... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pemuda Muhammadiyah: Perppu Ormas Hianati Pancasila

Foto: Ketua PP Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak

KIBLAT.NET, Jakarta – Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak menyebut dikeluarkannya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Organisasi Kemasyarakatan telah menghianati Pancasila. Lewat Perppu ini, Pancasila dan NKRI hanya dijadikan narasi propaganda.

Dahnil mengaku sepakat dengan upaya pemberantasan kelompok-kelompok yang berupaya merongrong NKRI. Namun, pihaknya tak setuju dengan penerbitan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 2 tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan. “Jika terkait dengan Perppu tentu kita tidak sepakat, karena Perppu justru mengkhianati Pancasila itu sendiri,” ungkapnya kepada Kiblat.net di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta, Rabu (26/07).

Dahnil menyebut sila Pancasila yang dikhianati dengan adanya Perppu itu adalah sila keempat. Seperti diketahui, salah satu yang diatur dalam Perppu Nomor 2 tahun 2017 adalah tentang pembubaraan Ormas yang tak lagi melalui pengadilan. Menurutnya, melalui pengadilan akan ada kesempatan bagi pihak yang dituduh untuk melakukan klarifikasi.

Dia pun dengan tegas menyebut Perppu tersebut sebagai ancaman demokrasi. “Bahkan sesungguhnya ini ancaman serius buat Pancasila itu sendiri. Jadi, kita sejak awal menyebutkan, jangan sampai upaya untuk melindungi Pancasila dan NKRI tapi sejatinya justeru sedang menghianati Pancasila dan NKRi itu sendiri,” tambahnya.

“Jadi, Pancasila dan NKRI digunakan menjadi narasi-narasi propaganda, dan itu bukan substansi dari demokrasi itu sendiri, itu yang kita sayangkan,” tandas Dahnil.

Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 2 tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan yang diterbitkan pemerintah telah mengundang penolakan keras dari sebagian masyarakat. Hizbut Tahrir Indonesia menjadi ormas pertama yang dibubarkan dengan Perppu tersebut. Sejumlah kalangan saat ini tengah mengajukan gugatan uji materi ke Mahkamah Konstitusi (MK).

BACA JUGA  Explore Kampanyekan Peduli Lingkungan di Muslim United

Reporter: Qoid
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Turki

Erdogan: Israel Ingin Menghancurkan Karakter Islam di Al-Quds

residen Turki Recep Tayyip Erdogan menegaskan langkah Israel untuk memindahkan detektor logam dari pintu masuk kompleks Haram al-Sharif tidak cukup.

Kamis, 27/07/2017 12:15 0

Suriah

Klaim Sepihak Hizbullah Terbantahkan oleh Rilis Hasil Pertempuran HTS

Gerak maju Hizbullah di area Jurud Arsal, Lebanon, membuat milisi Syiah itu merasa di atas angin dan dengan “pede-nya” mengeluarkan ultimatum kepada pejuang-pejuang jihadis Sunni.

Kamis, 27/07/2017 11:32 0

Suriah

Tahrir Syam Tembak Jatuh Drone Syiah Hizbullah di Suriah

Penggunaan drone komersial berukuran kecil yang bisa dimodifikasi dan dilengkapi dengan senjata berbahan peledak oleh Syiah Hizbullah, dan kelompok-kelompok jihadis Sunni lainnya menunjukkan bahwa “dukungan udara” bisa dibangun dengan biaya murah. Berbeda dengan drone Amerika jenis Reaper maupun Predator, drone komersial ini sangat taktis dan terbang dengan elevasi relatif rendah sehingga tidak bisa terdeteksi oleh radar konvensional.

Kamis, 27/07/2017 10:19 0

Palestina

Ini Jawaban Hamas atas Putusan Terbaru Uni Eropa

Pernyataan tersebut sebagai tanggapan atas keputusan Pengadilan Uni Eropa pada Rabu (26/07) yang menetapkan Hamas masih dalam daftar organisasi dan entitas teroris.

Kamis, 27/07/2017 08:37 1

Afrika

Helikopter Serbu Jerman Jatuh di Mali, Pilotnya Tak Selamat

Setidaknya dua pilot militer Jerman tewas setelah helikopter yang mereka kemudikan jatuh di wilayah Gao, Mali. Belum diketahui penyebab jatuhnya helikopter yang tergabung dalam misi perdamaian PBB itu. Saat insiden terjadi, helikopter tersebut tengah memantau pertempuran antara pasukan PBB dan jihadis.

Kamis, 27/07/2017 07:38 0

Eropa

Berjuang di Palestina, Uni Eropa Tetap Masukkan Hamas dalam Daftar Teroris

Pengadilan Tinggi Eropa memutuskan bahwa gerakan perlawanan Palestina, Hamas akan tetap berada dalam daftar teror Dewan Eropa.

Rabu, 26/07/2017 17:25 0

Editorial

Manis Slogan Rezim Tiran

Kini, slogan-slogan seperti 'fundamentalisme', 'pengubah dasar negara', 'anti Pancasila', kembali berkumandang. Menyasar para oposan dan suara masyarakat yang kritis dan vokal. Tentang ini, Snyder berpesan agar masyarakat jangan pernah abaikan pemakaian kata-kata, bahasa, dan simbol-simbol yang menyiratkan arah perubahan politik.

Rabu, 26/07/2017 15:25 0

Palestina

CCTV di Al-Aqsa Lebih Berbahaya dari Detektor Logam, Ini Alasannya

Bagi orang-orang Palestina, masalah memasang kamera di pintu masuk ke kompleks Masjid Al-Aqsha adalah manifestasi lain dari kontrol Israel atas tempat suci tersebut.

Rabu, 26/07/2017 14:54 0

News

Al-Shabab: Trump Presiden Terbodoh yang Pernah Dimiliki Amerika

Pernyataan tersebut dikeluarkan dalam sebuah video, yang menurut SITE Intelligence Group dirilis pada Ahad (23/07). Dalam rilis Al-Shabab tersebut, juga ditampakkan sebuah video yang diposting Trump di Twitter-nya. Video yang sempat viral dan menuai kecaman itu menampakkan serangan Trump kepada media CNN, karena dianggap sebagai penyebar berita palsu.

Rabu, 26/07/2017 14:00 0

Tazkiyah

Pasukan Mujahidin yang Berjalan di Atas Air

Tatkala penduduk Persi melihat pasukan kaum Muslimin, mereka berkeliling di tepi sungai sembari berteriak, “Orang-orang gila, orang-orang gila. Demi Allah, kalian tidak memerangi manusia, tetapi memerangi jin.”

Rabu, 26/07/2017 11:26 3

Close