... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Luruskan Berita Adu Domba, Ketua GNPF MUI Bantah Katakan Penyerangan Hermansyah Tak Terkait Kasus Chat HRS dan FH

Foto: KH Bachtiar Nasir, Ketua GNPF-MUI

KIBLAT.NET, Jakarta – Ketua GNPF MUI, KH Bachtiar Nasir menyampikan pernyataan sikap yang meluruskan framing berita terkiat pernyataannya dalam kasus penyerangan ahli Informasi Teknologi (IT) Hermansyah. Framing tersebut dinilainya bertujuana mengadu domba umat.

“Saya Bachtiar Nasir, Ketua GNPF MUI, dengan ini memberikan pernyataan sikap sekaligus pelurusan berita framing dalam kasus pengeroyokan yang menimpa saudara saya, sahabat saya, Hermansyah, dalam kasus pengeroyokan di Tol Jagorawi, Ahad, 9 Juli 2017,” ungkapnya dalam pernyataan yang dirilis di Jakarta, Senin (10/07).

Bachtiar Nasir menjelaskan pada Ahad (09/07) telah mengunjungi Hermansyah di Rumah Sakit Hermina, Depok, sebelum dipindahkan ke RSPAD Gatot Subroto. Saat itu Hermansyah dalam kondisi tidak sadar dan dia tidak bisa bertanya dan menggali informasi lebih jauh. Satu-satunya saksi kunci adalah istri korban, Irina, yang tidak bisa berbahasa Indonesia dan masih dalam kondisi syok.

Dari keterangan Iriana, Bachtiar mendapatkan informasi bahwa kasus ini bermula dari kejadian, dimana dalam perjalanan pulang ke Depok, ada mobil Jazz tiba-tiba menyenggol bagian depan mobil Avanza yang dikendarai Hermansyah dan istrinya. Hermansyah kemudian mengejar, dan meminta pengemudi mobil Jazz tersebut berhenti.
Setelah berhenti di Tol Jagorawi sekitar Taman Mini, menuju Depok, disitulah Hermansyah diserang menggunakan senjata tajam. Di belakang Hermansyah ternyata ada mobil Sedan yang mengikuti. Lebih dari lima orang merangsek dan membacok Hermansyah hingga luka parah dan bersimbah darah. Dari situ, istrinya membawa Hermansyah ke RS Hermina Depok.

BACA JUGA  Haris Azhar Kritik Kebijakan Jokowi Soal Listrik Gratis

“Mengenai motif, istri Hermansyah belum bisa menjawab,” imbuhnya.

“Saya berkepentingan untuk meluruskan informasi dan berharap kepada masyarakat untuk menjauhi framing berita, yang bertujuan untuk mengadu domba umat,” lanjut Bachtiar.

Dia menerangkan belum mendapatkan data yang cukup terkait kasus penyerangan Hermansyah. Namun dalam pemberitaan sejumlah media, Ketua GNPF MUI itu disebut menyatakan kasus tersebut tidak terkait dengan kesaksian Hermansyah dalam kasus chat Habib Rizieq dan Firza.

“Kepada teman media yang memframing berita itu, saya nyatakan bahwa itu bukan pernyataan saya. Saya tidak berani berspekulasi sampai ada informasi yang jelas berdasarkan fakta,” tandasnya.

Bachtiar berharap pernyataan sikapnya bisa meluruskan kekeliruan yang beredar di masyarakat, memberi ketentraman, dan memotivasi pihak kepolisian bekerja lebih ekstra. Pihak kepolisian juga diminta bekerja secara profesional, sementara GNPF juga bekerja untuk menggali informasi sebenarnya. Bantuan moril dan materil yang diberikan GNPF juga diharapkan bisa meringankan Hermasyah.

Reporter: Imam S.
Editor: Wildan Mustofa

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Hari Pertama Gencatan, Suriah Selatan Tenang

Tiga provinsi di wilayah Suriah selatan, Ahad (09/07) pukul 09.00 waktu setempat, hidup dalam kondisi tenang tanpa pertempuran. Namun di saat yang sama, militer rezim memobilisasi pasukan ke provinsi Daraa.

Senin, 10/07/2017 16:23 0

Suriah

Lagi, Turki Berikan Kewarganegaraan Kepada 7000 Orang Suriah

KIBLAT.NET – Turki terus melakukan pendataan warga Suriah untuk kemungkinan menjadi warga negara Turki. Terbaru,...

Senin, 10/07/2017 14:41 0

Irak

Militer Sisir Kantong Terakhir ISIS di Mosul

“Ini adalah pertempuran beberapa meter terakhir...kami akan mengumumkan kemenangan pada akhirnya...kemangan itu hanya dalam hitungan jam,” kata pembawa acara TV tersebut.

Senin, 10/07/2017 11:53 0

Suriah

Ini Alasan Tahrir Al-Syam Buru Anggota ISIS di Idlib

Pengerahan dan penambahan pasukan bukan dalam rangka memerangi Ahrar Al-Syam sebagaimana yang disangka gerakan tersebut. Ini merupakan operasi besar untuk menumpas “Khawarij”

Senin, 10/07/2017 10:45 0

Palestina

Israel Salahgunakan Senjata Pengontrol Massa

Kelompok hak asasi manusia untuk Anak Internasional (DCIP) mengecam penyalahgunaan senjata kontrol massa Israel.

Senin, 10/07/2017 09:57 0

Suriah

HTS Gulirkan Kampanye Keamanan Tumpas Sel ISIS di Idlib

Hai’ah Tahrir Al-Syam (HTS) baru-baru ini menggulirkan kampanye menumpas sel-sel Organisasi Daulah Islamiyah (ISIS) di provinsi Idlib. Sejumlah pejabat terkemuka gerakan tersebut berhasil ditahan.

Senin, 10/07/2017 09:22 0

Palestina

Terkena Gas Air Mata, Bayi Gaza Ini Akhirnya Meninggal

Seorang bayi Palestina berusia 18 bulan telah meninggal dunia setelah menderita inhalasi gas air mata pasukan Israel.

Senin, 10/07/2017 08:42 0

Video Kajian

Menguji Keimanan Lawan Jenis di Sosmed [Ust. DR. A. Zain An Najah, MA.]

KIBLAT.NET – Sosial media saat ini sulit lepas dari tangan masyarakat modern. Dan tak terkecuali...

Senin, 10/07/2017 08:00 0

Investigasi

Story of Afi Nihaya Faradisa: Bermain Api di Dunia Maya (Bag.2) 

Terkait tulisannya, Afi Nihaya Faradisa mengaku mendapat inspirasi dari banyak pihak termasuk dari grup atheis. "Kalau komunitas saya, yang paling membuat saya lebih terbuka pikirannya cenderung ke grup atheis. Terus free thinker, agnostic, seperti itu," kata Asa.

Senin, 10/07/2017 04:20 0

Mesir

26 Tentara Mesir Tewas saat Bom Mobil Hantam Pos Militer di Sinai

Sebuah serangan terkoordinasi yang menggunakan sejumlah bom mobil dilaporkan menghantam pos pemeriksaan militer di Semenanjung Sinai tidak jauh dari daerah perbatasan dengan Gaza.

Senin, 10/07/2017 04:18 0

Close