... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

Mengucek Mata, Nyaman tapi Berbahaya

Foto: Mengucek mata (ilustrasi).

KIBLAT.NET – Mengucek mata adalah kebiasaan refleks yang banyak dilakukan orang. Mengucek mata memang memberikan rasa nyaman saat kita terkena kotoran, tetapi tahukah kamu mengucek mata dapat menyebabkan katarak, bahkan kebutaan.

Nah, mari kita bahas bersama. Menurut sebuah situs sains, saat kelopak mata tersentuh benda asing seperti tangan atau debu, hal ini akan membuat mata menerima tekanan 5 sampai 10 kali lebih besar daripada mata dalam keadaan normal.

Mengucek mata saat kondisi seperti ini bisa merusak bagian depan mata. Kombinasi tekanan pada mata dan kerusakan mekanis akibat mengucek mata bisa membahayakan kornea. Umumnya, kornea akan melemah dan terdorong ke depan. Bentuknya jadi runcing dan kondisi ini dikenal dengan keratoconus.

“Menggosok mata terlalu keras, sering, dan dalam jangka lama bisa memberi tekanan mata lebih besar bisa memberi tekanan mata lebih besar seolah-olah Anda ingin mendorong mata ke bagian belakang kepala,” kata dokter mata dan peneliti dari School of Optometry and Vision Science di University NSW, Profesor Charles McMonnies, seperti dilansir laman ABC.net.au

Bukan hanya itu, dengan mengucek mata akan menyebabkan penebalan lapisan putih pada mata kita, yang biasa disebut katarak. Dampak terburuk dari mengucek mata dengan keras adalah kebutaan. Mengapa? Karena, mengucek mata dengan keras itu mengurangi kinerja syaraf mata, yang jika dilakukan dalam jangka waktu lama syaraf tersebut akan rusak, sehingga tidak bisa menyalurkan bayangan yang diterima mata ke otak, yang biasa disebut kebutaan.

BACA JUGA  Peran Alim Ulama di Tengah Wabah Corona

Namun, sebenarnya mengucek mata tidak selamanya berbahaya asal dilakukan dengan lembut. Sebab, mengucek mata akan merangsang keluarnya air mata sehingga bisa melumasi mata yang kering sambil menghilangkan debu.

Berikut ini sejumlah tips untuk kamu saat mata terasa pedih dan gatal, yakni :

1. Usahakan sebisa mungkin untuk tidak mengucek mata. Jika memang ingin mengucek mata, lakukan dengan lembut. Ibaratnya cara ini adalah pertolongan pertama.

2. Saat mata terkena benda asing, coba pejamkan mata anda sebentar. Hal ini dapat merangsang keluarnya cairan mata. Ibaratnya cara ini harus penuh kesabaran. Karena kebanyakan dari kita jika mata terkena debu, maka tangan langsung refleks bergerak ke mata.

3. Rendamlah mata menggunakan rendaman daun sirih. Pengobatan herbal seperti ini akan lebih aman dilakukan. Tapi cara ini tidak biasa dilakukan ketika mata kita spontan terkena debu atau kotoran. Ribet, pasti!. Kebanyakan cara ini dipakai ketika mata kita memang benar-benar dalam kondisi parah.

 

Penulis: Febrianto Fahmi Ramadhani

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Ibunda Anto Galon: Cuma Sampai SMP, Sekolahe Bodo

Namun, Tukiyem menjelaskan, selain ada kendala biaya, Anto Galon juga memang bukan siswa yang berprestasi di sekolah. “Sekolahe yo bodo, sekolahe bodo mas," ujar Tukiyem dengan gaya Jawanya yang khas.

Selasa, 04/07/2017 18:09 3

Philipina

Buron Filipina, Isnilon Hapilon Dilaporkan Masih di Marawi

Sekretaris Departemen Pertahanan Nasional (DND) Delfin Lorenzana mengatakan bahwa petinggi kelompok Abu Sayyaf, Isnilon Hapilon masih berada di kota Marawi.

Selasa, 04/07/2017 16:50 0

Qatar

Diblokade, Qatar Malah Tingkatkan Produksi Gas

Di tengah blokade oleh sejumlah negara teluk, CEO Qatar Petroleum (QP) mengumumkan bahwa perusahaan telah memutuskan untuk meningkatkan produksi Liquefied Natural Gas (LNG) dari 77 juta ton per tahun menjadi 100 juta ton. Artinya terjadi peningkatan sekitar 30 persen dari tingkat produksi saat ini.

Selasa, 04/07/2017 15:54 0

Foto

“Pasukan Pelempar Batu Palestina” Melawan Tentara Israel

Foto-foto para pemuda Palestina yang melemparkan batu ke arah pasukan keamanan Israel yang diambil oleh wartawan Anadolu Agency, Ahad (02/07). Ini dilakukan karena pasukan Israel hendak membubarkan demonstrasi warga Palestina yang menuntut diakhirinya blokade.

Selasa, 04/07/2017 15:15 0

Afrika

Tanpa Kejelasan Hasil, AS Klaim Targetkan Militan Al-Shabab

Pejabat Pentagon mengaku telah melakukan serangan udara dengan target militan Al-Shabab pada Ahad (02/07) pagi di wilayah Somalia.

Selasa, 04/07/2017 14:34 0

Suriah

Panglima Pasukan Elit Milisi Syiah Hizbullah Kunjungi Daraa

Laporan terbaru menyebutkan bahwa kondisi di Daraa pada Ahad kemarin tenang. Serangan udara dan pertempuran relatif mereda. Kondisi itu terjadi beberapa jam setelah militer Suriah mengumumkan menghentikan sementara serangan di Daraa.

Selasa, 04/07/2017 13:26 1

Lebanon

Kebakaran Beruntun Landa Kamp Pengungsi Suriah di Lebanon

Kebakaran hebat kembali melanda kamp pengungsi warga Suriah di wilayah Lembah Bekaa, timur Lebanon, pada Ahad (03/07). Ini merupakan kebakaran kedua dalam dua hari berturut-turut yang dialami pengungsi Suriah di negara tetangga itu.

Selasa, 04/07/2017 10:06 0

Afrika

Serangan Udara AS Kembali Targetkan Al-Shabab Somalia

Amerika Serikat kembali meluncurkan serangan drone menargetkan pejuang Al-Shabab di Somalia. Dikabarkan seorang komandan gerakan jihadis itu terbunuh akibat serangan pada Ahad ini (03/07).

Selasa, 04/07/2017 08:27 0

Video Kajian

DR. Zain An Najah: Bolehkah Seorang Perempuan Matre?

KIBLAT.NET-  DR. Zain An Najah: Bolehkah Seorang Perempuan Matre? Ada sebuah pertanyaan yang menarik.  Ada sebuah...

Selasa, 04/07/2017 08:00 0

Prancis

Serangan Bersenjata Terjadi di Depan Masjid di Prancis, 8 Terluka

Menurut informasi awal yang dikumpulkan Kejaksaan Tinggi Prancis, pelaku berjumlah dua orang. Mereka keluar dari mobil di dekat masjid sekitar pukul 22.30 waktu setempat dan melepaskan tembakan. Satu dari penyerang menggunakan senapan serbu.

Senin, 03/07/2017 13:38 0

Close