... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Turki Rampungkan Masjid Terbesar di Asia Tengah, Begini Penampakannya

Foto: Masjid Kocatepe di Turki

KIBLAT.NET, Bishkek – Yayasan Diyanet Turki telah selesai membangun masjid yang diklaim terbesar di Asia Tengah di ibukota Kyrgyz, Bishkek.

Pembangunan kompleks masjid dimulai pada tahun 2012, yang dirancang sesuai dengan arsitektur klasik Dinasti Utsmaniyah.

Masjid ini dibangun di atas tanah seluas 35 hektar (141.640 meter persegi) yang dapat menampung sedikitnya 20.000 jamaah.

Arsitektur masjid menyerupai Masjid Kocatepe Ankara yang megah, dengan banyak fitur termasuk air mancur Sadirvan, bangunan kantor, fasilitas parkir 500 mobil, tempat belajar Al-Qur’an, ruang konferensi dan kafetaria.

Dua lampu besar terlihat menggantung dari kubah masjid yang telah dihias dengan kerajinan khas Dinasti Utsmaniyah. Masjid ini diklaim akan mengubah pemandangan di kota tersebut. Masjid yang disebut-sebut sebagai yang terbesar di dalam negeri maupun di Asia Tengah.

Penanggung jawab konstruksi, Musa Demirci mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa pembangunan masjid saat ini sudah selesai.

“Kami sedang melakukan pembersihan dan pekerjaan rutin saat ini, dan nantinya kita akan melakukan perencanaan untuk menertibkan lingkungan,” kata Demirci.

Hal pertama yang akan ditemui pengunjung saat mengunjungi masjid adalah kubah besar. Yaitu kubah dengan diameter 23 meter dari dalam dan 25 meter dari luar serta tingginya 37 meter.

“Masjid tersebut memiliki tiga menara, masing-masing tingginya 70 meter,” imbuhnya.

Demirci, yang telah bekerja di lokasi sejak tahun lalu, mengatakan sekitar 70 persen orang yang bekerja di tempat itu adalah warga Kyrgyz. Dia menambahkan bahwa beberapa marmer putih dari Turki juga telah digunakan untuk bahan konstruksi masjid.

Masjid di Kyrgyztan, disebut-sebut yang terbesar di Asia Tengah.

Sumber: World Bulletin
Redaktur: Ibas Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Fikih

Adakah Shalat Sunnah Qabliyah Jumat?

KIBLAT.NET - Di antara sunnah ketika menghadiri shalat Jumat adalah memperbanyak shalat sunnah. Selain shalat tahiyatul masjid, kita juga dianjurkan untuk memperbanyak shalat sambil menunggu datangnya Imam atau Khatib. Namun sebagian kalangan menganggap shalat ini adalah shalat sunnah rawatib sebelum Jumat, layaknya shalat sunnah waktu Dhuhur. Lalu bernarkah demikian?

Jum'at, 04/08/2017 11:11 0

Indonesia

Netizen: Sekolah Islam Berizin Ditolak, Patung tak Berizin Dibiarkan

Warganet akhir-akhir ini dihebohkan dengan berdirinya patung dewa Kong Co Kwan Sing Tee Koen di kelenteng Kwan Sing Bio Tuban setinggi 30 meter.

Kamis, 03/08/2017 21:30 0

Indonesia

Akhirnya, Rekening GNPF-MUI Dilepas Kepolisian

Bendahara Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI), Muhammad Luthfi Hakim mengungkapkan bahwa rekening GNPF MUI yang dibekukan polisi kini sudah dilepas

Kamis, 03/08/2017 20:49 0

Indonesia

Kepala BPJPH Baru Dilantik, Ini Harapan IHW

Direktur Eksekutif Indonesia Halal Watch (IHW), Ikhsan Abdullah mengucapkan selamat kepada kepala BPJPH yang baru saja dilantik yakni Prof Sukoso.

Kamis, 03/08/2017 20:15 0

Indonesia

Komisi I Ajak Semua Pihak Terlibat Hadapi Israel

Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta memandang bahwa Israel tidak bisa hanya dihadapi secara reaktif.

Kamis, 03/08/2017 18:10 0

Tarbiyah Jihadiyah

Kenapa Kemenangan Tak Kunjung Menyapa?

Kemenangan adalah suatu hal yang dicita-citakan oleh siapapun. Entah dia berada di atas kebenaran atau kbatilan pasti mendambakan hal ini. Satu hal yang membedakan adalah umat Islam hanya menggantungkan kemenangan pada Allah semata. Sedangkan para musuh Allah mengkalkulasikan kemenangan pada hitungan matematika semata.

Kamis, 03/08/2017 17:49 0

Tazkiyah

Si Pembela Keislaman Fir’aun

Ia seorang penjahit di daerah Mahallah Syaghur dan bekerja sebagai penolong Fir’aun. Ia mengira Fir’aun telah masuk Islam dan menjadi pembelanya.

Kamis, 03/08/2017 15:30 0

Indonesia

Sekretariat IPT 65: Kami Masih Percaya pada Jokowi

“Saya masih berharap (pada pemerintahan Jokowi), tapi saya tidak percaya sama Wiranto ya,” ujar Reza, dalam konferensi pers yang digelar di Kantor Komnas Perempuan, Jalan Latuharhari, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (2/8/2017).

Kamis, 03/08/2017 14:10 0

Indonesia

Simpatisan Komunis Gelar Pra Kongres IPT 65 di Pusat Pastoral Samadi, Begini Ceritanya

Sejumlah orang diduga simpatisan komunis menggelar acara Pra Kongres IPT 65 di Pusat Pastoral PGAK Samadi, Jakarta Timur pada Selasa, (02/08). Acara tersebut akhirnya dibubarkan Polres Jakarta Timur.

Kamis, 03/08/2017 13:56 0

Indonesia

Polres Jakarta Timur Bubarkan Acara IPT 65 Karena Diduga Terkait Komunisme

Sebelumnya, lokakarya yang digelar IPT 65 bersama para korban dan aktivis hak asasi manusia disatroni oleh aparat kepolisian dan TNI.

Kamis, 03/08/2017 13:27 1

Close