... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Amerika Khawatir Idlib Dikuasai Haiah Tahrir Syam, Ini Alasannya

Foto: Wilayah Idlib, Suriah

KIBLAT.NET, Washington – Departemen Luar Negeri AS mengaku khawatir jika kelompok jihadis Haiah Tahrir Syam menguasai provinsi Idlib di Suriah barat laut. Dalam sebuah pernyataan pada Rabu (02/08), Deplu AS menyebutnya akan ada “konsekuensi serius” dari penguasaan tersebut.

Pernyataan yang ditulis oleh Michael Ratney itu bahkan menuding Haiah Tahrir Syam dapat membahayakan masa depan Suriah. Diketahui, kelompok jihadis tersebut baru-baru ini mengalami peningkatan militer yang cukup signifikan.

“Konsekuensi serius” yang dimaksud Ratney yakni sulitnya meyakinkan Rusia untuk tidak kembali membombardir melalui udara ketika Haiah Tahrir Syam menguasai wilayah tersebut. Konsekuensi tersebut memungkinkan kelompok jihadis akan bergeser ke bagian timur jika dikalahkan.

Suriah dan sekutunya di Rusia telah berulang kali menyerang kelompok jihadis yang telah berganti nama selama bertahun-tahun. Pertempuran besar tahun lalu berpusat di kota Aleppo. Serangan dilakukan dengan dalih memerangi kelompok, namun tak sedikit warga sipil yang ikut ditargetkan. Hingga ketika sebagian wilayah Aleppo diambil alih, kelompok jihadis Suriah mulai berkonsentrasi di Idlib.

Sepanjang serangan terhadap kelompok tersebut, AS berulang kali mengecam Rusia dan Suriah. Kendati demikian, AS dalam beberapa kesempatan juga melakukan serangan untuk kepentingan pribadi.

Selama ini, tujuan AS di wilayah barat laut Suriah tampaknya untuk mencegah kekalahan kelompok-kelompok jihadis yang menjadi oposisi Suriah. Ruang operasi AS berada di timur, yang sebagian besar untuk mendukung Kurdi YPG. Jika kelompok-kelompok jihadis kalah dari militer Suriah, mereka akan bergeser ke timur untuk menekan ISIS, kemudian mengambil wilayah AS yang diambil alih dengan bantuan Kurdi.

BACA JUGA  Pemerintahan Sementara Suriah Lebur Faksi JWT ke Jaisy Al-Wathany

Sumber: Antiwar
Redaktur: Ibas Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Fikih

Adakah Shalat Sunnah Qabliyah Jumat?

KIBLAT.NET - Di antara sunnah ketika menghadiri shalat Jumat adalah memperbanyak shalat sunnah. Selain shalat tahiyatul masjid, kita juga dianjurkan untuk memperbanyak shalat sambil menunggu datangnya Imam atau Khatib. Namun sebagian kalangan menganggap shalat ini adalah shalat sunnah rawatib sebelum Jumat, layaknya shalat sunnah waktu Dhuhur. Lalu bernarkah demikian?

Jum'at, 04/08/2017 11:11 0

Indonesia

Netizen: Sekolah Islam Berizin Ditolak, Patung tak Berizin Dibiarkan

Warganet akhir-akhir ini dihebohkan dengan berdirinya patung dewa Kong Co Kwan Sing Tee Koen di kelenteng Kwan Sing Bio Tuban setinggi 30 meter.

Kamis, 03/08/2017 21:30 0

Indonesia

Akhirnya, Rekening GNPF-MUI Dilepas Kepolisian

Bendahara Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI), Muhammad Luthfi Hakim mengungkapkan bahwa rekening GNPF MUI yang dibekukan polisi kini sudah dilepas

Kamis, 03/08/2017 20:49 0

Indonesia

Kepala BPJPH Baru Dilantik, Ini Harapan IHW

Direktur Eksekutif Indonesia Halal Watch (IHW), Ikhsan Abdullah mengucapkan selamat kepada kepala BPJPH yang baru saja dilantik yakni Prof Sukoso.

Kamis, 03/08/2017 20:15 0

Indonesia

Komisi I Ajak Semua Pihak Terlibat Hadapi Israel

Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta memandang bahwa Israel tidak bisa hanya dihadapi secara reaktif.

Kamis, 03/08/2017 18:10 0

Tarbiyah Jihadiyah

Kenapa Kemenangan Tak Kunjung Menyapa?

Kemenangan adalah suatu hal yang dicita-citakan oleh siapapun. Entah dia berada di atas kebenaran atau kbatilan pasti mendambakan hal ini. Satu hal yang membedakan adalah umat Islam hanya menggantungkan kemenangan pada Allah semata. Sedangkan para musuh Allah mengkalkulasikan kemenangan pada hitungan matematika semata.

Kamis, 03/08/2017 17:49 0

Tazkiyah

Si Pembela Keislaman Fir’aun

Ia seorang penjahit di daerah Mahallah Syaghur dan bekerja sebagai penolong Fir’aun. Ia mengira Fir’aun telah masuk Islam dan menjadi pembelanya.

Kamis, 03/08/2017 15:30 0

Indonesia

Sekretariat IPT 65: Kami Masih Percaya pada Jokowi

“Saya masih berharap (pada pemerintahan Jokowi), tapi saya tidak percaya sama Wiranto ya,” ujar Reza, dalam konferensi pers yang digelar di Kantor Komnas Perempuan, Jalan Latuharhari, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (2/8/2017).

Kamis, 03/08/2017 14:10 0

Indonesia

Simpatisan Komunis Gelar Pra Kongres IPT 65 di Pusat Pastoral Samadi, Begini Ceritanya

Sejumlah orang diduga simpatisan komunis menggelar acara Pra Kongres IPT 65 di Pusat Pastoral PGAK Samadi, Jakarta Timur pada Selasa, (02/08). Acara tersebut akhirnya dibubarkan Polres Jakarta Timur.

Kamis, 03/08/2017 13:56 0

Indonesia

Polres Jakarta Timur Bubarkan Acara IPT 65 Karena Diduga Terkait Komunisme

Sebelumnya, lokakarya yang digelar IPT 65 bersama para korban dan aktivis hak asasi manusia disatroni oleh aparat kepolisian dan TNI.

Kamis, 03/08/2017 13:27 1

Close