... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Amalan Orang Ini Mengungguli Amalan Para Shahabat Rasulullah

Foto: Ilustrasi

KIBLAT.NET – Ibnul Mubarak memiliki modal sebesar 400.000 dinar. Ketika berkumpul dengan  seorang alim, beliau akan berbuat baik kepadanya. Keuntungannya dalam setahun bisa mencapai 100.000 dinar. Namun, semua keuntungan tersebut beliau infakkan kepada para ahli ibadah, orang-orang zuhud, dan orang-orang alim.

Aku pernah melihat amalan Ibnul Mubarak dan amalan para shahabat. Tidak ada yang mengungguli beliau selain karena mereka adalah shahabat Rasulullah,” ujar Sufyan bin ‘Uyainah.

Berbeda lagi pendapat Ismail bin Iyasy, “Di muka bumi ini, tidak ada orang yang semisal dengan Ibnul Mubarak. Setiap jenis kebaikan, pasti ada pada diri Ibnul Mubarak. Kata teman-temanku, saat mereka menemani Ibnul Mubarak dari Mesir ke Mekah, beliau memberi mereka makan berupa manisan, sedangkan beliau sendiri selalu berpuasa.”

Suatu ketika beliau pernah mengadakan ibadah haji bersama rombongan. Sesampainya di satu daerah, seekor burung yang mereka bawa mati. Abdullah bin Mubarak pun menyuruh untuk membuangnya di tempat sampah yang ada di situ. Ketika para sahabatnya telah berjalan di depan, beliau melihat seorang anak yang mengambil bangkai itu kemudian lari masuk rumah.

Ibnul Mubarak mendatanginya dan menanyakan keadaannya. Ia tanyakan juga untuk apa ia mengambil bangkai burung itu.

Anak perempuan itu menjawab, “Saya dan saudara saya di rumah ini tidak memiliki sesuatu pun selain sarung ini.  Kami makan apa yang dilemparkan orang ke tempat sampah itu. Sejak beberapa hari yang lalu, bangkai telah menjadi halal bagi kami. Bapak kami sebenarnya berharta, namun ia dizalimi. Hartanya diambil dan ia dibunuh.”

Saat itu Ibnul Mubarak langsung memberikan barangbarang yang dibawanya. Lantas ia berkata kepada wakilnya,

“Berapa uang yang ada pada Anda?”

Wakilnya menjawab, “1000 dinar.”

Lalu beliau berkata, “Ambillah 20 dinar untuk mencukupi kita sampai di Marwa dan berikan sisanya kepada anak perempuan itu. Perbuatan ini lebih utama dari haji kita pada tahun ini.” Setelah itu beliau pulang ke daerahnya.

Redaktur : Dhani El_Ashim

Diambil dari  Ajaib wa Tharaif Ibrat-Tarikh karya Hasan Ramadhan

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

One comment on “Amalan Orang Ini Mengungguli Amalan Para Shahabat Rasulullah”

  1. frederik

    Tapi kok tidak masuk dalam hadits
    populer ttg 10 shahabat Rasulullah SAW yang dijamin
    masuk syurga…………..

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Resmi Dibubarkan, HTI Jadi Korban Pertama Perppu Ormas

"Sudah kami duga dari awal bahwa perppu ini akan memakan korban. Dan tentu menjadi hak warga negara untuk melakukan juga perlawanan secara konstitusional,"

Kamis, 20/07/2017 17:56 0

Indonesia

Pemuda Muhammadiyah: Perppu Ormas Ancam Demokrasi Hukum

Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Bidang Hukum, Faisal mengatakan, Perppu Ormas lahir dari kewenangan subyektif presiden.

Kamis, 20/07/2017 17:12 0

Indonesia

Besok, UBN Pimpin Aksi Bela Palestina di Masjid Al-Azhar Jakarta

Berbagai elemen lintas ormas pro-Palestina akan menggelar aksi mendukung pembebasan Palestina dan Masjid Al-Aqsha dari Israel

Kamis, 20/07/2017 16:43 0

Indonesia

Muncul ‘Partai Syariah 212’, GNPF-MUI: Kami Tidak Ada Kaitannya

"Atas nama ketua GNPF-MUI saya belum memikirkan sedikitpun untuk membentuk partai politik. Termasuk sebagai pribadi maupun sebagai lembaga,"

Kamis, 20/07/2017 16:13 0

Palestina

Negara-negara Muslim Bertanggung Jawab Menghentikan Agresi Israel

Perdana Menteri Palestina Rami Hamdallah menyeru kepada masyarakat internasional dan negara-negara Muslim bertanggung jawab untuk menghentikan agresi Israel.

Kamis, 20/07/2017 15:47 0

Indonesia

PKS Desak Pemerintah Berupaya Hentikan Agresi Israel ke Palestina

Sheikh Ikrima Sabri, imam Masjid Al-Aqsa yang menjadi salah satu dari tiga tempat suci umat Islam ditembak usai memimpin shalat pada Selasa (18/07) malam waktu setempat. Hal itu terjadi setelah sebelumnya Israel sempat menutup Masjid Al-Aqsa, lalu memeriksa jamaah shalat dan pengunjung dengan detektor logam.

Kamis, 20/07/2017 15:12 0

Amerika

Trump Akhiri Program CIA Kontra-Assad di Suriah

Trump memutuskan untuk menghentikan program rahasia CIA untuk melengkapi dan melatih kelompok oposisi tertentu di Suriah. Demikian menurut keterangan dua pejabat AS seperti dimuat Middle East Monitor, Kamis (20/07).

Kamis, 20/07/2017 14:37 0

Opini

Putus Asa NIA dan Hilangnya Kewarganegaraan Zakir Naik

Pemerintah India telah mencabut paspor Zakir Naik setelah adanya permintaan dari Badan Investigasi Nasional India (NIA). Kini pakar perbandingan agama tersebut tidak memiliki kewarganegaraan.

Kamis, 20/07/2017 14:01 2

Indonesia

Ustadz Umar Makka: Penutupan Al-Aqsa Bentuk Kepanikan Israel

Sekjen Spirit of Aqsa (SoA), ustadz Umar Makka mengatakan bahwa penutupan masjid Al-Aqsa saat ini pertama kali sejak lima puluh tahun. Menurutnya, ini adalah bentuk kepanikan dari Israel.

Kamis, 20/07/2017 13:20 0

Indonesia

MUI Pusat Apresiasi Multaqo Ulama Dunia di Padang

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Prof. Dr. Yunahar Ilyas menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Pertemuan Ulama dan Dai se-Asia Tenggara, Eropa dan Afrika di Padang.

Kamis, 20/07/2017 12:48 0

Close