkalkulasikan kemenangan pada hitungan matematika semata.

Kamis, 03/08/2017 17:49 0

Tazkiyah

Si Pembela Keislaman Fir’aun

Ia seorang penjahit di daerah Mahallah Syaghur dan bekerja sebagai penolong Fir’aun. Ia mengira Fir’aun telah masuk Islam dan menjadi pembelanya.

Kamis, 03/08/2017 15:30 0

Close