... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

GNPF MUI Silaturahim ke Istana Merdeka, Sampaikan Kriminalisasi Ulama

Foto: Pimpinan GNPF MUI temui Presiden Jokowi di Istana Merdeka pada Ahad, (25/06).

KIBLAT.NET, Jakarta – Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) bersilaturahim dengan Presiden RI Joko Widodo pada Ahad, (25/06).

Pertemuan yang dipimpin oleh Ustadz Bachtiar Nasir selaku Ketua GNPF MUI itu diterima Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka. Pertemuan sebenarnya dijadwalkan pukul 11.30 WIB, namun tertunda beberapa jam, karena pada saat yang sama Presiden bersilaturahmi ke rumah Ibu Megawati Soekarnoputri.

Dalam pertemuan tertutup itu, Presiden Jokowi didampingi Menko Polhukam Wiranto, Mensesneg Pratikno dan Menag Lukman Hakim Saifuddin.

Pertemuan ini merupakan kelanjutan pertemuan sebelumnya antara GNPF MUI dengan Pemerintah yang diwakili Menkopolhukam Wiranto dan Wapres Jusuf Kalla dalam seminggu ini.

Selain Ustadz Bachtiar Nasir, hadir pula Wakil Ketua GNPF Zaitun Rasmin, Kapitra Ampera (Tim Advokasi GNPF), Yusuf Martak (Anggota Dewan Pembina), Muhammad Lutfi Hakim (Plt Sekretaris), Habib Muchsin (Imam FPI Jakarta), dan Deni (Tim Advokasi GNPF).

Bachtiar Nasir mengatakan, pertemuan Tim 7 GNPF MUI dengan Presiden RI Joko Widodo menyikapi berbagai persoalan terutama ketidakjelasan soal hukum yang menimpa ulama dan aktivis Islam, serta penyelesaiannya dengan jalan dialog langsung kepada Presiden.

Berangkat dari dua persoalan dan beberapa masalah kebangsaan, GNPF terus berupaya dan mencari solusi strategis. Di antaranya, penyelesaian kasus yang masih berjalan di tempat seperti kasus Sekjen Forum Umat Islam (FUI) Ust Muhammad Alkhattath, hanya sebatas janji tanpa realisasi dan status hukumnya tidak jelas.

BACA JUGA  Kota Suci Makkah Lockdown, Habib Rizieq Syihab Lebaran di Rumah Saja

Begitu juga kasus yang menimpa Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab yang juga Ketua Dewan Pembina GNPF, tidak ada kejelasan.

“Kami menginginkan Habib Rizieq kembali ke Indonesia, dengan damai tanpa pemaksaan yang akan semakin menambah kegaduhan di tengah umat dan ini akan menghabiskan energi yang tidak produktif. Lalu kami bertemu Menko Polhukkam, yang siap menjadi saluran aspirasi GNPF karena selama ini GNPF tidak punya saluran aspirasi yang jelas, semua menggantung,” kata KH Bachtiar Nasir.

Lewat momentum Idul Fitri, Menag yang memang ditugaskan oleh Presiden sebagai penggerak halal bihalal membuka saluran komunikasi dengam presiden untuk mempertemukan GNPF.

Maka tidak ada jalan tepat bagi GNPF kecuali memanfaatkan momentum tersebut dan berkomunikasi langsung dengan Presiden Jokowi.

“Setelah Menag berbicara dengan Presiden di (sela-sela Shalat Idul Fitri) di Istiqlal dan berkordinasi dengan Menko Polhukkam Wiranto, maka terjadilah pertemuan itu. Jadi hakikatnya pertemuan tersebut menyangkut kepentingan kedua belah pihak, bukan semata-mata kepentingan sepihak GNPF yang meminta bertemu, karena ini masalah hukum dan kebangsaan serta ini juga menyangkut negara,” kata alumni Pondok Pesantren Gontor ini.

Dia melanjutkan, “Tentu Presiden adalah simbol negara yang harus dihormati, karena itu kami berterima kasih bahwa Presiden telah menerima kami pada kesempatan berharga itu untuk berkomunikasi langsung dan menerima aspirasi kami,” katanya.

BACA JUGA  Jalani Rapid Test di Lapas, Habib Bahar Negatif Corona

 

Reporter: Bunyanun Marsus
Editor: Fajar Shadiq


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Puluhan Roket Hujani Raqqah Selepas Salat Ied

Gempuran acak yang dibarengi operasi darat berlanjut di hari raya Idul Fitri 1438 H di kota Raqqah. Milisi Kurdi Pasukan Demokratik Suriah dan koalisi internasional pimpinan AS menjatuhkan puluhan roket dan mortar sehingga menyebabkan jatuhnya korban sipil di wilayah kontrol Daulah Islamiyah (ISIS).

Senin, 26/06/2017 12:00 0

Iran

Rusia: Kami Tetap Mengandalkan Pangkalan Udar Iran untuk Serangan di Suriah

Duta Besar Rusia untuk Iran, Luan Jagaryan, mengatakan bahwa negaranya mengharapkan agar Iran mengizinkan penggunaan pangkalan udara untuk melakukan serangan di wilayah Suriah.

Senin, 26/06/2017 11:25 0

Mesir

Kabulkan Permintaan Saudi, Mesir Serahkan Dua Pulau

Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi pada hari Sabtu (24/06) menyetujui untuk menyerahkan Kepulauan Laut Merah ke Arab Saudi, menurut sebuah pernyataan kabinet.

Senin, 26/06/2017 10:40 1

Opini

Ketika Cahaya Hati Tak Lagi Bersinar

Kehidupan fana ini memiliki jutaan cerita dan otomatis dengan sejuta perasaan yang menyelimuti. Tak bisa dipungkiri pasti akan selalu dialami oleh setiap individu dalam hidupnya. Karena memang, orang hidup pasti memiliki masalah dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda dan selalu diiringi dengan berbagai macam perasaan, mulai dari sedih, senang, kecewa, puas, tertekan, dll.

Senin, 26/06/2017 09:25 1

Qatar

Qatar: 13 Tuntutan Arab Saudi Tidak Masuk Akal

Qatar mengatakan bahwa 13 tuntutan oleh Arab Saudi dan sekutunya untuk mengakhiri blokade mereka tidak "masuk akal" dan "dapat ditindaklanjuti". Demikian dikatakan pada Sabtu (24/06), sehari setelah tuntutan diajukan.

Senin, 26/06/2017 08:40 0

Foto

Meriahnya Pawai Obor Idul Fitri di Kota Poso

Kemeriahan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 H terpancar dari Kota Poso. Ribuan warga turun ke jalan membawa obor memekikkan takbir kemenangan hari raya.

Senin, 26/06/2017 07:44 0

Video Kajian

Ust. Muhajirin Ibrahim: 3 Golongan Manusia III

KIBLAT.NET-  Ust. Muhajirin Ibrahim: 3 Golongan Manusia III. Dalam khutbah ini akan dijelaskan golongan manusia yang...

Senin, 26/06/2017 07:00 0

Artikel

Jangan Keliru, Ini Lho Perang Pertama Dipimpin Rasulullah

Banyak yang mengira Perang Badar adalah perang pertama yang dipimpin Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. Namun, persepsi itu tidak mutlak benar. Perang pertama Rasullah yakni Perang Abwa' atau Perang Waddan pada bulan Safar tahun 2 Hijriah.

Sabtu, 24/06/2017 11:40 1

Video Kajian

Ust. Muhajirin Ibrahim: 3 Golongan Manusia II

KIBLAT.NET-  Ust. Muhajirin Ibrahim: 3 Golongan Manusia II. Dalam khutbah ini akan dijelaskan golongan manusia yang...

Sabtu, 24/06/2017 08:00 0

Arab Saudi

Saudi Klaim Gagalkan Serangan ke Masjidil Haram

Pasukan keamanan Arab Saudi menggagalkan sebuah serangan di dekat Masjidil Haram, Mekkah pada Jum'at (23/06). Demikian menurut saluran TV Saudi, Al-Ekhbariya dan Al-Arabiya.

Sabtu, 24/06/2017 05:29 0

Close