... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pendidikan Agama Bakal Dihapus? Ini Penjelasan Kemdikbud

Foto: Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Foto: Netralitas

KIBLAT.NET, Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) membantah bahwa pihaknya akan menghapus pendidikan agama di sekolah. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat (Ka BKLM) Ari Santoso.

“Beredarnya pemberitaan yang menyebutkan bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan meniadakan Pendidikan Agama di sekolah adalah tidak benar,” katanya dalam rilis yang diterima Kiblat.net pada Rabu (14/06).

Ari mengatakan bahwa upaya untuk meniadakan pendidikan agama itu tidak ada di dalam agenda reformasi sekolah sesuai arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

“Justru pendidikan keagamaan yang selama ini dirasa kurang dalam jam pelajaran pendidikan agama akan semakin diperkuat melalui kegiatan ekstrakurikuler,” tuturnya.

Ia menjelaskan konteks pernyataan Mendikbud usai rapat kerja dengan Komisi X DPR RI kepada wartawan. Mendikbud mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 23 Tahun 2017, bahwa sekolah dapat bekerja sama dengan lembaga pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan karakter yang sesuai dengan nilai karakter utama religiusitas atau keagamaan.

“Judul pemberitaan tersebut tidak tepat. Ada konteks yang terlepas dari pernyataan Mendikbud usai Raker dengan Komisi X,” jelas Ari.

Ari menambahkan, bahwa Mendikbud mencontohkan penerapan penguatan pendidikan karakter yang dilakukan beberapa kabupaten. Seperti Kabupaten Siak yang memberlakukan pola sekolah sampai pukul 12 siang, lalu dilanjutkan dengan belajar agama bersama para ustadz. Siswa diberi makan siang yang dananya diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

BACA JUGA  Terkait Kebakaran Hutan, Pemerintah Dinilai Bermain-main Statistik

“Kemudian Mendikbud juga menyampaikan pola yang diterapkan Kabupaten Pasuruan. Seusai sekolah, siswa belajar agama di Madrasah Diniyah,” paparnya.

Menurutnya, pernyataan Mendikbud telah sesuai dengan pasal 5 ayat 6 dan ayat 7 Permendikbud tentang Hari Sekolah yang mendorong penguatan karakter religius melalui kegiatan ekstrakurikuler.

“Termasuk di dalamnya kegiatan di Madrasah Diniyah, pesantren kilat, ceramah keagamaan, retreat, katekisasi, baca tulis Al Quran dan kitab suci lainnya,” pungkasnya

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Amerika

AS: Taliban Raih Kemajuan

Menteri Pertahanan AS, Jim Mattis, Selasa (13/06), memperingatkan anggota parlemen AS bahwa gerakan Taliban meraih kemajuan di Afghanistan. AS tidak mengalami kemajuan dalam perang menghadapi gerakan tersebut.

Rabu, 14/06/2017 18:00 0

Suriah

Milisi Kurdi Serbu Wilayah Pejuang Suriah

Pasukan Demokratik Suriah, aliansi milisi Kurdi Suriah, kembali menyerbu wilayah pejuang Suriah di pedesaan Aleppo dalam upaya ekspansi wilayah. Namun upaya tersebut berhasil digagalkan

Rabu, 14/06/2017 17:00 0

Fikih

Kapan Seharusnya Mengawali dan Mengakhiri I’tikaf?

“Dahulu Rasulullah sallallahu’alaihi wa sallam ketika ingin beri'tikaf, shalat fajar kemudian memasuki tempat i'tikafnya."

Rabu, 14/06/2017 16:30 0

Arab Saudi

Foto-foto Menakjubkan Shalat Tarawih di Masjidil Haram

Foto-foto Menakjubkan Shalat Tarawih di Masjidil Haram

Rabu, 14/06/2017 14:39 0

Prancis

Diduga Danai Gerilyawan di Suriah, Raksasa Semen Eropa Diselidiki

Di antara kelompok bersenjata itu Organisasi Daulah Islamiyah (ISIS), yang saat itu mengontrol sebagian besar wilayah di Aleppo. Kesepakatan ini berlangsung antara tahun 2012 hingga 2014.

Rabu, 14/06/2017 14:30 0

Afghanistan

AS Yakin Akan Tambah Pasukan Besar di Afghanistan

"Kami tidak menang di Afghanistan sekarang," kata Mattis kepada Komite Angkatan Bersenjata Senat sebelumnya pada hari Selasa. "Dan kami akan memperbaikinya sesegera mungkin," imbuhnya. Mattis mengatakan bahwa Taliban mengalami peningkatan saat ini, sesuatu yang dia katakan ingin dihadapi.

Rabu, 14/06/2017 14:07 0

Info Event

Hadirilah! Bedah Buku Cahaya Islam Bersama Ustadz Anung Al-Hamat

Bismillah… Dengan mengharap Ridho Allah Subhana Wa Ta’ala… ✅ *Hadirilah…*‼️‼️ ⁠⁠⁠ *KAJIAN BEDAH BUKU *...

Rabu, 14/06/2017 13:28 0

Turki

Erdogan Desak Raja Salman Selesaikan Konflik dengan Qatar

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengajak Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz al-Saud, untuk mengambil peran utama dalam penyelesaian masalah krisis antara negara-negara Teluk dengan Qatar.

Rabu, 14/06/2017 13:18 0

Info Event

Yuk Semarakkan Ramadhan Bersama Imam-imam Negeri Syam

Mengundang kepada segenap kaum Muslimin dan Muslimat untuk hadir dan berpartisipasi dalam rangkaian acara 'RAMADHAN BERMAKNA BERSAMA IMAM-IMAM DARI NEGERI SYAM'. Sebuah sarana untuk membangun dukungan dan kepedulian akan nasib saudara-saudara kita dibumi Syam yang diberkahi...Agar Ramadhan tahun ini mereka bisa kembali tersenyum dan berbahagia...agar anak-anak mereka bisa kembali bermain dan tertawa. MARI JADIKAN RAMADHAN

Rabu, 14/06/2017 12:01 0

Suriah

Bebas dari Penjara, Pemuda Daraa Ini Tewas oleh Serangan Udara

Tiada mengetahui takdir yang sudah ditentukan oleh Allah. Kebahagiaan yang sudah di depan mata dalam sekejap bisa berubah kematian. Demikian yang dialami Yusuf Rakan Obazad, warga Daraa. Baru dua hari menghirup udara bebas, ia terbunuh akibat rudal jet tempur rezim Assad.

Rabu, 14/06/2017 11:40 0

Close