... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Ingin Bertemu Nabi Dalam Mimpi, Gimana Caranya?

Foto: Muhammad

KIBLAT.NET – Mimpi bertemu Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah suatu hal yang mungkin dan bisa dialami oleh seseorang. Banyak hadits shahih yang menjelaskannya. Di antaranya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

وَمَنْ رَآنِي فِي الْمَنَامِ فَقَدْ رَآنِي حَقًّا فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لَا يَتَمَثَّلُ فِي صُورَتِي وَمَنْ كَذَبَ عَلَيَّ مُتَعَمِّدًا فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنْ النَّارِ

Barangsiapa melihatku dalam mimpi, maka sungguh ia telah melihatku secara benar. Sesungguhnya setan tidak bisa menyerupai bentukku. Barangsiapa yang berdusta atasku secara sengaja maka ia telah mengambil tempat duduk dalam neraka. (HR Bukhâri dan Muslim)

Alkisah, seorang murid pernah datang kepada gurunya dan berkata, “Saya tahu bahwa engkau melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dalam mimpimu.” Sang guru menjawab, “Apa yang engkau inginkan, wahai anakku?” Dia berkata, “Ajarilah aku cara untuk melihatnya, saya ingin sekali melihatnya!” Sang guru itu pun berkata, “Malam ini engkau saya undang makan malam denganku, supaya aku bisa mengajarimu cara bisa melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.”

Lalu murid itu pun datang menemui gurunya yang sudah menaruh banyak garam ke dalam makanan dan tidak menyediakan air. Lalu murid itu mulai makan, di sela-sela makannya, dia meminta air, namun gurunya tidak mau memberinya. Sebaliknya, sang guru malah memintanya untuk terus menambah makannya. Setelah selesai makan, dia berkata kepada murid tersebut, “Tidurlah dulu, apabila engkau bias bangun sebelum fajar, saya akan mengajarimu cara supaya bisa bermimpi bertemu dengan Rasululah shallallahu ‘alaihi wasallam.”

Murid itu pun tidur meliuk karena saking hausnya. Ketika sudah terbangun, sang gurunya, “Anakku, sebelum aku mengajarimu cara bisa bermimpi bertemu dengannya, aku ingin bertanya dulu kepadamu, apakah kamu bermimpi tentang sesuatu tadi malam?” Si murid menjawab “Ya.” Gurunya bertanya lagi, “Apa yang engkau lihat?” Jawabnya si murid, “Saya melihat hujan lebat turun, sungai-sungai mengalir dan air laut yang berombak.”

Sang guru berkata, “Niatmu benar, maka mimpimu pun benar. Kalau seandainya cintamu itu benar, niscaya engkau akan melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.”

Menurut salah satu studi yang dilakukan oleh Sigmund Freud, mimpi merupakan cerminan dari alam bawah sadar kita, karena banyak pikiran dan keinginan yang tidak dapat diekspresikan atau dicapai pada kondisi sadar, akhirnya muncul dalam bentuk mimpi. Dalam kisah di atas, si murid sebelum tidur ia ingin sekali minum. Tapi oleh gurunya tidak diperbolehkan hingga ia pun ketiduran dalam keadaan haus. Sehingga dalam mimpinya dia melihat air sebagai harapan yang dinginkannya.

Hikmanya, jika kita ingin bermimpi melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, maka perbaiki dulu bentuk cinta dan rindu kita kepadanya. Wallahu a’lam bis shawab!

 

Fakhruddin

Disadur dari buku; Menanamkan Iman Pada Anak, Karya DR. Amani Ar-Ramadi, Penerbit Istanbul, Jakarta Timur.

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Warga Idlib Turun ke Jalan Desak Pejuang Suriah Buang Perselisihan

Ratusan warga Suriah di berbagai provinsi di Idlib, Jumat (04/08), turun ke jalan mendesak faksi-faksi pejuang Suriah membuang perselisihan dan mendukung pemerintahan sipil di wilayah utara. Aksi digelar sehari setelah Rusia berhasil menekan pejuang oposisi di pedesaan Homs untuk gencatan senjata

Sabtu, 05/08/2017 13:00 0

News

Komandan Senior Ahrar Al-Syam Lolos dari Upaya Pembunuhan

Seorang komandan senior Gerakan Ahrar Al-Syam, Abu Abdurrahman Al-Ghab, lolos dari upaya pembunuhan selepas Shalat Jumat di pedesaan Hama pada Jumat (04/07). Abu Abdurrahman tak mengalami luka sedikitpun.

Sabtu, 05/08/2017 08:48 0

Indonesia

Gus Solah Imbau Victor Laiskodat Minta Maaf

Beberapa waktu lalu, jagad dunia maya digegerkan dengan pidato Ketua Fraksi Partai Nasdem Viktor Laiskodat di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pidatonya dinilai berisi fitnah yang menyangkut SARA.

Sabtu, 05/08/2017 08:45 0

Indonesia

MPR: HTI Sudah Dibubarkan Kok Masih Harus Dipecat dari Pekerjaannya

Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid, mempermasalahkan pernyataan pemerintah dan institusi negara yang mengancam akan mengeluarkan seorang pegawai atau karyawan yang terindikasi mantan anggota HTI ataupun hanya simpatisan.

Sabtu, 05/08/2017 08:15 0

Indonesia

Politisi Nasdem “Serang” Pengusung Khilafah, Begini Reaksi Netizen

Di tengah ketegangan yang terjadi di Indonesia baru-baru ini muncul hal berbau SARA yang ikut menambah panasnya kondisi perpolitikan Indonesia. Tentu hal ini cepat merambah ke berbagai tempat.

Sabtu, 05/08/2017 07:36 0

Afrika

JNIM Terus Bergerak Lawan Militer Perancis, Ini Rentetan Operasinya

Jamaah Nusrah al-Islam wal Muslimin (JNIM) afiliasi al-Qaidah di Afrika Barat dan Sahel mengumumkan telah melancarkan serangkaian serangan terhadap pasukan Perancis di utara Mali dalam beberapa pekan terakhir.

Sabtu, 05/08/2017 06:23 0

Asia

Az-Zawahiri Mengkonfirmasi Gugurnya Pendiri AQIS Abu Dujana Al-Pasha

Pemimpin Al-Qaidah, Ayman Az-Zawahiri telah mengkonfirmasi gugurnya menantu yang juga merupakan sosok di balik berdirinya Al Qaeda in the Indian Subcontinent (AQIS), Abu Dujana Al-Pasha.

Jum'at, 04/08/2017 20:48 0

Manhaj

Akibat Tidak Tunduk Syariat

Ketika manusia patuh dan taat terhadap syariat Allah, maka hidupnya pun terarah menuju jalan kebahagian. Sebaliknya, ketika mereka cenderung dengan akal pikirannya dan memilih berhukum dengan selain yang diturunkan Allah, maka pasti berujung kepada dampak buruk yang tidak sedikit, baik di dunia maupun akhirat. Dampak buruk di dunia bisa terlihat dalam lingkup sosial, politik, ekonomi dan sebagainya. Sementara di akhirat jelas berujung kepada siksaan yang berulang kali diingatkan dalam Al-Qur’an.

Jum'at, 04/08/2017 20:00 0

Suriah

IHH Salurkan Bantuan Pangan dan Hari Raya untuk 3.000 Keluarga di Al-Bab

Lembaga kemanusiaan internasional yang berpusat di Turki, Insani Yardim Vakfi atau IHH kembali mengirimkan konvoi bantuan ke Suriah utara.

Jum'at, 04/08/2017 19:03 0

Somalia

Al-Shabab Ambil Alih Kota Baru di Selatan Somalia

Gerakan Islam Al-Shabab Somalia mengambil alih kota Lego, provinsi Shabelle, Somalia Selatan, pada Jumat pagi (04/08) waktu setempat. Kemenangan ini diraih setelah pasukan pemerintah dan Uni Afrika meninggalkan kota tersebut.

Jum'at, 04/08/2017 19:00 0