... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Lama Tak Terdengar, Apa Kabar Operasi Tinombala?

Foto: Aparat gabungan TNI Polri dalam Operasi Tinombala 2016

KIBLAT.NET, Poso – Lama tak terdengar kabar Operasi Tinombala, Kapolda Sulawesi Tengah Rudy Sufahriadi mengungkap bahwa aparat kesulitan mengejar sisa anggota kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) yang berjumlah tujuh orang. Sulitnya pengejaran karena daerah yang disisir terlalu luas.

“Pertanyaannya, sisa DPO tujuh orang kok susah sekali? Ketika saya datang ke sini, DPO ada 30 orang. Santoso belum kena. Masalahnya, ketika jumlah mereka masih 30 orang atau 40 orang, ibaratnya luas kolamnya masih sama. Sektor 1, sektor 2, sektor 3 luasnya masih sama. Tempat di ajalan lari semua sama. Waktu itu anggotanya lebih banyak dari sekarang. Kalau kita ibaratkan, kolamnya besar ikannya banyak, yang mencari juga banyak, jadi tangkapannya juga banyak. Sekarang, kolamnya besar, ikannya sedikit, petugasnya juga sedikit. Tapi, kami tetap profesional, artinya kamu terus lakukan pengejaran,” kata Rudy di Poso seperti dikutip dari KBR, Senin (24/07).

Oleh karena itu, Rudy menyarankan kepada tujuh orang yang menjadi anak buah Santoso tersebut untuk menyerahkan diri kepada aparat keamanan.

Sejak 2013 aparat keamanan memburu kelompok MIT pimpinan Santoso. Sebelumnya perburuan itu digelar dengan nama sandi Operasi Camar Maleo, dan kemudian berubah menjadi Operasi Tinombala yang merupakan operasi yang hingga kini masih berlangsung.

Operasi Tinombala dilakukan hampir di seluruh Polres dan Polsek sekitar Poso dan Palu. Di antaranya di kawasan Polsek Parigi Moutong. Polsek Parigi Moutong ini berada di daerah perbatasan antara Palu menuju Poso yang memang menjadi satu-satunya akses lalu lintas menuju ke sana.

BACA JUGA  Wapres JK Akan Resmikan Gedung Pusat Dakwah Hidayatullah

Kapolres Parigi, Siradjudin Ramli mengatakan di jalur Palu-Poso inilah beberapa anggota kelompok Santoso ditangkap. Selain beberapa warga sipil yang ditangkap karena diduga akan ikut menjadi anggota Santoso.

“Operasi ini memang rutin dilakukan dengan jumlah petugas yang tentatif, sesuai kebutuhan. Seperti malam ini dilakukan operasi Tinombala tepat di depan Polsek Parigi. Semua kendaraan yang lewat kami periksa untuk mengetahui tujuan mereka, dan mengantisipasi masuknya warga sipil ilegal. Seperti beberapa bulan lalu kami berhasil mencegah warga asing asal Cina sebanyak empat orang yang berniat bergabung dengan jaringan Santoso,” kata Siradjudin, di Parigi Moutong, Selasa (25/07).

Kendati Operasi Tinombala masih berlangsung, Kapolda Sulawesi Tengah Rudy Sufahriadi mengklaim, Poso saat ini sudah dapat dikatakan aman. Ia mengatakan kepolisian menerapkan pendekatan secara halus kepada masyarakat agar masyarakat tidak merasa canggung dan tetap memiliki kedekatan emosional.

“Kami lakukan pendekatan lunak, bukan hanya kepada masyarakat tapi juga kepada keluarga teroris yang sudah tertangkap. Kami lakukan pembinaan agar mereka tidak mengikuti paham terorisme seperti yang lain. Salah satunya pendekatan kami lakukan dengan mengajar mengaji, memberi bantuan door to door, dan pendekatan lainnya,” kata Rudy.

Sumber: KBR
Redaktur: Ibas Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afrika

Pejabat Somalia: Serangan Al-Syabab Tewaskan 11 Tentara

Sedikitnya 11 tentara Somalia tewas dan sejumlah lainnya luka-luka ketika konvoi militer mereka secara mendadak diserang oleh pejuang-pejuang al-Syabab di sebuah desa di sebelah barat daya ibukota Mogadishu. Demikian menurut sumber resmi pejabat-pejabat Somalia pada hari Ahad (30/07).

Senin, 31/07/2017 14:51 0

Wawancara

KontraS: Perppu Pembubaran Ormas Berpotensi Timbulkan Konflik

Pernyataan-pernyataan sporadis ini akan sangat berbahaya kalau dia tidak dikeluarkan secara baik, tidak dilakukan dengan parameter-parameter yang terukur. Karena nanti publik masyarakat akan dengan sangat mudah menerjemahkan dengan subjektivitasnya masing-masing, itu termasuk ini.

Senin, 31/07/2017 13:54 0

Asia

Aparat Keamanan Thailand Bubarkan Aksi “Free Palestine”

Aparat keamanan Thailand membubarkan aksi solidaritas untuk Palestina yang diselenggarakan oleh Federasi Mahasiswa Muslim Thailand. Aksi tersebut dianggap telah melanggar undang-undang NCPO (National Council for Peace and Order) terkait keamanan nasional.

Senin, 31/07/2017 13:43 0

Asia

Dikira Teroris, Mobil Warga Patani Ditembaki Militer Thailand

Wartawan lokal Pattani melaporkan bahwa, sekitar pukul 19.30 WAP yang lalu, kepolisian daerah Mayo, provinsi Pattani dilaporkan bahwa tentara menembak mobil sipil akibat salah paham menduga yang bersangkutan sebagai kelompok teroris saat mengemudi mobil melalui pos pemeriksaan menyebabkan 3 terluka dikirim ke rumah sakit daerah Mayo.

Senin, 31/07/2017 13:12 0

Analisis

Proyek Batubara Thepa, Demi Pembangunan atau Memelihara Konflik Patani?

Akhirnya sampai titik ini tanda pertanyaan besar bahwa dalam penyelesaian konflik Patani di selatan Thailand, dilaksanakan militer, tak kiprah sejajar jalan, begitu Pembangkit Listrik Tenaga Batubara Thepa ini, “Untuk Pembangunan atau lebih mengobarkan lagi api konflik Selatan Thailand berterusan.”

Senin, 31/07/2017 12:51 0

Artikel

Saat Ini Terjadi Penurunan Daya Beli Masyarakat, Mitos atau Fakta?

Saya ingin menanggapi beberapa pendapat yang menyatakan bahwa kelesuan ekonomi saat ini tidak ada hubungannya dengan penurunan daya beli masyarakat.

Senin, 31/07/2017 11:45 0

Qatar

“Tentara Siber Saudi” Retas Website Syaikh Yusuf Qardhawi

Website dan akun resmi Syaikh Yusuf Qardhawi diretas pada Ahad (30/07). Peretas menamakan diri “Tentara Elektronik Saudi”.

Senin, 31/07/2017 10:14 0

Iran

Jamaah Haji Asal Iran Mulai Diberangkatkan

Pemerintah Iran, Ahad (30/07), melepas penerbangan pertama jamaah haji tahun ini menuju Arab Saudi. Tahun lalu, Iran tidak memberangkatkan jamaah haji menyusul putusnya hubungan diplomatik antara Saudi dan Teheran.

Senin, 31/07/2017 09:18 0

Suriah

Pertemuan Dewan Rekonsiliasi Ahrar dan Tahrir Al-Syam Diteror Bom

Juru bicara militer Ahrar Al-Syam, Umar Khattab, menegaskan bahwa insiden itu terjadi saat Dewan Rekonsiliasi berkumpul di desa An-Najar, pedesaan Aleppo selatan. Pertemuan ini sendiri atas inisiatif para pemuka suku setempat dan ditindaklanjuti antara kedua faksi.

Senin, 31/07/2017 07:41 0

Arab Saudi

Arab Saudi Undang Pemimpin Syiah Irak

Pemimpin organisasi Syiah Irak, Muqtada al-Sadr, mengunjungi Arab Saudi pada Ahad (20/07). Kunjungan yang jarang terjadi ini dilakukan atas undangan pemerintah Saudi, sebagaimana dalam pernyataan al-Sadr seperti dilansir Al-Jazeera.

Senin, 31/07/2017 06:15 0

Close