... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

QCH: Idul Fitri di Qatar Jatuh Tanggal 25 Juni

Foto: Umat Muslim Qatar

KIBLAT.NET, Doha – Mengutip perhitungan astronomi, yang dimuat Qatar Calendar House (QCH), bulan suci Ramadhan tahun 2017 akan berlangsung selama 29 hari dan akan berakhir pada tanggal 24 Juni.

“Oleh karena itu, tanggal 1 Syawal akan jatuh pada hari Ahad 25 Juni,” kata Direktur QCH Dr Mohamed Al Ansari dan seorang astronom Dr Beshir Marzouk, seperti dikutip Qatar Living, Ahad (18/06).

Sementara itu, laporan lain di situs India.com mengatakan bahwa negara-negara yang mulai berpuasa mulai 27 Mei, seperti Arab Saudi, UEA, Bahrain, Qatar, Mesir, Turki, Irak, Iran, Suriah, Lebanon dan Amerika Serikat antara lain, akan melakukan pengamatan hilal 1 Syawal pada Sabtu sore.

Jika bulan terlihat, hari pertama Idul Fitri akan berlaku pada hari Ahad. Jika tidak, Idul Fitri di negara-negara ini akan dirayakan pada hari Senin 26 Juni.

Menurut astronom, bulan baru bisa dilihat pada hari Sabtu, namun visibilitasnya akan tergantung pada kondisi meteorologi. Beberapa laporan menunjukkan bahwa bulan akan terlihat dengan mata telanjang di Equador, Peru dan pulau-pulau yang terletak di Samudera Pasifik. Bulan juga akan terlihat dengan bantuan alat optik di beberapa bagian Arab Saudi dan Yaman.

Sebelum menginjak bulan Syawal, umat Muslim sedianya gencar melakukan ibadah di bulan Ramadhan. Di antara mereka bahkan menjalankan i’tikaf di 10 hari terakhir untuk mendukung hal itu.

Reporter: Ibas Fuadi
Sumber: Qatar Living

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

“Muncul” di Hotel Balairung, Habib Rizieq: Kepergian Saya Bentuk Perlawanan atas Ketidakadilan

Setelah lama ditunggu, Penasehat GNPF-MUI, Habib Rizieq Syihab akhirnya "muncul". Dalam sebuah rekaman suara, ia menegaskan bahwa kepergiannya ke ArabSaudi bukan lari dari penegakan hukum. Melainkan bentuk perlawanan atas ketidakadilan.

Ahad, 18/06/2017 09:02 0

Konsultasi

Mungkinkah Wanita Haid Mendapati Keutamaan Malam Lailatul Qadar?

Jika seorang wanita yang haid dilarang menunaikan shalat, maka dia masih memungkinkan untuk menghidupkan malamnya dengan ketaatan-ketaatan lainnya seperti:

Sabtu, 17/06/2017 16:53 0

Indonesia

Ini Sejumlah Kejanggalan Kasus Chat FH-HRS Menurut Kuasa Hukum

Kuasa Hukum Firza Husain, Aziz Yanuar, mengungkapkan bahwa sejumah kejanggalan dalam kasus yang menimpa kliennya. Aziz mencontohkan, cara penyidik yang menggiring pertanyaan ke FH supaya mengarah pada adanya hubungan tertentu antara FH dan HRS.

Sabtu, 17/06/2017 16:30 0

Indonesia

Pakar Telematika Bantah Teori Polisi Soal Chat HRS dan FH

"Ada pernyataan pak Argo, handphone satu dengan yang lain ada transmisi. Handphonenya sudah di cek Telkomsel atas nama Rizieq Shihab. Dari sisi telematika saya bilang ini banyak kelemahan," katanya saat diskusi 'Uji Shahih Alat Bukti Elektronik dalam Kasus HRS' di Hotel Balairung, Jakarta pada Jumat (16/06).

Sabtu, 17/06/2017 15:56 0

Tazkiyah

Rezeki Pasti Menghampiri, Tak Akan Lari

Syaikh Shalih, Izzuddin Abdul Aziz bin Abdul Mun’im bin Shaqil Al-Harrani bercerita, “Sewaktu aku berada di Qolyub, di depanku ada setumpuk biji gandum.

Sabtu, 17/06/2017 14:00 0

Indonesia

Pakar Telematika: Pengedit Chat FH dan HRS Amatiran

Pakar telematika, Hermansyah mengatakan bahwa pengedit foto Firza Husein adalah orang yang tidak profesional. Menurutnya, hal itu terlihat dari warna foto yang berbeda antara wajah dan badan.

Sabtu, 17/06/2017 13:26 0

Indonesia

Ulama Turki Dukung Syaikh Yusuf Qardhawi

Sejumlah ulama terkemuka Turki dilaporkan telah merilis pernyataan bersama untuk memberi dukungan kepada ketua Persatuan Ulama Islam Internasional, Dr. Yusuf al-Qardhawi.

Sabtu, 17/06/2017 13:06 0

Indonesia

Komnas HAM Masih Kesulitan Temui Al-Khaththath

"Terjadi di depan mata, ada ketidakadilan. Komnas HAM tidak bisa bertemu Ustadz Al-Khattat," katanya saat menerima kunjungan Presidium Alumni 212 di Kantor Komnas HAM, Jakarta pada Jumat (16/06).

Sabtu, 17/06/2017 12:57 0

Artikel

Begini Tanda-tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar

“Barang siapa yang terjaga untuk mendapatkan malam lailatul qadar, kemudian benar-benar mendapatkannya, maka dia telah diampuni dosa sebelum dan sesudahnya,” (HR. Ahmad)

Sabtu, 17/06/2017 10:58 2

Video Kajian

Pencuri Pahala Puasa [Ust. Miftahul Ihsan, Lc.]

KIBLAT.NET- Puasa Ramadhan adalah  puasa yang diwajib bagi setiap muslim dan muslimah yang baligh dan...

Sabtu, 17/06/2017 06:00 0

Close