... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Jumlah Perokok Perempuan Meningkat 200 Persen, Lifestyle Dianggap Jadi Alasan

Foto: Rokok (Ilustrasi)

KIBLAT.NET, Jakarta – Jumlah perokok usia produktif perempun setiap tahunnya terus meningkat secara drastis. Dalam dua tahun peningkatannya mencapai angka 200 persen.

Peningkatan tajam jumlah perokok perempuan itu diungkapkan Ketua Umum  Nasyiatul Aisyiyah, Dyah Puspitarini dalam diskusi bertajuk Selamatkan Generasi Bangsa, Pelarangan Iklan Rokok dalam RUU Penyiaran. Dia mencatat pada tahun 2014 terdapat sekitar 1,6 juta perokok wanita, dan pada tahun 2016 jumlahnya meningkat mencapai 6,2 juta. Artinya, peningkatan tersebut mencapai angka 200 persen.

“Hal inilah kemudian yang menjadi perhatian kami Nasyiatul Aisyiyah”, kata Dyah di Gedung Dakwah PP Muhammadiyah, Menteng Jakarta Pusat, Selasa (01/08).

Menurutnya, para perokok wanita tersebut tidak hanya sebagai perokok pasif. Tetapi, mereka memilih untuk menjadi perokok aktif, seakan rokok itu menjadi hal wajib di kesehariannya. Bahkan sebagian dari mereka ada yang beralasan karena ingin mengikuti tren masa kini atau life style.

“Setelah kami kaji, ternyata salah satunya adalah mereka ingin mengikuti gaya hidup atau lifestyle”, Imbuhnya.

Dia juga berpendapat bahwa, meningkatnya jumlah perokok wanita itu, salah satunya disebabkan oleh beberapa persoalan yang kerap dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga merokok menjadi pilihan untuk sekedar meringankan beban pikiran.

“Masalah hidup masyarakat bukan sebatas masalah konsumsi, tetapi hari ini setiap warga negara selain terbebani hutang, juga dibebani dengan himpitan, dan tekanan sosial. Maka terkadang rokok atau merokok itu adalah sebuah pilihan,” tutur wanita berkaca mata itu.

BACA JUGA  Syaikh Ali Jaber Ditusuk, Komisi VIII: Indonesia Darurat Perlindungan Tokoh Agama

Selain itu, sebagian besar buruh pabrik rokok yang ada di Indonesia itu adalah perempuan. Karena menurut penelitian dari UGM, kaum wanita lebih detail dalam memperhatikan lintingan dalam rokok dari pada pria.

“Ternyata memang perusahaan-perusahaan rokok, sekali pun sudah rokok terkenal, ternyata ia membutuhkan kaum perempuan untuk ngecek lintingan rokoknya, karena yang paling bisa ngecek dan paling bisa melihat detailnya itu adalah kaum perempuan, bukan laki-laki,” ungkapnya.

Melihat kondisi itu Nasyiatul Aisyiyah memiliki progam kampanye anti rokok, yang bukan hanya untuk kaum perempuan saja tapi juga untuk anak. “Jadi ketika perempuan di Indonesia ini bisa sehat, bisa bebas dari rokok, dijamin bahwa generasi muda Indonesia 3, 4, 10 tahun yang akan datang akan jauh lebih baik,” pungkasnya.

Reporter: Usmah Robbani
Editor: Imam S.


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

HTS dan Syiah Hizbullah Mulai Proses Pertukaran Tawanan

Organisasi Syiah Hizbullah Lebanon dan anggota Ha’iah Tahrir Al-Syam (HTS) dari unsur Jabhah Fath Al-Syam (JFS), Selasa (01/08), kembali melakukan pertukaran tawanan. Operasi ini sebagai bagian dari kesepakatan gencatan senjata yang ditandatangani dua belah pihak pekan lalu.

Rabu, 02/08/2017 10:00 0

Afrika

Cina Resmikan Pangkalan Militer Pertama di Luar Negeri

Pemerintah Cina meresmikan pangkalan militer pertama di luar negeri pada Selasa (01/08). Peresmian ini ditandai dengan pengibaran bendera Cina di pangkalan yang berada di negara Djibouti itu.

Rabu, 02/08/2017 08:46 0

Suriah

Rezim Assad Perintahkan Calon Jamaah Haji Diverifikasi Dinas Intelijen

Komite Tinggi Urusan Haji Suriah, yang dikelola oposisi, menuduh rezim Assad menghalangi warga di wilayah kontrolnya berangkat haji. Rezim mengeluarkan pengumuman, warga yang sudah mendapat visa haji harus diverifikasi di Cabang Intelijen Militer 235 yang dikenal Cabang Filistin. Warga mengenal cabang intelijen ini sangat buruk dan kejam.

Rabu, 02/08/2017 07:38 0

Suriah

Resmi, Ahrar Al-Syam Tunjuk Pemimpin Baru

Gerakan Ahrar Al-Syam resmi merombak kepemimpinan mereka. Dalam pernyataan resmi yang dikeluarkan pada 1 Agustus 2017, gerakan Islamis oposisi Suriah itu mengganti pemimpin mereka, Abu Ammaar. Sebagai penggantinya, Ahrar menunjuk Ketua Dewan Syura gerakan, Hasan Shufan (Abu Al-Bara).

Rabu, 02/08/2017 06:20 0

Video News

212 Mart dan Mengapa Tidak Ada Minimarket di Kota Padang

KIBLAT.NET– Persaingan dalam dunia usaha dan ekonomi merupakan hal yang lumrah terjadi. Tetapi ketika sistem...

Selasa, 01/08/2017 23:08 0

Arab Saudi

Dulu Keluarga Abdul Muthalib, Siapa Penanggung Jawab Air Zamzam Saat Ini?

Ketika itu, tugas mulia tersebut dilakukan oleh keluarga kakek buyut Muhammad SAW, Abdul Muthalib. Setelah menaklukkan Mekkah, Sang Nabi meminta pamannya Abbas bin Abdul Muthalib untuk menghandle urusan itu, dan kemudian ditugaskan ke keluarga Al-Zubayr.

Selasa, 01/08/2017 18:00 0

Turki

Turki Tangkap Empat Tentara Penganiaya Pengungsi Suriah

Dalam sebuah video yang viral, sejumlah personel militer Turki terlihat memukuli para pengungsi Suriah yang hendak menyeberang melalui. Belakangan, para personil militer tersebut dilaporkan telah ditangkap oleh pihak militer Turki.

Selasa, 01/08/2017 15:29 0

Afghanistan

Menang Banyak, Taliban Rilis Video Hasil-hasil Pertempuran di Paktia

Imarah Islam (Taliban) merilis sebuah video hasil-hasil pertempuran selama sepekan terakhir.

Selasa, 01/08/2017 14:38 0

Info Event

Solidaritas Muslim: Tebar Hewan Qurban di Daerah Pemurtadan

Qurban terkadang berlimpah di suatu daerah, sementara di daerah lain kekurangan bahkan hampir tidak ada daging/ hewan qurban. Solidaritas Muslim untuk kali ketiga mendistribusikan hewan qurban ke beberapa daerah yang minim hewan qurban sekaligus daerah yang rawan pendangkalan aqidah.

Selasa, 01/08/2017 13:53 0

Arab Saudi

Arab Saudi Siap Sambut Jamaah Haji Qatar

Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Dr. Muhammad Shalih Bentin mengungkapkan bahwa persiapan terkait penerimaan dan pelayanan jamaah haji asal Qatar telah selesai. Laporan ini menandai bahwa jamaah Qatar tetap diperkenankan untuk beribadah haji ataupun umrah di tengah boikot yang masih berlangsung.

Selasa, 01/08/2017 12:37 0

Close