Anggota ISIS di Irak Diperkirakan Masih Tujuh Ribu

KIBLAT.NET, Baghdad – Para pejabat Irak menyebut sebanyak tujuh ribu anggota Daulah Islamiyah (ISIS) masih berada di Irak. Pengumuman ini dikeluarkan beberapa pekan setelah ibukota ISIS, Mosul, berasil direbut.

Kantor berita Associated Press melaporkan, melansir dari intelijen dan Departemen Pertahanan Irak, mengatakan masih terdapat empat ribu pejuang dan tiga ribu pasukan pendukung ISIS di Irak. Sementara masih ada tujuh ribu pejuang dan lima ribu pasukan pendukung di Suriah.

PM Irak, Haidar Al-Abadi, 10 Juli lalu, mengumumkan merebut seluruh Mosul setelah operasi militer yang berlangsung selama tujuh bulan. Dua hari kemudian, koalisi pimpinan AS mengumumkan bahwa operasi di Irak belum berakhir. Komandan koalisi AS mengatakan akan terus memburu ISIS dan mencegah mereka berkembang kembali.

Direktur Pusat Kontra Terorisme AS, Nick Rasmussen, pekan lalu juga memperingatkan bahwa ISIS masih mengancam keamanan meskipun mereka banyak kehilangan wilayah. Yang paling ditakutkan, mereka memiliki kemampuan menyerang di negara Barat.

Sebelumnya, Dephan AS mengatakan bahwa pertempuran di Irak dan Suriah telah mengurangi jumlah anggota ISIS sebanyak 15 ribu anggota. Pentagon memperkirakan pada 2014 jumlah anggota ISIS seluruhnya sebanyak 31 ribu.

Intelijen Irak juga menegaskan bahwa Abu Bakar Al-Baghdadi, pemimpin ISIS, masih hidup. Namun tidak diketahui keberadaannya.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat