... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Uni Eropa Didesak Atasi Islamofobia Usai Serangan di Masjid Finsbury Park London

Foto: Masjid Finsbury Park, London.

KIBLAT.NET, London – Sebuah jaringan anti diskriminasi Eropa pada hari Senin, (19/06) meminta negara-negara anggota Uni Eropa untuk melakukan tindakan “mendesak” terhadap meningkatnya Islamofobia di seluruh Eropa menyusul serangan baru-baru ini ke sebuah masjid di London.

Dalam sebuah pernyataan, direktur Jaringan Eropa Melawan Racisme (ENAR) yang berbasis di Brussels mengecam keras serangan yang menewaskan setidaknya satu orang dan melukai 10 lainnya di luar sebuah masjid di London utara, pada Senin pagi.

Serangan tersebut terjadi ketika seorang pengemudi mobil van dengan sengaja menabrakkan kendaraannya ke kerumunan jamaah Muslim di dekat Masjid Finsbury Park pada tengah malam. Serangan ini diperlakukan sebagai insiden terorisme.

“Ini tampaknya merupakan manifestasi Islamofobia terbaru dan sangat kejam di Eropa karena kita telah menyaksikan peningkatan insiden rasisme dan seruan yang menargetkan Muslim di seluruh Eropa,” kata Michael Privot.

Ia menambahkan, diperlukan sebuah aksi mendesak untuk menangani Islamofobia, terutama dalam konteks meningkatnya rasa aman bagi umat Islam.

Direktur ENAR itu menyatakan bahwa Uni Eropa dan negara anggotanya harus menantang kebencian dan wacana yang mendorong Islamofobia di seluruh benua.

Dia juga mendesak pemerintah Eropa untuk memastikan bahwa komunitas Muslim tidak boleh diprofilkan sebagai teroris potensial.

“Mereka perlu memastikan bahwa segala macam kejahatan kebencian harus diberi sanksi, mendukung para korban, dan menjamin keamanan semua warga negara dan penduduk,” kata Privot. Ia memperingatkan bahwa kegagalan menangani gejala Islamofobia akan menyebabkan lebih banyak jatuhnya korban dan memperlebar jurang perpecahan.

BACA JUGA  Setahun Berlalu, Pelaku Penembakan Masjid Selandia Baru Akhirnya Mengaku Bersalah

Setelah serangan tersebut, polisi London telah menahan pelakunya, seorang pria berusia 48 tahun. Ia ditangkap warga setempat setelah kabur meninggalkan mobil van dan mencoba melarikan diri dari tempat kejadian.

Sebagian besar korban baru saja pulang dari Rumah Kesejahteraan Muslim di Seven Suster Road usai sholat Taraweh yang diadakan pada bulan suci Ramadan, ketika van itu menaiki trotoar dan menabrak mereka.

 

Reporter: Bunyanun Marsus
Sumber: Worldbulletin

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Analisis

Blokade Qatar, Langkah Awal Trump Kacaukan Timur Tengah

Dukungan Donald Trump untuk tindakan Saudi juga merusak kredibilitas Amerika. Ini menunjukkan bahwa, di bawahnya, negara adidaya dapat dengan mudah meninggalkan sekutu-sekutunya setelah mengobrol singkat dengan musuh mereka.

Selasa, 20/06/2017 00:47 0

Rilis Syamina

Lapsus Syamina: Geger Pecinan 1740, Kegagalan Manajemen Chaos di Negara Islam Kartasura

Geger pecinan atau perang sepanjang (karena orang Cina dipimpin Kapiten Sepanjang) yang berlangsung selama empat tahun (1740-1743) terjadi hampir di seluruh pulau Jawa.

Senin, 19/06/2017 23:31 0

Indonesia

Beredar Mie Instan Impor Tanpa Label Halal Rugikan Masyarakat Muslim

Empat merk mie instn mengandung zat babi

Senin, 19/06/2017 21:42 0

Indonesia

Ormas Macan Ali Bantah Ikut Bubarkan Kajian di Cirebon

Bulan Ramadhan tahun ini dikejutkan dengan insiden pembubaran kajian bertema kristenisasi di Cirebon. Acara kajian pada Ahad (18/06) yang sedianya diisi oleh ustadz Bernard Abdul Jabbar yang diketahui mantan pemeluk agama Kristen itu dibubarkan oleh pihak kepolisian dan sejumlah organisasi masyarakat.

Senin, 19/06/2017 09:25 1

Indonesia

Dianggap Bermuatan SARA, Polisi Bubarkan Kajian Buka Puasa di Cirebon

Acara kajian yang dilanjutkan buka puasa bersama para muallaf dan Aktivis Anti Pemurtadan yang diadakan oleh Forum Silaturahmi Umat dan Alumni 212 se-Cirebon Raya pada Ahad (18/06) dibubarkan oleh aparat kepolisian yang dibantu sejumlah ormas. Acara ini, sedianya menghadirkan ustadz Bernard Abdul Jabbar sebagai pemateri.

Senin, 19/06/2017 09:02 2

Video Kajian

Bagaimana Hukum Lansia yang Tak Sanggup Puasa?

KIBLAT.NET–  Bagaimana Hukum Lansia yang Tak Sanggup Puasa? Banyak orang yang lanjut usia dan tak sanggup...

Senin, 19/06/2017 08:00 0

Artikel

Inilah 7 Tips Untuk Meraih Malam Lailatul Qadar

KIBLAT.NET – Dua pertiga bulan Ramadhan sudah berlalu. Bagaimana sebelum Ramadhan datang, kita semua bersiap...

Ahad, 18/06/2017 14:50 0

Indonesia

“Muncul” di Hotel Balairung, Habib Rizieq: Kepergian Saya Bentuk Perlawanan atas Ketidakadilan

Setelah lama ditunggu, Penasehat GNPF-MUI, Habib Rizieq Syihab akhirnya "muncul". Dalam sebuah rekaman suara, ia menegaskan bahwa kepergiannya ke ArabSaudi bukan lari dari penegakan hukum. Melainkan bentuk perlawanan atas ketidakadilan.

Ahad, 18/06/2017 09:02 0

Konsultasi

Mungkinkah Wanita Haid Mendapati Keutamaan Malam Lailatul Qadar?

Jika seorang wanita yang haid dilarang menunaikan shalat, maka dia masih memungkinkan untuk menghidupkan malamnya dengan ketaatan-ketaatan lainnya seperti:

Sabtu, 17/06/2017 16:53 0

Indonesia

Ini Sejumlah Kejanggalan Kasus Chat FH-HRS Menurut Kuasa Hukum

Kuasa Hukum Firza Husain, Aziz Yanuar, mengungkapkan bahwa sejumah kejanggalan dalam kasus yang menimpa kliennya. Aziz mencontohkan, cara penyidik yang menggiring pertanyaan ke FH supaya mengarah pada adanya hubungan tertentu antara FH dan HRS.

Sabtu, 17/06/2017 16:30 0

Close