... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Ustadz Abu Rusydan: Menegakkan Dien untuk Ibadah yang Sempurna

Foto: Ustadz Abu Rusydan.

KIBLAT.NET, Poso – Tujuan manusia diciptakan ke dunia oleh Allah itu hanya satu, yaitu untuk meneggakkan Dien (Islam,red). Demikian dikatakan Pemerhati Dunia Islam, ustadz Thoriqudin ABu Rusydan dalam acara tabligh akbar bertema “Bagaimana Cara Menegakkan Islam” di Masjid Al Firdaus Tanah Runtuh Poso, Jum’at (23/06).

“Jadi sekali lagi satu-satunya kewajiban kita kenapa kok kita hidup itu ya supaya iqomatuddin (menegakkan Dien). Sebab wujud kesempurnaan ibadah kepada Allah subhanahu wa ta’ala itu apabila Dien ini tegak. Kalau tidak maka peribadatannya kepada Allah subhanahu​ wa ta’ala tidak akan pernah berjalan dengan sempurna,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, ia menyampaikan bagaimana seharusnya sifat seorang Muslim dalam turut andil dalam menegakkan Islam. Ustadz Abu Rusydan menjelaskan lebih lanjut bahwa tegaknya dien menjaga kesempurnaan ibadah umat Islam, sekecil apapun ibadahnya.

“Sebagai contoh bagaimana kita mau mengajarkan kepada keluarga kita, muslimah bisa memakai pakaian muslimah dengan benar dan terlindungi. Maka harus dilindungi dengan tegaknya Dien. Kita sendiri jika akan melaksanakan ibadah-ibadah Islam yang paling sederhana secara benar ndak mungkin bisa jika Dien tidak tegak,” tuturnya.

Selanjutnya, ia menyampaikan bahwa kewajiban meneggakkan Dien adalah pilihan Allah dan kewajiban warisan dari para nabi dan rasul terdahulu. Bukan keinginan dari manusia atau kesepakatan dari sekumpulan ulama.

“Kita bukan sekelompok orang atau umat atau jamaah yang memulai kebiasaan ini, tapi ini adalah warisan dari para pendahulu para nabi dan rasul. Jadi agama yang kita pegang dan Dien yang kita mau tegakkan ini bukan bikinan kita, bukan pula bikinan sekelompok orang walaupun kumpulan ulama di Al-Azhar, di Madinah, atau di Mekkah atau di mana saja, uga bukan kesepakatan ulama di Majelis Ulama Indonesia,” jelasnya.

BACA JUGA  New Normal Tanpa Pengendalian Dinilai Berpotensi Timbulkan Bencana Lebih Besar

“Tetapi innallahastafa lakum diina, sesungguhnya Allah telah memilihkan bagi kalian jalan hidup. Nah itu jalan hidup bikinan Allah,” katanya menekankan.

Reporter: Ahmad Sutedjo
Editor: M. Rudy


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Foto

Meriahnya Pawai Obor Idul Fitri di Kota Poso

Kemeriahan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 H terpancar dari Kota Poso. Ribuan warga turun ke jalan membawa obor memekikkan takbir kemenangan hari raya.

Senin, 26/06/2017 07:44 0

Video Kajian

Ust. Muhajirin Ibrahim: 3 Golongan Manusia III

KIBLAT.NET-  Ust. Muhajirin Ibrahim: 3 Golongan Manusia III. Dalam khutbah ini akan dijelaskan golongan manusia yang...

Senin, 26/06/2017 07:00 0

Artikel

Jangan Keliru, Ini Lho Perang Pertama Dipimpin Rasulullah

Banyak yang mengira Perang Badar adalah perang pertama yang dipimpin Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. Namun, persepsi itu tidak mutlak benar. Perang pertama Rasullah yakni Perang Abwa' atau Perang Waddan pada bulan Safar tahun 2 Hijriah.

Sabtu, 24/06/2017 11:40 1

Video Kajian

Ust. Muhajirin Ibrahim: 3 Golongan Manusia II

KIBLAT.NET-  Ust. Muhajirin Ibrahim: 3 Golongan Manusia II. Dalam khutbah ini akan dijelaskan golongan manusia yang...

Sabtu, 24/06/2017 08:00 0

Arab Saudi

Saudi Klaim Gagalkan Serangan ke Masjidil Haram

Pasukan keamanan Arab Saudi menggagalkan sebuah serangan di dekat Masjidil Haram, Mekkah pada Jum'at (23/06). Demikian menurut saluran TV Saudi, Al-Ekhbariya dan Al-Arabiya.

Sabtu, 24/06/2017 05:29 0

Philipina

Hampir Sebulan Lawan Militer Filipina, Ini Sekilas Kelompok Maute

Hampir sebulan, kelompok militan yang sebelumnya tak dikenal telah bertahan melawan pasukan pemerintah dan kekuatan udara di Filipina selatan.

Jum'at, 23/06/2017 16:00 0

Suriah

Konfrontasi Militer Meningkat di Daraa

Konfrontrasi darat ini diiringi dengan serangan udara di sejumlah wilayah Daraa lainnya. Serangan pada hari itu paling banyak menghantam Daraa kota dan kawasan Gharaz.

Jum'at, 23/06/2017 14:45 0

Analisis

Adu Taktik Strategi di Suriah dan Iraq

Komplikasi konflik Suriah makin rumit dan tereskalasi selama satu bulan terakhir. Tidak ada kawan abadi; semua kesepakatan dan sekutu dapat berubah seketika sesuai kepentingan masing-masing pihak. Dalam hal konflik Suriah, kepentingan Iran-Rusia, AS dan Turki terus saling kejar memanfaatkan proxy ISIS yang kini sudah hampir K.O. (knock out).

Jum'at, 23/06/2017 14:10 0

Suriah

IM Suriah Ucapkan Selamat Kepada Putra Mahkota Baru Saudi

Perlu diketahui, Gerakan Ikhwanul Muslimin (IM) dianggap gerakan teroris oleh Arab Saudi. Ucapan ini sengat mengejutkan.

Jum'at, 23/06/2017 14:10 0

Palestina

Ingin Bebaskan Dua Tentara, Menteri Israel Imbau Penyerangan Gaza

Uri Ariel mendesak pemerintah Israel untuk menggunakan kekuatan militer guna menyerang Brigade Al-Qassam di Gaza. Ini dilakukan untuk menekan sayap militer Hamas tersebut agar membebaskan tentara Israel yang ditawan.

Jum'at, 23/06/2017 10:42 0

Close