... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Hampir Sebulan Lawan Militer Filipina, Ini Sekilas Kelompok Maute

Foto: Abdullah Maute (berdiri), salah satu pemimpin kelompok Maute. Foto ini didapat militer Pilipina [sumber: BBC]

KIBLAT.NET, Mindanao – Hampir sebulan, kelompok militan yang sebelumnya tak dikenal telah bertahan melawan pasukan pemerintah dan kekuatan udara di Filipina selatan.

Militan Maute sebagian berasal dari kelompok Abu Sayyaf, yang telah mengambil alih sebagian kota Marawi sejak 23 Mei lalu. Kelompok Maute disebut-sebut akan mendirikan negara yang berpedoman kepada ISIS.

Pertempuran tak terduga tersebut membuat Presiden Rodrigo Duterte terlihat panik, yang disusul pengumuman keadaan darurat militer di Minadanao. Bahkan, Duterte mengajak seluruh kelompo pemberontak di Filipina untuk berpartisipasi dalam pertempuran, yang dijanjikan gaji yang sama dengan militer Filipina.

Ratusan orang dilaporkan terbunuh dalam pertempuran, baik dari pihak Maute, militer Filipina hingga warga. Hal ini menyita perhatian dunia internasional, baik lantaran pertempuran yang berlarut-larut maupun sosok Maute itu sendiri.

Dipimpin oleh sepasang saudara, Abdullah dan Omarkhayyam Maute, kelompok ini dibentuk tahun 2012. Seorang wartawan Filipina, John Unson, menyebut pembentukan kelompok ini sepulangnya mereka dari Timur Tengah, seperti dari Suriah, UEA, Mesir dan Yordania.

Mereka adalah anggota klan Maranaw Mindanao dan berasal sari Butig, sebuah kota di provinsi Lanao del Sur. Kelompok ini dipandang masih “muda” dibanding belasan kelompok bersenjata lain di Mindanao, yang menjadi basis konflik bersenjata yang telah berkecamuk sejak tahun 1960an.

Sebelum pertempuran Marawi, terjadi pertempuran besar pertama antara kelompok Maute dengan militer Filipina pada awal tahun lalu di tiga titik Lanao del Sur, sehingga memaksa hampir 30.000 orang mengungsi.

BACA JUGA  Filipina Akhiri Status Darurat Militer di Wilayah Mindanao 

Reporter: Ibas Fuadi
Sumber: World Bulletin

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Analisis

Adu Taktik Strategi di Suriah dan Iraq

Komplikasi konflik Suriah makin rumit dan tereskalasi selama satu bulan terakhir. Tidak ada kawan abadi; semua kesepakatan dan sekutu dapat berubah seketika sesuai kepentingan masing-masing pihak. Dalam hal konflik Suriah, kepentingan Iran-Rusia, AS dan Turki terus saling kejar memanfaatkan proxy ISIS yang kini sudah hampir K.O. (knock out).

Jum'at, 23/06/2017 14:10 0

Indonesia

Advokat GNPF-MUI Duga Masih Ada Kekuatan Besar yang Lindungi Ahok

Meski telah menjadi narapidana, Ahok tetap berada di Mako Brimob, Depok. Dalam hal ini, Ketua Tim Advokasi GNPF-MUI, Nasrullah Nasution menduga ada kekuatan besar yang melindungi Ahok.

Jum'at, 23/06/2017 13:10 0

Indonesia

Pemuda Muhammadiyah Desak Ahok Ditahan di LP Cipinang

Saksi Pelapor Ahok dari Pemuda Muhammadiyah, Pedri Kasman menegaskan bahwa seharusnya Ahok sudah ditahan di LP Cipinang. Menurutnya, terpidana tempatnya bukan di Mako Brimob.

Jum'at, 23/06/2017 12:36 0

Khutbah Jum'at

Khotbah Idul Fitri 1438: Kisah Musa dan Firaun; Saat Kebenaran Berhadapan dengan Penguasa Tiran

Berikut ini naskah Khotbah Idul Fitri tahun 1438 H. Dalam kesempatan kali ini, mengetengahkan hikmah pertarungan Musa melawan Firaun, yang ternyata hingga sampai saat ini pertempuran semacam itu terus terjadi.

Kamis, 22/06/2017 18:20 0

Foto

Ribuan Jamaah Penuhi Masjidil Haram, Begini Suasananya

Diperkirakan sebanyak 2,5 juta umat Islam memenuhi Masjidil Haram di malam ke 27 Ramadhan 1438 H. Selain jamaah umrah dan ‘itikaf, jamaah lainnya dari sekitar kota Mekkah pun berbondong-bondong menghadiri Salat Tarawih dan Qiyamul Lail di masjid paling suci itu.

Kamis, 22/06/2017 12:59 0

Tazkiyah

Kisah Mahasiswa Korbankan Gelar Demi Bimbing Keluarganya Masuk Islam

Untuk sebuah kemuliaan bersama di akhirat, ia tinggalkan kehormatan dunia yang sementara. Kisah mahasiswa ini dituturkan oleh Syaikh Falah Ismail dalam ceramahnya pada Selasa 8 Februari 2011, seperti dikutip dari situs Abdurrahman.org.

Kamis, 22/06/2017 05:02 0

Artikel

Politik Identitas Muslim Melayu Patani Terhadap Bangsa Thailand

Sejak diproklamirkannya kemerdekaan itu, masyarakat Muslim Patani yang merasa berbeda agama, etnis, dan klaim historis atas tanah menganggap bahwa pemerintah pusat tersebut adalah “semacam kolonial” yang sedang menawarkan perubahan atau modernisasi dengan identitas tunggal, yaitu identitas nasional Thailand (Siamisasi) yang berbeda dan menggerus identitas kultural yang mereka miliki.

Rabu, 21/06/2017 23:46 0

Khazanah

Menakutkan, Begini Azab Kubur Bagi yang Tidak Mau Membayar Zakat

’Suaranya itu membuatku menangis. Aku pun menggali kuburannya untuk melihat keadaannya. Tiba-tiba dalam kuburannya itu ada nyala api dan di lehernya ada kalung dari api.

Rabu, 21/06/2017 10:41 0

Artikel

Mengupas Analisis Barat soal Konsep Khilafah

Dalam imajinasi populer Barat, khilafah sering memunculkan sejumlah citra negatif, sementara demonstrasi yang diselenggarakan untuk mendukung kebangkitan kembali khilafah diperlakukan dengan campuran rasa takut dan penghinaan,

Rabu, 21/06/2017 07:08 1

Video Kajian

Dr. Anung Al Hamat: Marah yang Terpuji dan Tercela

KIBLAT.NET-  Dr. Anung Al Hamat: Marah yang Terpuji dan Tercela dalam Islam. Marah dibagi menjadi...

Rabu, 21/06/2017 06:00 0

Close