... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

4 Napi Asing Kabur dari Lapas Kerobokan, ICJR: Itu Masalah Laten

Foto: Ilustrasi

KIBLAT.NET, Jakarta – Pengelolaan lembaga pemasyarakatan (Lapas) kembali menjadi sorotan pasca kaburnya empat orang narapidana asing dari Lapas Kerobokan Bali. Keempatnya melarikan diri dengan cara menggali terowongan ke luar Lapas.

Menurut lembaga Institute for Criminal Justice Reform (ICJR), kaburnya empat narapidana asing di Kerobokan Bali ini sesungguhnya bukanlah sesuatu yang sangat jarang terjadi di Indonesia.

ICJR mencatat, sampai dengan 20 Juni 2017 terdapat tidak kurang dari 26 kasus melarikan diri di Rutan dan Lapas di Indonesia. Untuk itu, pemerintah harus melakukan evaluasi yang serius atas kebijakan pemidanaan di Indonesia.

Bagi ICJR, problem melarikan diri dari Rutan dan Lapas di Indonesia tidak terlepas dari masalah laten kelebihan beban penghuni di Rutan dan Lapas di Indonesia.

“Data sampai dengan Juni 2017, kapasitas Rutan dan Lapas di Indonesia adalah 122. 204 orang, dengan kapasitas itu, jumlah penghuninya mencapai 225.835 orang atau terdapat kelebihan beban penghuni sejumlah 185%,” kata Supriyadi Widodo Eddyono, Direktur Eksekutif ICJR dalam pres rilisnya kepada Kiblatnet.

Salah satu dampak langsung dari meledaknya kepadatan penghuni Rutan dan Lapas tersebut adalah resiko keamanan yang tidak lagi terjamin, termasuk memastikan penghuni Rutan dan Lapas tidak melarikan diri.

Secara faktual, terdapat resiko keamanan yang serius yang diakibatkan oleh tingginya tingkat
kepadatan penghuni Rutan dan Lapas.

“Berdasarkan Riset ICJR pada 2014, alasan kelebihan beban penghuni, mengakibatkankan ketiadaan tempat dalam Lapas. Akibatnya pada saat malam hari, hanya blok atau sebagian dari blok yang dapat dikunci, karena sel tidak dapat dikunci,” tambahnya.

BACA JUGA  Pernah Jadi Napi, Ahok Tak Bisa Jadi Menteri

Hal ini memunculkan resiko keamanan yang besar baik di antara penghuni maupun antara penghuni dan petugas, serta kemungkinan melarikan diri yang tinggi.

 

Reporter: Bunyanun Marsus
Editor: Fajar Shadiq

 


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Info Event

Baru Berusia 20 Hari, Bocah Ini Derita Infeksi Saluran Pernapasan, Mari Bantu!

Kholid, yang baru berusia 20 hari, merupakan putra pertama dari Irfanuddin (24). Ia diuji Allah dengan sakit infeksi saluran pernafasan atas. Saat diperiksa di RS. UNS Solo Pada sabtu (25/5), si kecil Kholid divonis dokter mengalami infeksi saluran pernafasan atas dan langsung dirujuk ke RS. Moewardi

Rabu, 21/06/2017 00:19 0

Opini

Memaknai Rekonsiliasi: Kebaikan untuk Semua

Ketika abolisi terwujud, maka kita akan mudah menuju rekonsiliasi yang dimaksudkan, tentunya didasarkan atas kebenaran (truth), sifat welas asih manusia (mercy), keadilan (justice), dan perdamaian (peace), kesemua itu bertemu dan bersatu secara bersama.

Rabu, 21/06/2017 00:01 0

Asia

Ingin Bantu Anak Yatim dan Janda Syuhada Patani? Begini Caranya

KIBLAT.NET – Konflik Patani di selatan Thailand dari tahun 2004 sampai sekarang ini. Banyak memberikan...

Selasa, 20/06/2017 23:07 0

Info Event

Silaturahim Pemuda Muslim ASEAN: Pemuda Bersatu dalam Keragaman Budaya ASEAN & Nusantara

(KAMMI) mengadakan majelis "Silaturahim Pemuda Muslim ASEAN" dengan menyusun tema "Pemuda Bersatu dalam Keragaman Budaya ASEAN dan Nusantara".

Selasa, 20/06/2017 21:45 0

Afrika

Bom Mobil Al-Shabab Tewaskan 10 Pejabat di Mogadishu

Pejuang Al-Shabab kembali melancarkan serangan di sebuah gedung pemerintahan di ibukota Somalia, Mogadishu.

Selasa, 20/06/2017 19:59 0

Amerika

Seorang Remaja Muslimah di Amerika Tewas Dibunuh Sepulang Tarawih

Nabra Hassanen dikabarkan hilang sepulang solat tarawih pada Ahad (18/06) dini hari di sebuah masjid di Sterling, Virginia dekat Washington.

Selasa, 20/06/2017 19:21 0

Inggris

Kebakaran Grenfell Tower Turut Tewaskan Pengungsi Suriah

Kebakaran yang terjadi di Grenfell Tower telah menewaskan sedikitnya 12 jiwa. Salah-satunya berhasil dikenali sebagai Mohammad al-Haj Ali,

Selasa, 20/06/2017 18:49 0

Arab Saudi

Hai’ah Kibar Ulama Saudi “Serang” Ikhwanul Muslimin

“Setiap jamaah yang terorganisir, memiliki pemimpin, mengambil ba’iat dari pengikutnya, dan mereka ingin loyal kepada mereka, mereka telah memecah belah menusia,” lanjutnya.

Selasa, 20/06/2017 18:00 1

Khazanah

Demi Membela Kafir Dzimmi, Ulama Tabiin ini Rela Berkelahi dengan Polisi

Lalu ‘Amir menyerang polisi itu dan membebaskan laki-laki kafir dzimmi dari cengkeraman kedua tangannya dengan kuat, lalu dia melepaskannya seraya berkata, “Pergilah untuk mencari nafkah bagi keluargamu.”

Selasa, 20/06/2017 16:30 0

Amerika

Hadapi Teroris, Facebook Berbagi Data Pengguna dengan WA dan Instagram

Raksasa IT Facebookberencana untuk menjadikan berbagai konten terkait “terorisme” tetap berada di luar situs.

Selasa, 20/06/2017 15:30 0

Close