... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Inilah Alasan Medis Adanya Larangan Menikahi Saudara Sepersusuan

Foto: ilustrasi

 

KIBLAT.NET – Penyusuan atau menyusui dalam istilah bahasa Arab disebut dengan radha’ah. Maknanya, penyusuan bayi yang belum berusia dua tahun dilakukan oleh perempuan selain ibu kandungnya. Dalam Islam, radha’ah memiliki efek hukum yang menjadikan hubungan mahram antara bayi disusui  dan ibu yang menyusui serta anak-anaknya ibu yang menyusui tersebut. Sehingga antara saudara sepersusuan dilarang menikah. Hal ini berdasarkan firman Allah,

وَأُمَّهَاتُكُمُ اللاَّتِي أَرْضَعْنَكُمْ وَأَخَوَاتُكُم مِّنَ الرَّضَاعَةِ

“..Ibu-ibumu yang menyusui kamu, saudara perempuan sepersusuan….” (Qs. an-Nisa: 23).

Juga berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,

يَحْرُمُ مِنَ الرَّضَاعَةِ مَا يَحْرُمُ مِنَ النَّسَبِ

“Hal-hal dari hubungan persusuan diharamkan sebagaimana hal-hal tersebut diharamkan dari hubungan nasab.” (HR. Bukhari: 2645)

Berbagai kajian ilmiah menyatakan bahwa dalam ASI terdapat antibodi yang bila disusukan akan merangsang pembentukan antibodi pada tubuh anak yang disusuinya. Ini bisa terjadi setelah beberapa kali susuan, antara tiga sampai lima kali susuan yang mengenyangkan. Dan inilah ukuran dosis yang harus terpenuhi untuk pembentukan antibodi pada tubuh manusia.

Demikian pula yang terjadi pada hewan percobaan baru-baru ini yang sistem kekebalannya belum terbentuk secara sempurna. Saat menyusu, ia mendapatkan beberapa sifat turunan khusus yang bersifat antibodi dari susu yang diminumnya. Selanjutnya ia akan memiliki beberapa sifat turunan yang mirip dengan saudara laki-laki atau saudara perempuan sesusuannya.

Telah ditemukan bahwa keberadaan partikel-partikel antibodi ini berpeluang menimbulkan gejala-gejala penyakit terhadap orang yang menikahi saudara sesusuannya. Berdasarkan paparan ini, kita mendapatkan hikmah yang terkandung dalam syariat Islam yang telah disebut di atas. Yaitu melarang kita menikahi saudara sesusuan dengan kadar lima kali susuan yang mengenyangkan.

Kekerabatan dari jalur persusuan tetap berlaku dan berpindah pada anak keturunan. Unsur pokok dalam persoalan ini adalah pada agen genetika yang juga turut berpindah. Maknanya, kekerabatan persusuan ada karena adanya perpindahan genetika dari susu ibu dan penetrasiannya pada sel-sel anak yang disusuinya serta penggabungan pada silsilah genetika anak yang disusui.

Subhanallah, sungguh apa yang ditetapkan dalam Al-Qur’an dan Hadis semuanya ada hikmah dan terkadang manusia belum mengetahuinya. Tidak ada satu pun hukum dalam Islam kecuali itu membawa kepada kemaslahatan hidup bersama, di dunia maupun di akhirat. Wallahu a’lam bishawab!

 

Fakhruddin

Disadur dari Buku; Tibbun Nabawi, Karya Subhi Sulaiman, Penerbit Istanbul, Solo

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Yordania

Warga Yordania Demo Tuntut Kedutaan Israel Ditutup

Ratusan warga Yordania, Jumat (28/07), menggelar demonstrasi di kawasan Ar-Rabiyah, dekat Kedutaan Besar Israel di ibukota Amman. Mereka meluapkan kemarahan atas tewasnya rekan mereka di tangan pasukan penjaga kedutaan Israel beberapa hari lalu.

Sabtu, 29/07/2017 08:05 0

Irak

Anggota ISIS di Irak Diperkirakan Masih Tujuh Ribu

Para pejabat Irak menyebut sebanyak tujuh ribu anggota Daulah Islamiyah (ISIS) masih berada di Irak. Pengumuman ini dikeluarkan beberapa pekan setelah ibukota ISIS, Mosul, berasil direbut.

Sabtu, 29/07/2017 07:13 0

Indonesia

Delegasi Aksi 287 Sampaikan Gugatan Perppu Ormas ke Mahkamah Konstitusi

Ketua Advokasi GNPF-MUI Kapitra Ampera, menyampaikan gugatan uji materi Perppu no 2 Tahun 2017 Tentang Ormas di hadapan Mahkamah Konstitusi.

Jum'at, 28/07/2017 22:00 0

Indonesia

Ini 5 Resolusi yang Disampaikan Presidium Alumni 212 di Aksi 287 kepada MK

Ketua Presidium Alumni 212, Slamet Ma'arif membacakan resolusi Aksi 287 di depan awak media seusai mengajukan gugatan uji materi Perppu no 2 tahun 2017 kepada pihak Mahkamah Konstitusi di gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta Pusat.

Jum'at, 28/07/2017 21:50 0

Indonesia

Soal Al-Aqsa, Menlu Retno: Kita Tidak Bisa Berdiam Diri

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno LP Marsudi menyatakan bahwa Indonesia tidak bisa berdiam diri atas tindakan kekerasan yang dilakukan oleh Israel terhadap Palestina di komplek Al-Aqsa.

Jum'at, 28/07/2017 21:41 0

Indonesia

Dua Pekan Mogok Makan di Penjara, Begini Kondisi Hidayat Menurut Dokter

Di ujung pekan kedua aksinya tersebut, Hidayat mengeluhkan akan kondisi tubuhnya.

Jum'at, 28/07/2017 21:33 0

Indonesia

Keempat Anak Hidayat Tak Ketahui Sang Ayah Sedang Dipenjara

Saat disinggung soal anaknya, apakah mengetahui jika ayahnya dipenjara, Rahayu menjawab tidak. Ia mengatakan, ada dua anak yang di pesantren dan sengaja tidak diberi informasi jika Hidayat di penjara.

Jum'at, 28/07/2017 21:20 0

Indonesia

Besuk Hidayat di Penjara, Al-Khaththath Sarankan Puasa

Sekjen Forum Umat Islam (FUI), Ustadz Muhammad Al-Khaththath membesuk Muhamamd Hidayat di Rutan Polda Metro Jaya, Jakarta pada Kamis (27/07).

Jum'at, 28/07/2017 21:09 0

Indonesia

Kapitra Bantah Gugatan Uji Materi Perppu untuk Bela HTI

"Perppu itu tidak memuat nama HTI. Perppu itu berlaku bebas dari Sabang sampai Merauke," ungkapnya di kantor Mahkamah Konstitusi, Jl. Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jum'at (28/07).

Jum'at, 28/07/2017 21:00 0

Indonesia

Masyarakat Palu Dukung Judicial Review Yusril Terhadap Perppu Ormas

Dalam aksinya, massa menyuarakan dukungan kepada Prof. Yusril Ihza Mahendra untuk mengajukan gugat judicial review perppu tersebut kepada MK.

Jum'at, 28/07/2017 20:53 0