... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Terorisme di Indonesia Ibarat Singa Sirkus, Kata Almarhum KH Hasyim Muzadi

Foto: Simulasi penanganan terorisme

KIBLAT.NET, Jakarta – Kesan mendalam terhadap sosok KH Hasyim Muzadi juga terungkap dari Komisioner Komnas HAM Maneger Nasution. Sebuah pernyataan tegas tentang terorisme di Indonesia pernah dilontarkan mantan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) itu.

Komisioner Komnas HAM Maneger Nasution turut memberikan testimoninya tentang KH Hasyim Muzadi dalam Gerakan Indonesia Beradab (GIB) Award, Sabtu (22/07). Maneger menyebut mantan Ketua Umum PBNU sebagai sosok yang luar biasa.

Maneger mengungkapkan kesan mendalam dari almarhum KH Hasyim Muzadi muncul ketika dia menangani kasus kematian Siyono, pria asal Klaten yang terbunuh di tangan Densus 88 Anti Teror Polri. Saat itu, sejak awal polisi menyebut kematian Siyono karena berkelahi dengan anggota Densus.

Akhirnya Komnas HAM membentuk tim pencari fakta gabungan dengan elemen masyarakat yang lain, termasuk Muhammadiyah. Tim pencari fakta itu kemudian melakukan autopsi untuk mengungkap penyebab kematian Siyono yang sebenarnya. Sebanyak 13 dokter ahli forensik diterjunkan untuk melakukan autopsi.

Hasil dari autopsi ternyata menyebutkan hal yang berkebalikan dari pernytaan polisi. Hasil autopsi mengungkap bahwa Siyono meninggal bukan karena berkelahi, tapi karena tulang rusuknya patah dan menembus jantungnya.

“Dalam catatan saya sebagai ketua tim, sudah ada 119 anak bangsa yang mati karena stigma terorisme. Siyono menjadi yang ke 120,” ungkap Maneger.

Menurut Maneger, sejak pengungkapan kasus itu Komnas HAM mendapat tekanan besar dari banyak pihak. Namun, saat bertemu dengan KH Hasyim Muzadi yang menjabat sebagai Wantimpres pihaknya mendapat dukungan. Bahkan, KH Hasyim Muzadi mengeluarkan pernyataan tegas terkait fenomena terorisme di Indonesia.

BACA JUGA  Masyarakat Masih Nekat Berkumpul, MIUMI Aceh: Meremehkan Himbauan Medis dan Ulama Menyalahi Syariat

“Kata beliau, terorisme di Indonesia ini dibuat ibarat singa sirkus. Ia akan melakukan sesuai dengan arahan pelatihnya,” kata Maneger menirukan pernytaan KH Hasyim Muzadi.

Komisioner Komnas HAM itu menyebut pernyataan itu luar biasa. Dengan menyitir hadits nabi, pernyataan yang dimaksudkan sebagai nasihat kepada penguasa itu diibaratkannya sebagai jihad yang utama.

“Pernyataan KH Hasyim Muzadi seperti itu saat menjabat sebagai Wantimpres itu saya pahami sebagai afdhalul jihad,” ujar Maneger.

Reporter: Imam S.
Editor: Wildan Mustofa

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Palestina

Mahmoud Abbas Bekukan Seluruh Kontak Pemerintah Israel

Presiden Otoritas Palestina, Mahmoud Abbas mengumumkan bahwa pimpinan Palestina akan membekukan semua kontak dengan Israel

Sabtu, 22/07/2017 17:54 0

Suriah

Oposisi Moderat Kecam Penghentian Bantuan Senjata CIA Oleh Washington

ereka mengatakan tidak adanya pengiriman senjata dari AS akan dengan cepat menyebabkan jatuhnya oposisi “moderat” FSA.

Sabtu, 22/07/2017 17:28 0

Palestina

Izzudin Al-Qossam: Israel Telah ‘Menyalakan Bara yang Tertimbun Abu’

Abu Ubaidah menjelaskan bahwa agresi di Al-Aqsha dan Yerusalem akan kembali menyalakan perang panjang dan memicu intifada yang sempat terhenti di Palestina.

Sabtu, 22/07/2017 16:45 1

Palestina

Negara Islam Didesak Ambil Langkah Cepat Selamatkan Al-Aqsha

Negara Islam didesak untuk mengadakan pertemuan guna merumuskan strategi untuk menghadapi penjajahan Israel terhadap Al-Aqsha.

Sabtu, 22/07/2017 16:10 0

Turki

Puluhan Dokter Suriah Ikuti Pelatihan Cara Tangani Korban Kimia

Pengalaman yang pernah mereka alami mendorong untuk ikut serta pelatihan ini. Mereka mengungkapkan bahwa serangan kimia yang pernah terjadi juga mencederai rekan-rekannya yang mengevakuasi korban.

Sabtu, 22/07/2017 14:09 0

Fikih

Shalat Sendiri di Belakang Shaf, Apa Hukumnya?

KIBLAT.NET - Ketika seseorang masuk masjid, namun ternyata shaf sudah terisi penuh dan tidak menemukan tempat, apakah ia shalat di belakang shaf sendirian, ataukah menarik seseorang untuk berdiri bersamanya, ataukah menunggu orang lain datang?

Sabtu, 22/07/2017 13:36 0

Syam

Aksi Bela Al-Aqsha Berlangsung di Berbagai Belahan Negara Muslim

Di ibukota Yordania, Amman, ribuan orang berkumpul di depan Masjid Al-Husaini di pusat ibukota. Mereka kemudian menggelar aksi jalan kaki dan membawa poster bertulis “Intifadhah berlanjut sampai Al-Quds bebas”, “Kita semua berkorban untuk Al-Aqsha” dan “Al-Aqsha adalah masalah akidah”.

Sabtu, 22/07/2017 09:07 0

Palestina

Tiga Gugur dan Ratusan Terluka dalam Aksi “Jumat Kemarahan” di Al-Quds

Aksi “Jumat kemarahan” diikuti oleh ribuan umat Islam. Massa menggelar Salat Jumat di jalan-jalan di kota Al-Quds untuk menolak pemasangan pintu metal detector di gerbang Masjid Al-Aqsha dan pemeriksaan ketat setiap jamaah yang ingin masuk.

Sabtu, 22/07/2017 08:12 0

Afghanistan

Lagi, Serangan Jet AS di Afghanistan Hantam Rekan Sendiri

Sejumlah anggota pasukan keamanan Afghanistan tewas setelah jet tempur pasukan internasional menargetkan kamp mereka di wilayah Helmand, Afghanistan selatan, pada Jumat (21/07). Dalam keterangan resmi, pasukan NATO mengatakan bahwa itu merupakan serangan salah sasaran.

Sabtu, 22/07/2017 07:25 0

Arab Saudi

Saudi Beri Izin Jamaah Haji Asal Qatar, Tapi dengan Syarat

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi akhirnya mengeluarkan pernyataan terkait calon jamaah haji asal Qatar. Saudi membolehkan jamaah haji dan umrah asal negara yang diblokade itu dengan syarat berangkat melalui udara. Pesawat yang digunakan pun harus maskapai selain milik Qatar.

Jum'at, 21/07/2017 16:45 0

Close