... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

ISAC Nilai Perppu Ormas untuk Takuti Masyarakat

Foto: Divisi Advokasi Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS), Endro Sudarsono

KIBLAT.NET, Jakarta- Sekertaris Islamic Study and Action Centre (ISAC), Endro Sudarsono memberikan komentar terkait Perppu Keormasan yang dikeluarkan pemerintah. Menurutnya, pembubaran ormas lebih tepat dilakukan pengadilan.

“Pembubaran ormas lebih tepat pada lembaga yudikatif yaitu pengadilan, sedangkan pemerintah cukup melakukan pembinaan sekaligus penegakan hukum,” katanya kepada Kiblat.net melalui rilisnya pada Sabtu (15/07).

Endro mengatakan, dalam Perppu ini memuat juga tentang pidana. Ia menerangkan, anggota ormas yang melanggar Perppu ini bisa dipenjara serendah rendahnya 6 bulan dan setinggi-tingginya hukuman seumur hidup.

“Jelaslah bahwa semangat Perppu ini tidak mendewasakan masyarakat dan cenderung membatasi dan menakut-nakuti warga,” imbuhnya.

Menurutnya, lebih tepat kiranya pemerintah melakukan pendekatan persuasif, dialogis kepada masyarakat atau ormas yang dianggap melanggar hukum.

Selain itu, ISAC juga meminta agar pemberlakuan Perppu ini ditunda terlebih dahulu. Hal itu bertujuan untuk mengantisipasi korban berupa pembubaran ormas yang kritis atau yang merasa kecewa terhadap pemerintah.

“Namun jika penerbitan Perppu ini dalam rangka khusus pembubaran ormas yang selama ini telah nyata-nyata mengarah pada perilaku separatisme, atheisme dan komunisme tentu akan didukung oleh masyarakat luas,” tukasnya.

 
Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Syafi’i Iskandar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Inggris

Konferensi di Inggris Serukan Regulasi untuk Atasi Ketidakadilan Media terhadap Muslim

Para politisi Inggris harus mempertimbangkan suatu regulasi untuk mengatasi tingginya pemberitaan negatif oleh media mengenahi Muslim

Ahad, 16/07/2017 10:31 0

Video Kajian

DR. Zain An-Najah: Mengapa Harus Ada Cinta?

KIBLAT.NET – DR. Zain An-Najah: Mengapa Harus Ada Cinta? Kenapa Allah menciptakan kecintaan kepada lawan...

Ahad, 16/07/2017 08:00 0

Amerika

Pejabat AS Menyeru Pembunuhan terhadap Seluruh Muslim

Seorang pejabat lokal dari negara bagian Michigan, Amerika Serikat bagian barat tengah, menolak untuk meminta maaf karena seruaannya di Facebook untuk membunuh seluruh Muslim.

Sabtu, 15/07/2017 15:15 1

Amerika

Meksiko Jadi Negara Paling Mematikan bagi Wartawan

Meksiko sekarang berada di urutan teratas di samping Iraq sebagai negara paling mematikan di dunia bagi para jurnalis pada tahun 2017. Menurut Komite Perlindungan Wartawan (CPJ), rekor Meksiko bahkan telah melampaui Suriah yang dilanda perang.

Sabtu, 15/07/2017 14:29 0

Amerika

Trump Berniat Tutup Pangkalan Militer AS di Qatar

Langkah terbaru Presiden AS, Donald Trump terkait krisis di Teluk adalah mengisyaratkan untuk menutup pangkalan militer terbesar AS di Timur Tengah yang terletak di Qatar. Hal ini diungkapkannya kepada Raja Saudi, seperti dilansir Antiwar, Jum'at (14/07).

Sabtu, 15/07/2017 13:45 0

Turki

“Bersih-bersih” Jelang Peringatan Gagalnya Kudeta, Turki Pecat 7.000 Lebih Tentara

Kantor berita resmi Turki, Anadolu Agency melaporkan sebanyak 7.563 orang -termasuk polisi- telah diberhentikan dalam pembersihan terakhir.

Sabtu, 15/07/2017 13:04 0

Palestina

Israel Tutup Masjidil Aqsha Sampai Ahad

Pemerintah penjajah Israel mengumumkan, Jumat (14/07), penutupan Masjidil Aqsha berlanjut sampai Ahad besok. Selama itu, akan diberlakukan langkah-langkah keamanan ketat menyusul serangan yang menewaskan dua polisi Israel dan membunuh tiga warga Palestina yang menyerang.

Sabtu, 15/07/2017 11:28 0

Afghanistan

Lagi, Serangan Terhadap Taliban Telan Korban Sipil

Sedikitnya enam warga sipil tewas dalam sebuah serangan menargetkan pejuang Taliban di wilayah Uruzgan, Afghanistan selatan, pada Jumat dini hari (14/07). Pasukan asing dilaporkan terlibat dalam operasi ini.

Sabtu, 15/07/2017 10:38 0

News

Netizen Ramai-ramai Cibir Kominfo

Kementerian Komunikasi dan Informatika telah resmi memblokir layanan pesan instan Telegram. Pemblokiran tersebut pun ramai dibahas Netizen di media sosial, dari Facebook sampai Twitter.

Sabtu, 15/07/2017 10:10 2

Suriah

Masjidil Aqsha Ditutup, Umat Islam Salat Jumat di Jalan Raya

atusan warga Palestina menggelar Salat Jumat di jalan-jalan kota Al-Quds yang terjajah pada Jumat (14/07). Salat digelar di jalan karena penjajah Israel menghadang mereka menuju Masjid Al-Aqsha untuk pertama kalinya sejak 1969.

Sabtu, 15/07/2017 09:30 0

Close