... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Soal Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tentang Ormas, PKS: Belum Bisa Jadi Rujukan Hukum

Foto: Anggota Komisi I DPR RI, Jazuli Juwaini

KIBLAT.NET, Jakarta – Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 yang menganulir UU Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan.

Materi Perppu yang paling menonjol adalah pemberian kewenangan kepada Pemerintah untuk dapat membubarkan ormas tanpa melalui proses peradilan, perluasan larangan bagi ormas, penyederhanaan tahapan sanksi, penambahan sanksi pidana, dan perluasan definisi ormas yang melanggar Pancasila dan UUD 1945.

Terkait hal ini, Ketua Fraksi PKS, Jazuli Juwaini, mengatakan bahwa Perppu adalah kewenangan Presiden yang sah secara konstitusional. Secara prosedural, Perppu ini nanti akan dimintakan persetujuan kepada DPR untuk selanjutnya ditetapkan menjadi undang-undang.

“Perppu ini sah sebagai kewenangan Presiden dan ada tahapnya sampai nanti kita uji di DPR apakah Perppu benar-benar memenuhi syarat secara formil maupun materiil. Tentu pemerintah harus bisa meyakinkan DPR adanya unsur kegentingan yang memaksa berikut argumentasi filisofis, yuridis, dan sosiologisnya,” kata Jazuli dalam keterangan persnya, Kamis (13/07).

Menurutnya, Perppu ini belum serta merta bisa menjadi rujukan hukum sebelum diajukan ke DPR, apalagi kalau ditolak oleh DPR. Terlebih lagi kalau dalam proses ini, ada masyarakat/ormas yang mengajukan judicial review ke Mahkamah Konstitusi (MK) karena dinilai bertentangan dengan UUD 1945 terkait dengan HAM.

“Tentu, apabila MK mengabulkan judicial review tersebut, maka dengan sendirinya akan gugur, dan tak bisa dijadikan rujukan hukum, sehingga Pemerintah harus taat hukum dan melaksanakan secara konsekuen UU 17/2013,” tegasnya.

BACA JUGA  Ini Keputusan Hasil Ijtima Ulama dan Tokoh Nasional IV

Reporter: Ibas Fuadi
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Irak

Mosul: Meski Masjid Hancur, Adzan dan Shalat Berjamaah Tetap Berlanjut

KIBLAT.NET – Sebuah pemandangan menyentuh hati dari Old Mosul Irak. Seorang muslim mengumandangkan adzan di...

Kamis, 13/07/2017 11:52 2

Inggris

Kelompok Pengawas: Koalisi AS Tewaskan 744 Sipil Sepanjang Juni

Organisasi non pemerintah itu menunjukkan bahwa data tersebut dikumpulkan dari media sosial dan saksi mata serta sumber-sumber lainnya. Data ini dihimpun berdasarkan informasi bahwa operasi militer di Raqqah dan Mosul menghancurkan.

Kamis, 13/07/2017 10:44 1

Suriah

Pasukan Khusus AS Beroperasi di Raqqah

Juru bicara militer AS mengatakan pada hari Rabu (12/07), penasehat militer AS turut melakukan operasi militer di Raqqah, basis utama Daulah Islamiyah (ISIS) di Suriah.

Kamis, 13/07/2017 10:00 0

Philipina

Ketiban Dinding Benton, Dua Tentara Filipina Tewas di Marawi

Dinding itu runtuh setelah dihantam roket jet tempur pasukan pemerintah. Roket itu salah sasaran.

Kamis, 13/07/2017 08:46 0

Suriah

Serangan Bom Bunuh Diri Hantam Kerumunan Pejuang Tahrir Al-Syam

Serangan ini terjadi di saat gerakan gabungan dari berbagai faksi itu meluncurkan kampanye pemburuan sel Daulah Islamiyah (ISIS) di dalam wilayah Idlib dan pedesaannya.

Kamis, 13/07/2017 08:02 0

Video Kajian

Ust. Farid Okbah: 3 Ciri Pendusta

KIBLAT.NET – Ust. Farid Okbah: 3 Ciri Pendusta. Ada sebuah ungkapan dari seorang ulama yang...

Kamis, 13/07/2017 08:00 0

Irak

Abu Bakar Al-Baghdadi Tewas?

Obesrvatarium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan bahwa pihaknya berhasil mengkonfirmasi kabar tentang tewasnya Abu Bakar Al-Baghdadi

Rabu, 12/07/2017 22:01 0

Asia

Pakar Kristologi DR Zakir Naik Terancam Tidak Memiliki Kewarganegaraan

Kebijakan ini dipicu setelah adanya permintaan dari Badan Investigasi Nasional India (NIA) yang sejak lama memburu keberadaan Naik

Rabu, 12/07/2017 21:13 0

China

Cina Bangun Pangkalan Militer Pertama di Luar Negeri, Ini Lokasinya

pangkalan ini akan berperan memastikan kesuksesan misi Cina di luar negeri seperti misi pendampingan kapal, penjaga perdamaian dan bantuan kemanusiaan di Afrika dan Asia Barat.

Rabu, 12/07/2017 17:30 0

Qatar

AS dan Qatar Tandatangani Kesepakatan Kontra Terorisme

Amerika Serikat menandatangani kesepakatan kerja sama kontra teror dengan Qatar. Perjanjian ini dicapai selama kunjungan Menteri Luar Negeri AS, Rex Tillerson, ke Doha pada Selasa (11/07).

Rabu, 12/07/2017 16:17 0

Close