... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Cina Bangun Pangkalan Militer Pertama di Luar Negeri, Ini Lokasinya

Foto: Militer Cina

KIBLAT.NET, Beijing – Kantor berita resmi Cina Xinhua, Selasa (11/07), melaporkan bahwa dua kapal pengangkut tentara bertolak dari Cina menuju Djibouti di Tanduk Afrika. Rombongan tentara itu akan membangun pangkalan militer pertama di luar negeri.

Dua kapal sarat tentara itu bertolak dari Changjiang di Cina selatan. Pemerintah Tiongkok mengatakan bahwa misi mereka membangung basis dukungan di Djibouti.

Menurut Xinhua, pangkalan ini akan berperan memastikan kesuksesan misi Cina di luar negeri seperti misi pendampingan kapal, penjaga perdamaian dan bantuan kemanusiaan di Afrika dan Asia Barat.

Tak kalah penting, pangkalan ini akan menjadi basis utama untuk melaksanakan kerja sama militer, latihan bersama, mengevakuasi dan melindungi warga Cina yang tinggal di luar negeri saat situasi darurat.

Sementara itu belum diketahui kapan pangkalan ini akan beroperasi.

Di sisi lain, harian Cina lainnya menekankan bahwa pangkalan ini adalah pangkalan militer. Misi utama melindungi warga Cina dan menjadi cermin negara tersebut ingin menguasai dunia.

Tahun lalu, Cina mendirikan pangkalan logistik di Djibouti yang menempati posisi strategis. Pangkalan itu bisa menjadi tempat bersandar dan mengisi bahan bakar kapal-kapal yang menjalankan misi jarak jauh.

Pangkalan ini merupakan basis militer pertama Cina di luar negeri meskipun Cina mengaku ini hanya pangkalan untuk fasilitas logistik.

Di Djibouti sendiri terdapat banyak pangkalan asing. Pemerintah setempat sengaja mengizinkan negara-negara asing mendirikan pangkalan demi mendapat pemasukan pajak.

BACA JUGA  Kapal Bomber AS Berlayar di Laut China Selatan, Beijing Marah

Reporter: Sulhi El-Izzi
Sumber: alhurra.com

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Kapolda Metro Jaya Duduk Semeja dengan Penyerang Hermansyah, Polisi: Untuk Membuat Terang Perkara

"Itu salah satu teknik dan taktik penyidikan. Jadi enggak ada masalah, mau diajak makan, minum untuk membuat terang perkara,"

Rabu, 12/07/2017 17:27 3

Tazkiyah

Kisah-Kisah Menakjubkan Khulafaurrasyidin Kelima

Utusan itu berkata, “Wahai Amirul Mukminin, sesungguhnya Rasulullah juga menerima hadiah. Bukankah orang yang memberi hadiah ini adalah seorang kerabat Anda?” Beliau menjawab, “Sesungguhnya hadiah yang diberikan kepada Rasulullah menjadi hadiah bagi beliau. Adapun bagi kita, itu termasuk suap.”

Rabu, 12/07/2017 12:30 0

Video News

Kiblat Review 07: Apa Itu Terorisme?

KIBLAT.NET – Terorisme selalu dikaitkan dengan penolakan terhadap ideologi Islam dan jaringan, yang bertujuan untuk...

Rabu, 12/07/2017 10:16 0

Indonesia

Ajiib, Ada Orang Sudah Mati Dimasukkan DPO

Direktorat Jenderal Imigrasi Kementrian Hukum dan HAM merilis puluhan WNI yang masuk dalam DPO (Daftar Pencarian Orang) terkait terorisme. Dirjen Imigrasi Ronny F Sompie mengatakan, total sebanyak 234 orang DPO dari Polri yang datanya dimasukkan ke Ditjen Imigrasi.

Rabu, 12/07/2017 09:42 0

Indonesia

HNW: Penyerangan Hermansyah PR Baru Bagi Polisi

Penyerangan yang menimpa Pakar IT, Hermansyah turut menyita perhatian Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid. Ia menilai polisi bisa menangkap pelaku. Sebab, teroris di kampung saja tertangkap, apalagi di kota.

Rabu, 12/07/2017 07:44 0

Indonesia

HRS Duga Pembacokan Hermansyah Terkait Kesaksian Soal Chat Fitnah

Imam Besar FPI, Habib Rizieq Syihab menyatakan prihatin atas penyerangan yang dialami pakar IT, Hermansyah. Ia menilai, musibah yang dialami alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) itu tidak bisa dilepaskan dari kesaksiannya yang menegaskan bahwa chat HRS dan FH palsu.

Rabu, 12/07/2017 07:41 0

Indonesia

Ketua Pansus Tak Nafikan Campur Tangan Asing di RUU Terorisme

Anggota Komisi III DPR RI, Muhammad Syafii mengungkapkan bahwa ia tak menafikan adanya campur tangan asing dalam revisi undang-undang terorisme. Sebab, daftar teroris di Indonesia dari PBB.

Selasa, 11/07/2017 09:45 0

Indonesia

Romo Syafi’i Nilai Desakan RUU Anti Terorisme Segera Selesai Tak Rasional

Permintaan untuk mempercepat Revisi RUU anti terorisme dengan dikaitkan peristiwa teror tidak rasional. Hal itu ditegaskan oleh Anggota Komisi III DPR RI, Muhammad Syafii.

Selasa, 11/07/2017 09:13 0

Indonesia

Ketua Fraksi PKS: Polisi Harus Segera Tangkap Penganiaya Ahli IT ITB Hermansyah

KIBLAT.NET, Jakarta (10/7) – Insiden penganiayaan Ahli IT ITB Hermansyah mendapatkan perhatian luas masyarakat. Banyak...

Selasa, 11/07/2017 00:13 0

Investigasi

Story of Afi Nihaya Faradisa: Berkah dan Bencana di Balik Popularitas (Bag.3)

Sosok Asa memang menghadirkan keuntungan finansial sekaligus kebanggaan bagi kedua orang tuanya. Namun, ada secercah rasa khawatir yang menyertai kebanggaan itu. Ada berkah sekaligus rawan bencana di balik popularitas yang diraih Afi Nihaya Faradisa.

Senin, 10/07/2017 21:58 2

Close