... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

MUI Tegas Haramkan Penggunaan Dana Haji untuk Infrastruktur

Foto: Gedung MUI Pusat.

KIBLAT.NET, Jakarta- Perintah Presiden Joko Widodo untuk menginvestasikan dana haji sebagai pembangunan infrastruktur dinilai tidak tepat. Menurut MUI, penggunaan dana haji tidak halal bila dipakai di luar keperluan haji.

Hal itu ditegaskan oleh Wakil Ketua Komisi Hukum MUI, Ikhsan Abdullah dalam pernyataan tertulis yang diterima Kiblat.net. Ikhsan menjelaskan bahwa dana haji merupakan tabungan haji milik umat yang disimpan di bank pemerintah atas rekomendasi kemenag.

“Pemerintah wajib hukumnya memperoleh izin dan persetujuan dari semua pemilik dana haji,” tegas Ikhsan, Sabtu (29/07).

Ia menekankan, jika dana itu digunakan untuk keperluan di luar urusan penyelenggaraan haji, maka hal itu menjadi tidak halal alias kebijakan itu telah merengut hak umat yang mengamanahkan dana haji tersebut melalui bank.

Ikhsan yang juga Direktur Eksekutif Indonesia Halal Watch menjelaskan alasan kenapa pemerintah harus izin kepada umat. Menurutnya, pemerintah tidak memiliki dasar pijakan atau kesepakatan pemilik uang dalam penggunaan dana haji untuk kepentingan lain.

“Tanpa persetujuan umat pemilik dana haji tersebut, apa lagi BPKH maka hukumnya tidak halal,” ujar dia.

Selain itu, dasar hukum pemerintah tidak boleh menggunakan dana haji ada di fiduciaryyang terkodifikasi di UU No 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah.

“Jadi saat umat Islam yang akan berhaji menyetor dana tersebut di bank yang ditunjuk sudah sangat jelas tertera beritanya untuk setoran dana haji,” katanya.

Ke depannya, jika terjadi sesuatu terhadap dana haji yang tersimpan di bank, Ikhsan menuntut agar pihak perbankan berani dan wajib bertanggung jawab. “Karena bank harus menjalankan prinsip prudensial sesuai UU Perbankan.” tukasnya.

 

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Syafi’i Iskandar

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berita Lainnya

Turki

Solidaritas Istanbul untuk Palestina: Al-Quds adalah Sumber Kehormatan bagi Turki

Unjuk rasa diadakan di Istanbul pada Jumat (28/07) sebagai bentuk solidaritas untuk rakyat Palestina dalam mempertahankan Al-Aqsa dari Israel.

Sabtu, 29/07/2017 20:30 0

Philipina

Pengungsi dari Daerah Sekitar Marawi Diizinkan Pulang

Pemerintah Filipina secara bertahap telah memberikan lampu hijau kepada pengunsi yang berasal dari beberapa daerah yang jauh dari zona konflik.

Sabtu, 29/07/2017 19:35 0

Yaman

WHO: Kolera Telah Membunuh 1.992 Penduduk Yaman

Jumlah tersebut merupakan data yang diperoleh oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sejak akhir April WHO kemudian merilis laporan tersebut Selasa (25/07).

Sabtu, 29/07/2017 19:19 0

Palestina

Israel Cabut Batasan Usia ke Al-Aqsa, “Kami Menang!” Sorak Umat Islam

Pengumuman datang hanya beberapa jam sebelum shalat Jumat dimulai. Keputusan itu langsung disambut sorak gembira oleh lebih dari 10 ribu umat Islam yang menanti di luar gerbang Al-Aqsa.

Sabtu, 29/07/2017 16:01 0

Khazanah

Inilah Alasan Medis Adanya Larangan Menikahi Saudara Sepersusuan

Berbagai kajian ilmiah menyatakan bahwa dalam ASI terdapat antibodi yang bila disusukan akan merangsang pembentukan antibodi pada tubuh anak yang disusuinya. Ini bisa terjadi setelah beberapa kali susuan, antara tiga sampai lima kali susuan yang mengenyangkan. Dan inilah ukuran dosis yang harus terpenuhi untuk pembentukan antibodi pada tubuh manusia.

Sabtu, 29/07/2017 13:31 0

Yordania

Warga Yordania Demo Tuntut Kedutaan Israel Ditutup

Ratusan warga Yordania, Jumat (28/07), menggelar demonstrasi di kawasan Ar-Rabiyah, dekat Kedutaan Besar Israel di ibukota Amman. Mereka meluapkan kemarahan atas tewasnya rekan mereka di tangan pasukan penjaga kedutaan Israel beberapa hari lalu.

Sabtu, 29/07/2017 08:05 0

Irak

Anggota ISIS di Irak Diperkirakan Masih Tujuh Ribu

Para pejabat Irak menyebut sebanyak tujuh ribu anggota Daulah Islamiyah (ISIS) masih berada di Irak. Pengumuman ini dikeluarkan beberapa pekan setelah ibukota ISIS, Mosul, berasil direbut.

Sabtu, 29/07/2017 07:13 0

Arab Saudi

Lagi, Syiah Hutsi Tembakan Rudal ke Makkah Jelang Ibadah Haji

Angkatan udara Arab Saudi berhasil menangkis serangan rudal balistik yang diluncurkan oleh milisi Hutsi Yaman.

Jum'at, 28/07/2017 18:39 0

Palestina

Israel Larang Pria Dibawah 50 Tahun Jumatan di Al-Aqsa

Pihak keamanan Israel melarang pria dibawah 50 tahun untuk mengikuti solat Jumat berjamaah di Al-Aqsa.

Jum'at, 28/07/2017 18:00 0

Palestina

Korban Tewas Akibat Timah Panas Israel Bertambah

Nyawa Muhammad Kanan tak terselamatkan setelah tiga hari tak sadarkan diri akibat timah panas pasukan Israel yang membidik kepalanya

Jum'at, 28/07/2017 16:30 0