... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

HRW: Militer Irak Eksekusi Sipil yang Lari dari Mosul

KIBLAT.NET, Mosul – Organisasi Human Rights Watch (HRW) melaporkan bahwa pasukan Irak terlibat dalam kejahatan eksekusi mati warga sipil yang melarikan diri pertempuran di Mosul barat, lokasi terakhir pertempuran antara ISIS dan militer Irak di Mosul. Bahkan, mereka membuat tempat khusus untuk mengeksekusi.

Dalam pernyataan yang dirilis pada kemarin (Rabu, 19/07), HRW menunjukkan bahwa para pengamat internasional menemukan lokasi eksekusi di dekat kawasan Mosul Tua (pusat kota Mosul barat) dan sekitarnya. Dari bukti-bukti yang dikumpulkan, militer Irak mengeksekusi para lelaki di Mosul dalam fase pertempuran terakhir di kota itu.

Laporan tersebut menyatakan bahwa pada tanggal 17 Juli, para aktivis kemanusiaan internasional memberikan bukti dokumentasi pelaksanaan eksekusi massal. Berdasarkan bukti video itu, diketahui lokasi eksekusi di sebuah ruangan kios yang sudah tidak dipakai di kawasan Matakhim di Mosul Tua yang direbut dari ISIS pada April sebelumnya. Terlihat 17 jasad laki-laki berpakaian sipil tanpa alas kaki dan berlumuran darah. Tangan mereka terikat ke punggung dan mata mereka terpejam.

Menurut video tersebut, pemilik toko melihat anggota Brigade 16 Militer Irak berada di kawasan itu empat malam sebelumnya. Mereka membawa kendaraan. Selama empat malam itu, pemilik toko yang rumahnya tak jauh mendengar banyak tembakan dari kiosnya yang telah kosong. Pada pagi di hari kedua, ketika anggota Brigade 16 meninggalkan lokasi, ia mencoba melihat ke ruangan tersebut. Banyak jasad bergelimpangan dengan luka tembak.

BACA JUGA  AS Mulai Kosongkan 15 Pangkalan Militer di Irak

Para pengamat internasional menambahkan, seperti disebutkan dalam pernyataan HRW, anggota Brigade 9 militer Irak juga menangkap 12 laki-laki dari kawasan Mosul Tua karena dituduh anggota ISIS. Belasan laki-laki itu dibawa ke tempat yang cukup jauh sehingga tak terlihat, kemudian terdengar suara tembakan dari arah para lelaki tersebut dibawa.

HRW menambahkan bahwa pihaknya juga menerima bukti dokumentasi video yang menunjukkan tentara Irak menendangi sejumlah pria penuh darah. Video lainnya melihatkan anggota polisi federal Irak memukuli tiga pria dan anggota militer lainnya memukuli laki-laki yang sudah tersungkur ke tanah.
Pada bagiannya, Direktur HRW Bagian Timur Tengah Sarah Liyah Tyson mengungkapkan, “di saat PM Haidar Al-Badi merayakan kemenangan di Mosul, ia menutup mata banyaknya bukti-bukti valid tentara melakukan kejahatan perang di Mosul.”

“Kemenangan Al-Abadi akan hancur jika ia tidak mengambil langkah-langkah konkret untuk mengakhiri pelanggaran pasukannya,” imbuhnya.

Sarah menunjukkan, sebagian tentara Irak tampaknya tidak takut menghadapi konsekuensi pembunuhan dan penyiksaan yang mereka lakukan di Mosul. Mereka dengan bangga membagi dan menyebar video kejahatan di Mosul tanpa merasa berdosa.

Sebelumnya, HRW mendesak internasional membentuk komite khusus untuk menyelidiki pelanggaran perang di Mosul, khususnya yang dilakukan militer Irak, koalisi AS dan milisi pendukungnya. HRW mengatakan bahwa pihaknya mendapat banyak bukti terjadi serangan di luar undang-undang yang dilakukan Irak dan koalisi AS.

BACA JUGA  Loyalis Sadr Mulai Serang Demonstran Irak, 5 Orang Tewas

Sumber: Arabi21.com
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

One comment on “HRW: Militer Irak Eksekusi Sipil yang Lari dari Mosul”

  1. Semoga Allah berikan kemudahan2

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Tazkiyah

Amalan Orang Ini Mengungguli Amalan Para Shahabat Rasulullah

“Aku pernah melihat amalan Ibnul Mubarak dan amalan para shahabat. Tidak ada yang mengungguli beliau selain karena mereka adalah shahabat Rasulullah,” ujar Sufyan bin ‘Uyainah.

Kamis, 20/07/2017 18:00 1

Indonesia

Resmi Dibubarkan, HTI Jadi Korban Pertama Perppu Ormas

"Sudah kami duga dari awal bahwa perppu ini akan memakan korban. Dan tentu menjadi hak warga negara untuk melakukan juga perlawanan secara konstitusional,"

Kamis, 20/07/2017 17:56 0

Indonesia

Pemuda Muhammadiyah: Perppu Ormas Ancam Demokrasi Hukum

Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Bidang Hukum, Faisal mengatakan, Perppu Ormas lahir dari kewenangan subyektif presiden.

Kamis, 20/07/2017 17:12 0

Indonesia

Besok, UBN Pimpin Aksi Bela Palestina di Masjid Al-Azhar Jakarta

Berbagai elemen lintas ormas pro-Palestina akan menggelar aksi mendukung pembebasan Palestina dan Masjid Al-Aqsha dari Israel

Kamis, 20/07/2017 16:43 0

Indonesia

Muncul ‘Partai Syariah 212’, GNPF-MUI: Kami Tidak Ada Kaitannya

"Atas nama ketua GNPF-MUI saya belum memikirkan sedikitpun untuk membentuk partai politik. Termasuk sebagai pribadi maupun sebagai lembaga,"

Kamis, 20/07/2017 16:13 0

Indonesia

PKS Desak Pemerintah Berupaya Hentikan Agresi Israel ke Palestina

Sheikh Ikrima Sabri, imam Masjid Al-Aqsa yang menjadi salah satu dari tiga tempat suci umat Islam ditembak usai memimpin shalat pada Selasa (18/07) malam waktu setempat. Hal itu terjadi setelah sebelumnya Israel sempat menutup Masjid Al-Aqsa, lalu memeriksa jamaah shalat dan pengunjung dengan detektor logam.

Kamis, 20/07/2017 15:12 0

Opini

Putus Asa NIA dan Hilangnya Kewarganegaraan Zakir Naik

Pemerintah India telah mencabut paspor Zakir Naik setelah adanya permintaan dari Badan Investigasi Nasional India (NIA). Kini pakar perbandingan agama tersebut tidak memiliki kewarganegaraan.

Kamis, 20/07/2017 14:01 2

Indonesia

Ustadz Umar Makka: Penutupan Al-Aqsa Bentuk Kepanikan Israel

Sekjen Spirit of Aqsa (SoA), ustadz Umar Makka mengatakan bahwa penutupan masjid Al-Aqsa saat ini pertama kali sejak lima puluh tahun. Menurutnya, ini adalah bentuk kepanikan dari Israel.

Kamis, 20/07/2017 13:20 0

Indonesia

MUI Pusat Apresiasi Multaqo Ulama Dunia di Padang

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Prof. Dr. Yunahar Ilyas menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Pertemuan Ulama dan Dai se-Asia Tenggara, Eropa dan Afrika di Padang.

Kamis, 20/07/2017 12:48 0

Foto

Aksi Salat di Luar Masjid Al-Aqsha Masuki Hari Keempat, Begini Suasananya

Umat Islam menolak melalui pintu metal detector yang dipasang Israel di pintu menuju Masjid Al-Aqsha. Mereka pun menggelar salat di luar.

Kamis, 20/07/2017 11:30 0

Close