... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Kampung yang Dikuasai Setan

Foto: ilustrasi

KIBLAT.NET – Shalat jamaah adalah salah satu amalan harian rutin yang sering dijumpai masyarakat pada umumnya. Bagi kebanyakan orang, amalan tersebut seolah menjadi hal yang lumrah dan biasa. Oleh karena kelumrahan itulah, tidak jarang bila kebanyakan orang meremehkannya. Mereka dengan mudah mengabaikannya dengan dalih, “Shalat bisa dikerjakan di rumah, tidak harus di masjid.”

Fenomena di atas ternyata telah banyak menggejala bahkan menghinggapi diri setiap muslim. Mereka mendatangi masjid untuk shalat jamaah hanya pada hari Jumat ketika shalat Jumat dilaksanakan. Di luar waktu tersebut, masjid menjadi sangat lengang. Azan yang berkumandang hanyalah sebatas penunjuk waktu bahwa saat itu telah memasuki waktu shalat, tidak lebih. Padahal, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam sering menekankan kepada umatnya untuk selalu melaksanakan shalat jamaah di masjid.

Bahkan dalam sebuah riwayat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjelaskan bahwa setan akan menguasai suatu kampung yang tidak didirikan shalat jamaah di dalamnya. Imam Abu Dawud telah meriwayatkan dari Ma’dan bin Abi Thalhah Al-Ya’mari bahwa Abu Darda’a berkata, “Aku mendengar Rasulullah bersabda:

  مَا مِنْ ثَلَاثَةٍ فِي قَرْيَةٍ وَلَا بَدْوٍ لَا تُقَامُ فِيهِمْ الصَّلَاةُ إِلَّا قَدْ اسْتَحْوَذَ عَلَيْهِمْ الشَّيْطَانُ فَعَلَيْكَ بِالْجَمَاعَةِ فَإِنَّمَا يَأْكُلُ الذِّئْبُ الْقَاصِيَةَ

“Tidaklah tiga orang dari suatu kampung atau pelosok yang di dalamnya tidak didirikan shalat (jamaah), melainkan mereka telah dikuasai setan. Hendaklah kalian berjamaah. Sesungguhnya serigala hanya memakan kambing yang jauh (dari kawanannya)’.” (HR Abu Dawud: II/251-252. Nasa’i: II/106. Al-Albani menyatakan bahwa hadits ini hasan dalam Shahîh At-Targhîb: I/244)

Zaidah meriwayatkan bahwa As-Saib berkata, “Maksud dari berjamaah adalah shalat berjamaah.”

Imam Ibnu Hibban telah memberi judul hadits ini di dalam Shahih-nya: Pengaruh setan terhadap tiga orang jika mereka berada di sebuah padang atau kampung dan mereka tidak melaksanakan shalat berjamaah. (Al-Ihsân fî Taqrîbi Shahîh Ibni Hibbân: V/457)

Seandainya shalat jamaah bukan suatu kewajiban, maka setan tidak mungkin dapat menguasai mereka hanya karena mereka meninggalkannya.

Imam Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah menjelaskan tentang keterkaitan hadits ini dengan wajibnya shalat jamaah, “Sisi pengambilan dalilnya ialah beliau telah memberitahukan bahwa setan akan menguasai mereka karena meninggalkan jamaah, yang syiar-syiarnya adalah azan dan iqamat shalat. Seandainya jamaah itu hanya sebuah anjuran, sehingga seseorang bebas memilih antara melakukannya atau tidak, niscaya setan tidak akan mampu menguasai orang yang meninggalkan jamaah dan syiarnya.” (Kitab Ash-Shalâh hal. 73)

Ya, meninggalkan shalat jamaah sama saja menghilangkan syiar Islam. ketika nilai-nilai Islam mulai terkikis di suatu kampung, maka kekufuran pun akan berkuasa. Kezaliman  dan kemungkaran terus berkembang merajalela. Kebenaran dan keadilan akan sulit didapatkan. Sehingga kondisi ini tak ubahnya seperti kampung yang sedang dikuasai setan.

 

Fakhruddin

Disadur dari buku: Fadhilah shalat berjamaah, karya Fadhl Ilahi, Penerbit Aqwam, Solo

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Qatar

Tak Sejalan dengan Hukum Internasional, Qatar Tolak 13 Tuntutan Saudi

Qatar akan menolak tuntutan yang dikeluarkan oleh empat negara Arab untuk mengakhiri krisis diplomatik saat ini. Demikian dikatakan Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohammad bin Abdurrahman Al-Thani, Sabtu (01/07).

Ahad, 02/07/2017 09:45 0

Suriah

Laporan Terbaru SOHR: Ribuan Orang Disiksa sampai Mati di Penjara Suriah

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) pada Jum'at (30/06), mengumumkan telah mendokumentasikan bukti bahwa sekitar 13.000 orang, termasuk wanita dan anak-anak, tewas di penjara yang dikelola oleh rezim Suriah antara Maret 2011 dan Juni 2017.

Ahad, 02/07/2017 09:00 0

Amerika

Penembakan Terbaru di Klub Malam AS, Polisi Sebut Bukan Terorisme

Sedikitnya 25 orang telah ditembak di sebuah klub malam di negara bagian Arkansas, AS pada Sabtu (01/07). Menurut keterangan polisi, dua di antara korban berada dalam kondisi kritis.

Ahad, 02/07/2017 08:12 0

Yaman

Jumlah Korban Wabah Kolera Yaman Semakin Meningkat

Jumlah korban tewas akibat wabah kolera di Yaman telah meningkat menjadi 1.500 orang. Demikian menurut Nevio Zagaria, yang menjadi perwakilan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di Yaman, Sabtu (01/07). Ia meminta bantuan lebih lanjut untuk mengakhiri epidemi ini.

Ahad, 02/07/2017 07:37 0

Syam

Kapal Induk AS dalam Perang Kontra-ISIS Berlabuh di Israel

Kapal induk Angkatan Laut AS, yang diklaim terbesar di dunia, berlabuh di pelabuhan Haifa, Israel pada Sabtu (01/06). Ini menjadi pendaratan pertama dari kapal yang digunakan untuk mendukung operasi koalisi anti-ISIS ini sejak 17 tahun silam.

Ahad, 02/07/2017 06:52 0

Amerika

Virus Petya Menyerang Jaringan Komputer Dunia, Begini Antisipasinya

Di Ukraina, virus Petya telah menyerang sistem komputer kapal selam hingga supermarket yang menyebabkan kekacauan.

Ahad, 02/07/2017 00:03 0

Analisis

Bin Salman dan Misteri Penyerahan Dua Pulau Mesir untuk Saudi

Hubungan antara Israel dan Arab Saudi cenderung menjadi lebih kuat di bawah Mohammed Bin Salman yang berusia 31 tahun, yang dinobatkan sebagai Putra Mahkota minggu ini oleh ayahnya, raja Saudi.

Sabtu, 01/07/2017 22:55 4

Australia

Cegah Serangan di Dunia Maya, Australia Bangun Divisi Siber Militer

Pemerintah Australia membangun sebuah divisi siber militer guna memperluas aksi menghadapi serangan kalangan peretas dan musuh-musuh asing, termasuk kelompok ISIS,

Sabtu, 01/07/2017 22:00 0

Video Kajian

Khutbah Jumat : Nabi Musa VS Fir’aun [Ust. Miftahul Ihsan, Lc.]

KIBLAT.NET-  Dalam Al Qur’an diceritakan kurang lebih kisah 25 nabi. Dari ayat-ayat yang menceritakan kisah...

Sabtu, 01/07/2017 13:00 0

Philipina

Tensi Pertempuran Turun, Duterte Simpulkan Bakal Menangkan Perang Marawi Hitungan Hari

Presiden Filipina Rodrigo Duterte menilai bahwa perang di Marawi akan segera berakhir karena militan yang dihadapi semakin sedikit. Walau begitu, ia mengaku tidak dapat memprediksi kapan perang akan benar-benar berakhir.

Sabtu, 01/07/2017 07:00 0