Turki Rampungkan Masjid Terbesar di Asia Tengah, Begini Penampakannya

KIBLAT.NET, Bishkek – Yayasan Diyanet Turki telah selesai membangun masjid yang diklaim terbesar di Asia Tengah di ibukota Kyrgyz, Bishkek.

Pembangunan kompleks masjid dimulai pada tahun 2012, yang dirancang sesuai dengan arsitektur klasik Dinasti Utsmaniyah.

Masjid ini dibangun di atas tanah seluas 35 hektar (141.640 meter persegi) yang dapat menampung sedikitnya 20.000 jamaah.

Arsitektur masjid menyerupai Masjid Kocatepe Ankara yang megah, dengan banyak fitur termasuk air mancur Sadirvan, bangunan kantor, fasilitas parkir 500 mobil, tempat belajar Al-Qur’an, ruang konferensi dan kafetaria.

Dua lampu besar terlihat menggantung dari kubah masjid yang telah dihias dengan kerajinan khas Dinasti Utsmaniyah. Masjid ini diklaim akan mengubah pemandangan di kota tersebut. Masjid yang disebut-sebut sebagai yang terbesar di dalam negeri maupun di Asia Tengah.

Penanggung jawab konstruksi, Musa Demirci mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa pembangunan masjid saat ini sudah selesai.

“Kami sedang melakukan pembersihan dan pekerjaan rutin saat ini, dan nantinya kita akan melakukan perencanaan untuk menertibkan lingkungan,” kata Demirci.

Hal pertama yang akan ditemui pengunjung saat mengunjungi masjid adalah kubah besar. Yaitu kubah dengan diameter 23 meter dari dalam dan 25 meter dari luar serta tingginya 37 meter.

“Masjid tersebut memiliki tiga menara, masing-masing tingginya 70 meter,” imbuhnya.

Demirci, yang telah bekerja di lokasi sejak tahun lalu, mengatakan sekitar 70 persen orang yang bekerja di tempat itu adalah warga Kyrgyz. Dia menambahkan bahwa beberapa marmer putih dari Turki juga telah digunakan untuk bahan konstruksi masjid.

BACA JUGA  Turki Setujui Penggunaan Vaksin Covid-19 Sinovac
Masjid di Kyrgyztan, disebut-sebut yang terbesar di Asia Tengah.

Sumber: World Bulletin
Redaktur: Ibas Fuadi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat