... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Si Pembela Keislaman Fir’aun

Foto: Ilustrasi

KIBLAT.NET – Pada tahun 761 H tersebutlah seorang lelaki yang bernama Hasan. Ia seorang penjahit di daerah Mahallah Syaghur dan bekerja sebagai penolong Fir’aun. Ia mengira Fir’aun telah masuk Islam.

Ia berhujah bahwa di dalam surat Yunus dijelaskan bahwa ketika Fir’aun tenggelam, ia berkata “Saya percaya bahwa tidak ada Illah melainkan Illah yang dipercayai oleh Bani Israil, dan saya termasuk orang-orang yang berserah diri (kepada Allah).” (Yûnus: 90).

Dia tidak memahami makna firman Allah, “Maka Allah mengazabnya dengan azab di akhirat dan azab di dunia.” (An-Nâzi’ât: 25), dan firmanNya, “Maka Fir’aun mendurhakai Rasul itu, lalu Kami siksa dia dengan siksaan yang berat.” (Al-Muzammil: 16), serta firman-firman Allah lainnya di dalam Al-Qur’an dan sejumlah hadits.

Dalam Al-Qur’an dan hadits telah dijelaskan bahwa Fir’aun adalah orang yang paling kafir. Kekafirannya bahkan telah disepakati oleh orang-orang Yahudi, Nasrani, dan Islam.

Pada hari Ahad tanggal 9 Muharram, Hasan dipanggil dari Mahallah Syaghur ke majelis persidangan kerajaan. Saat itu Hasan mengajak diskusi tentang keimanan Fir’aun untuk menguatkan dakwaannya tentang Fir’aun. Ia adalah seorang tua yang bodoh dan kampungan. Ia tidak memahami nash secara benar tapi menjadikannya sebagai dalil. Anggapannya terhadap Fir’aun itu hanya dilandaskan pada syubhat (kesamaran).

Orang kampungan ini meyakini bahwa keimanan yang berasal dari Fir ’aun dan kondisi ini bermanfaat baginya. Padahal, Allah telah berfirman:

BACA JUGA  Kisah Mahasiswa Korbankan Gelar Demi Bimbing Keluarganya Masuk Islam

“Maka tatkala mereka melihat azab Kami, mereka berkata, ‘Kami beriman hanya kepada Allah saja, dan kami kafir kepada sembahan-sembahan yang telah kami persekutukan dengan Allah.’ Maka iman mereka tiada berguna bagi mereka tatkala mereka telah melihat siksa Kami. Itulah sunnah Allah yang telah berlaku terhadap hamba-hamba-Nya. Dan di waktu itu binasalah orang-orang kafir.” (Ghâfir: 84-85).

Pada hari yang lain, laki-laki itu hadir dan tetap bersikukuh pada kesesatannya. Ia pun dipukul dengan cemeti. Saat itu ia menampakkan keinginan untuk bertobat sehingga ia dikembalikan ke dalam penjara di Zanjabir.

Untuk ketiga kalinya ia mengukuhkan dan mengumumkan tobatnya dan akhirnya ia dibebaskan.

Redaktur : Dhani El_Ashim

Diambil dari  Ajaib wa Tharaif Ibrat-Tarikh karya Hasan Ramadhan

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Amerika

Akhirnya, Dengan Penuh Frustasi AS Akui Kekalahan di Afghanistan

Seorang pejabat bahkan mengatakan Presiden AS itu menunjuk peta yang memperlihatkan bahwa Taliban mendapatkan wilayah. Sebagai ekspresi atas keluhannya tersebut.

Kamis, 03/08/2017 14:50 0

Indonesia

Sekretariat IPT 65: Kami Masih Percaya pada Jokowi

“Saya masih berharap (pada pemerintahan Jokowi), tapi saya tidak percaya sama Wiranto ya,” ujar Reza, dalam konferensi pers yang digelar di Kantor Komnas Perempuan, Jalan Latuharhari, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (2/8/2017).

Kamis, 03/08/2017 14:10 0

Indonesia

Simpatisan Komunis Gelar Pra Kongres IPT 65 di Pusat Pastoral Samadi, Begini Ceritanya

Sejumlah orang diduga simpatisan komunis menggelar acara Pra Kongres IPT 65 di Pusat Pastoral PGAK Samadi, Jakarta Timur pada Selasa, (02/08). Acara tersebut akhirnya dibubarkan Polres Jakarta Timur.

Kamis, 03/08/2017 13:56 0

Irak

Al-Sadr: Kami dan Saudi Bahas Pembukaan Konsulat di Najaf

Pemimpin Organisasi Syiah Irak Al-Sadr, Muqtada Al-Sadr, Rabu (02/08), mengungkapkan bahwa pihaknya membahas pembukaan kantor konsulat Kerajaan Arab Saudi di Kota Najaf untuk memudahkan komunikasi antarkedua negara. Selain itu, Al-Sadr dan pejabat Saudi membicarakan hal-hal penting lainnya yang mempererat hubungan.

Kamis, 03/08/2017 13:45 0

Indonesia

Polres Jakarta Timur Bubarkan Acara IPT 65 Karena Diduga Terkait Komunisme

Sebelumnya, lokakarya yang digelar IPT 65 bersama para korban dan aktivis hak asasi manusia disatroni oleh aparat kepolisian dan TNI.

Kamis, 03/08/2017 13:27 0

Palestina

Parahnya Penjajah Israel, Urusan Main Bola Pun Dibatasi

Otoritas Zionis Israel pada Rabu (02/08) mencegah sembilan pemain dari sebuah klub sepak bola Palestina untuk meninggalkan Jalur Gaza. Sedianya, kedelapan pemain itu akan berpartisipasi dalam pertandingan final Piala Palestina di Tepi Barat yang diduduki Israel.

Kamis, 03/08/2017 13:04 0

Palestina

Menantu Trump Yakini Tidak Ada Solusi bagi Krisis Palestina

Jared Kushner, penasihat senior Presiden AS Donald Trump menyatakan keraguan bahwa krisis Israel-Palestina dapat menemui jalan keluar.

Kamis, 03/08/2017 11:39 0

Video Kajian

Berkhalwat Tanpa Sadar (Ust. Abu Rusydan)

KIBLAT.NET – Seringkali kita melakukan sebuah maksiat tanpa kita sadari. Seringkali tidak melakukan maksiat namun...

Kamis, 03/08/2017 10:30 0

Afghanistan

Operasi Tiada Henti, Taliban Kembali Hajar Konvoi Militer NATO di Kandahar

KIBLAT.NET, Kandahar – Serangan bom Taliban kembali menghajar iring-iringan kendaraan militer NATO saat konvoi di...

Kamis, 03/08/2017 09:48 0

Indonesia

Komnas HAM Siapkan Rekomendasi Kasus Kriminalisasi Ulama

"Arah surat rekomendasi ini adalah intinya damai Indonesia"

Kamis, 03/08/2017 09:28 0