... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Suara Pembaca

Silaturahim Pemuda Muslim ASEAN: Pemuda Bersatu dalam Keragaman Budaya ASEAN & Nusantara

KIBLAT.NET, Jakarta – Pengurus Pusat Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) mengadakan majelis “Silaturahim Pemuda Muslim ASEAN” dengan menyusun tema “Pemuda Bersatu dalam Keragaman Budaya ASEAN dan Nusantara”. Acara ini diadakan di kawasan sekretariat Pengurus Pusat KAMMI Jakarta.

Silaturahim yang dilanjutkan dengan buka puasa bersama dan Dialog Kepemudaan Indonesia – Patani (Thailand Selatan) ini dihadiri oleh segenap Pengurus Pusat KAMMI dan Pengurus Himpunan Pelajar Patani di Indonesia (HIPPI).

Ketua Umum PP KAMMI, Kartika Nurrakhman dan Ketua Umum HIPPI, Hazmee Saleh turut menjadi narasumber dalam dialog kepemudaan lintas negara tersebut.

Setelah buka puasa dilanjut dengan persentasi “Patani Dalam Kontek Historis” pemaparan realitas masyarakat Muslim di Patani (Thailand Selatan) oleh mahasisiwa Patani yang berkuliah di Indonesia.

Ketua Umum PP KAMMI mempresentasikan sejarah lahirnya Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) pada 29 Maret 1998 di Malang dan menjadi salah satu penggerak aksi reformasi 1998.

KAMMI pada perkembangannya mentransformasikan diri dari gerakan aksi massa menjadi gerakan mahasiswa muslim yang berbasis literasi, diskusi, dan aksi sosial. Kini KAMMI menjadi salah satu gerakan mahasiswa terbesar di Indonesia dengan jumlah kader dan alumni hingga ratusan ribu orang, memiliki ratusan cabang di berbagai wilayah Indonesia hingga luar negeri, dan memiliki jejaring luas hingga lingkup internasional.

Ketua Umum HIPPI juga menceritakan sejarah lahirnya Himpunan Pelajar Patani Di Indonesia (HIPPI) yang berada di Jakarta didirikan pada tanggal 09 Oktober 2011, HIPPI adalah organisasi kemahasiswaan dan berorientasi kemasyarakatan bagi umat bangsa melayu Patani.

BACA JUGA  Tetap Menghafal Al-Quran di Masa Pandemi Bersama HOST

HIPPI merupakan wadah perkumpulan pelajar yang datang dari Selatan Thailand, yaitu (Profensi Patani, Profensi Yala, Profensi Narathiwat dan Profensi sebahagian dari Songkla) dengan tujuan mencari pendidikan dan pengajian di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan menetap dan menepuh studi di Jakarta khususnya.

Aktivis Patani berharap silaturrahim ini membawa banyak faedah demi terbukanya jalinan kerjasama yang baik dan semakin kuatnya rasa ukhuwah Islamiyah sebagai seorang Muslim walau dibatasi oleh sekat-sekat teritorial negara yang berbeda.
Penulis : Zulkifli bin Ahmad (Kholee Nusan).
Editor: Fajar Shadiq


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afrika

Bom Mobil Al-Shabab Tewaskan 10 Pejabat di Mogadishu

Pejuang Al-Shabab kembali melancarkan serangan di sebuah gedung pemerintahan di ibukota Somalia, Mogadishu.

Selasa, 20/06/2017 19:59 0

Amerika

Seorang Remaja Muslimah di Amerika Tewas Dibunuh Sepulang Tarawih

Nabra Hassanen dikabarkan hilang sepulang solat tarawih pada Ahad (18/06) dini hari di sebuah masjid di Sterling, Virginia dekat Washington.

Selasa, 20/06/2017 19:21 0

Inggris

Kebakaran Grenfell Tower Turut Tewaskan Pengungsi Suriah

Kebakaran yang terjadi di Grenfell Tower telah menewaskan sedikitnya 12 jiwa. Salah-satunya berhasil dikenali sebagai Mohammad al-Haj Ali,

Selasa, 20/06/2017 18:49 0

Arab Saudi

Hai’ah Kibar Ulama Saudi “Serang” Ikhwanul Muslimin

“Setiap jamaah yang terorganisir, memiliki pemimpin, mengambil ba’iat dari pengikutnya, dan mereka ingin loyal kepada mereka, mereka telah memecah belah menusia,” lanjutnya.

Selasa, 20/06/2017 18:00 1

Indonesia

Bersama Wakil Bupati Gresik, BMH Bagi Ratusan Bingkisan Lebaran

Sebanyak ratusan anak yatim piatu di Gresik mendapatkan kucuran bantuan penuh dari Baitul Maal Hidayatullah Jawa Timur.

Selasa, 20/06/2017 17:44 0

Indonesia

Polda Metro Jaya Larang Warga Jakarta Takbir Keliling di Malam Lebaran

Polda Metro Jaya mengeluarkan surat edaran yang berisi himbauan kepada masyarakat untuk melakukan takbir keliling untuk menyambut hari raya Idul Fitri 1438 H.

Selasa, 20/06/2017 16:31 0

Khazanah

Demi Membela Kafir Dzimmi, Ulama Tabiin ini Rela Berkelahi dengan Polisi

Lalu ‘Amir menyerang polisi itu dan membebaskan laki-laki kafir dzimmi dari cengkeraman kedua tangannya dengan kuat, lalu dia melepaskannya seraya berkata, “Pergilah untuk mencari nafkah bagi keluargamu.”

Selasa, 20/06/2017 16:30 0

Indonesia

MUI Tegaskan Perkara Mie Samyang adalah Masalah Besar

Beredarnya mie instan asal Korea, Samyang yang mengandung zat babi turut menjadi sorotan Wasekjen MUI, KH. Tengku Zulkarnain.

Selasa, 20/06/2017 15:59 0

Amerika

Hadapi Teroris, Facebook Berbagi Data Pengguna dengan WA dan Instagram

Raksasa IT Facebookberencana untuk menjadikan berbagai konten terkait “terorisme” tetap berada di luar situs.

Selasa, 20/06/2017 15:30 0

Suriah

Milisi Kurdi Ancam Serang Militer Suriah

“Kami menegaskan jika rezim melanjutkan serangannya atas wilayah kami di provinsi Raqqah kami tidak segan-segan membalas yang serupa,” tegas Salaw.

Selasa, 20/06/2017 15:00 0

Close