... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Gagal Ditutup di Era Obama, Guantanamo Akan Kembali Diaktifkan

Foto: Kondisi tahanan di Guantanamo

KIBLAT.NET, Washington – Para pejabat teras di pemerintahan Trump, termasuk Jaksa Agung Jeff Sessions, mengatakan bahwa janji kampanye Presiden Donald Trump untuk mengisi kembali pusat penahanan di Teluk Guantanamo harus segera dimulai. Lebih jauh Sessions mengomentari kondisi kamp penahanan yang berada di luar wilayah hukum AS itu sebagai “tempat yang sangat baik” bagi para tahanan. Ia pun bersikukuh bahwa tidak ada alasan hukum untuk tidak (segera) mulai mengirim tahanan-tahanan baru ke Guantanamo.

Teluk Guantanamo menjadi sedemikian terkenal yang identik dengan penyiksaan kejam dan berbagai tindakan buruk lainnya selama bertahun-tahun sejak AS mengumumkan perang global melawan “teror”. Di tempat ini pula para tahanan yang hingga saat ini jumlahnya masih banyak mereka terus ditahan secara permanen tanpa tuduhan apapun. Hanya dengan berbekal bukti-bukti yang sangat minim, pemerintah AS menahan dan memperlakukan para tawanan Guantanamo secara tidak manusiawi, serta tidak memiliki akses terhadap sistem hukum yang berlaku di AS.

Setelah selama lebih dari satu dekade dihujani kritikan, pemerintah Trump dan sejumlah anggota DPR dari kalangan “hawkish” pendukung perang saat ini malah membela keberadaan penjara Guantanamo. Bagi mereka, Gitmo (baca: Guantanamo) dianggap sebagai simbol dari sikap/kebijakan keras Amerika terhadap “teror” di tengah berbagai praktek sadisme penyiksaan terhadap para tawanan, sekaligus merupakan aib hukum bagi AS.

BACA JUGA  Waspada! Smart TV Bisa Mematai-matai Aktivitas Penggunanya

Presiden Trump sudah dipastikan akan menandatangani sebuah “eksekutif order” untuk nantinya dijadikan sebagai referensi panduan bagi langkah tindak lanjut di masa yang akan datang. Atau, Trump seharusnya sudah memberikan klarifikasi atas status tahanan sebelum ia kirim ke fasilitas pusat penahanan militer tersebut. Selama kampanye, sebenarnya berbagai janji & pernyataan Trump terkait Guantanamo hanya menegaskan bahwa ia ingin menaruh “orang-orang jahat” di kamp konsentrasi itu. Namun dengan posisi dan kebijakannya saat ini yang bisa setiap saat berubah, ia bisa menganggap “jahat” siapa saja untuk dikirim ke Guantanamo.

Reporter: Yasin Muslim
Sumber: Antiwar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Ketua Fraksi PKS: Polisi Harus Segera Tangkap Penganiaya Ahli IT ITB Hermansyah

KIBLAT.NET, Jakarta (10/7) – Insiden penganiayaan Ahli IT ITB Hermansyah mendapatkan perhatian luas masyarakat. Banyak...

Selasa, 11/07/2017 00:13 0

Investigasi

Story of Afi Nihaya Faradisa: Berkah dan Bencana di Balik Popularitas (Bag.3)

Sosok Asa memang menghadirkan keuntungan finansial sekaligus kebanggaan bagi kedua orang tuanya. Namun, ada secercah rasa khawatir yang menyertai kebanggaan itu. Ada berkah sekaligus rawan bencana di balik popularitas yang diraih Afi Nihaya Faradisa.

Senin, 10/07/2017 21:58 2

Indonesia

Luruskan Berita Adu Domba, Ketua GNPF MUI Bantah Katakan Penyerangan Hermansyah Tak Terkait Kasus Chat HRS dan FH

"Saya berkepentingan untuk meluruskan informasi dan berharap kepada masyarakat untuk menjauhi framing berita, yang bertujuan untuk mengadu domba umat,"

Senin, 10/07/2017 20:33 0

Indonesia

Benda Diduga Bom Gemparkan Mapolres Poso, Ternyata Isinya

Dari benda itu Jibom Gegana Poso menemukan secarik kertas berisi ancaman

Senin, 10/07/2017 18:58 0

Indonesia

Dikhawatirkan Picu Amarah Masyarakat, KSHUMI Tuntut Aparat Tangkap Penyerang Hermansyah

"Karena ini membahayakan ketenangan dan kedamaian yang terbangun ditengah masyarakat dan dikhawatirkan akan membangkitkan amarah masyarakat,"

Senin, 10/07/2017 17:47 0

Video Kajian

Menguji Keimanan Lawan Jenis di Sosmed [Ust. DR. A. Zain An Najah, MA.]

KIBLAT.NET – Sosial media saat ini sulit lepas dari tangan masyarakat modern. Dan tak terkecuali...

Senin, 10/07/2017 08:00 0

Investigasi

Story of Afi Nihaya Faradisa: Bermain Api di Dunia Maya (Bag.2) 

Terkait tulisannya, Afi Nihaya Faradisa mengaku mendapat inspirasi dari banyak pihak termasuk dari grup atheis. "Kalau komunitas saya, yang paling membuat saya lebih terbuka pikirannya cenderung ke grup atheis. Terus free thinker, agnostic, seperti itu," kata Asa.

Senin, 10/07/2017 04:20 0

Indonesia

Ahli IT Hermansyah Direncanakan Akan Jadi Saksi Ahli untuk Firza Husein

Penasihat hukum Firza Husein menyatakan Hermansyah telah bersedia memberikan keterangan

Senin, 10/07/2017 03:12 0

Investigasi

Story of Afi Nihaya Faradisa: Terkenal di Media, Terkucil di Sekolah (Bag.1)

Terkait kondisinya itu, gadis yang memegang akun Afi Nihaya Faradisa ini pun pernah mendapatkan bantuan bimbingan konseling (BK) dari pihak sekolah. Setidaknya ada dua hal yang menyebabkan Asa berurusan dengan guru BK.

Senin, 10/07/2017 02:55 0

Indonesia

Ahli IT Hermansyah Jadi Korban Pembacokan, Polisi Sebut Karena Saling Senggol Mobil

Hermansyah mengalami luka di bagian kepala, leher dan tangan

Senin, 10/07/2017 02:53 1

Close