Milisi Kurdi Klaim Sudah Bebaskan 45% Raqqah

KIBLAT.NET, Raqqah – Pasukan Demokratik Suriah, aliansi milisi Kurdi Suriah, mengumumkan operasi militer dengan sandi “Kemarahan Efrat” untuk memerangi Daulah Islamiyah (ISIS) telah merebut wilayah luas di Raqqah. dalam pernyataan pada Senin (24/07), milisi dukungan AS itu mengklaim telah mengambil alih sebesar 45% provinsi Raqqah.

“Pasukan Demokratik Suriah merebut 45% dari kota Raqqah setelah berhasil memecah garis kedua pertahanan (ISIS) selam 47 hari pertempuran,” tulis juru bicara operasi “Kemarahan Efrat”, Jihan Syaikh Ahmad, di akun resmi Facebook seperti dinukil enabbaladi.com, Senin.

Di sisi lain, portal enabbaladi.com yang memiliki jaringan wartawan di Suriah mengatakan sulit mengonfirmasi klaim tersebut dari sumber independen. Sementara itu, pertempuran sengit masih berlangsung hingga hari ini.

Operasi “Kemarahan Efrat” dimulai awal bulan Mei lalu. Operasi yang dikomando milisi alinasi milisi Kurdi dan didukung penuh oleh AS ini telah merebut sebanyak delapan kawasan di Raqqah, sebagaimana yang sudah terkonfirmasi.

Menurut Jihad Syaikh Ahmad, pertempuran saat ini masi berlangsung di enam kawasan lainnya. Kawasan itu berada di selatan dan tenggara Raqqah.

Di waktu yang sama, aktivis melaporkan sejumlah pelanggaran yang dilakukan milisi kontra ISIS itu. Milisi Kurdi melakukan penyiksaan, pengusiran dan kejahtan lainnya terhadap warga sipil selama pertempuran.

Kota Raqqah sendiri terdiri dari 26 kawasan utama. AS dan milisi Kurdi menggunakan cara yang sama dalam pertempuran di Irak.

Sumber: enabbaladi.net
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat