... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Drone AS Tewaskan Abu Bakar, Tokoh Jaringan Haqqani di Pakistan

Foto: Pejuang Haqqani Pakistan

KIBLAT.NET, Kabul- Amerika Serikat dilaporkan telah membunuh seorang komandan dari jaringan Haqqoni dengan menggunakan drone di Pakistan. Serangan mematikan terhadap tokoh Taliban ini diketahui merupakan yang keempat kalinya sepanjang dua belas bulan terakhir.

Menurut penuturan pejabat Pakistan kepada The Express Tribune, drone milik AS telah melepaskan dua rudal ke komplek rumah milik Abu Bakar Haqqani di distrik Hanggu di provinsi Khyber-Pakhunkhwa, Pakistan pada Selasa (13/06). Abu Bakar bersama dua pengawalnya dari Patika, Afghanistan dilaporkan tewas dalam serangan tersebut.

Jaringan Haqqani merupakan kelompok yang terintegrasi dengan Taliban Afghanistan. Pemimpin jaringan, Sirajuddin Haqqani diketahui juga merupakan satu dari dua wakil Amir Imarah Islamiyah Afghanistan.

Sebelumnya, pemerintah Afghanistan telah menuduh jaringan Haqqani bertanggung jawab atas serangan bom di Kabul pada 31 Mei lalu yang menewaskan 150 orang. Imarah Islamiyah dan jaringan Haqqani tegas membantah keterlibatan mereka dalam serangan tersebut.

AS telah menargetkan Jaringan Haqqani di Hangu setidaknya satu kali lain dalam beberapa tahun terakhir. Pada 21 November 2013, pesawat tak berawak AS menyerang sebuah di Hangu dimana para pemimpin Jaringan Haqqani berkumpul. Sedikitnya, enam komandan Haqqani dilaporkan terbunuh.

Kepemimpinan jaringan Haqqani telah ditargetkan berkali-kali selama operasi drone AS di Pakistan. Serangan drone mula intensif pada tahun 2004 namun meningkat pada tahun 2008 di era Presiden George W. Bush. AS telah membunuh 13 Komandan Haqqani, menurut data yang dikumpulkan oleh FDD’s Long War Journal.

BACA JUGA  Jubir Taliban Bantah Pernyataan Trump Saat Kunjungi ke Afghanistan

Di antara mereka yang tewas adalah Badruddin Haqqani, saudara kandung Sirajuddin dan seorang wakil tinggi; Jan Baz Zadran, komandan kelompok ketiga; Mullah Sangeen Zadran, seorang komandan militer senior yang merupakan gubernur bayangan Paktika; kemudian Abdullah Haqqani, yang mengkoordinasikan dan melatih pasukan di kelompok tersebut.

Serangan mematikan terhadap tokoh Taliban ini diketahui merupakan yang keempat kalinya sepanjang dua belas bulan terakhir. Pada 29 April, drone AS dilaporkan membunuh komandan Al-Qaidah Abdul Raheem.

Pada 24 Mei lalu, AS juga telah membunuh Abdullah yang merupakan pakar elektronik Taliban dari Pakistan. Abdullah dikabarkan memiliki keterkaitan dengan Akhtar Muhammad Khalil, Amir Taliban di Waziristan utara. Serangan AS yang paling menyakitkan terjadi pada Mei 2016, yang menewaskan Amir kedua Imarah Islamiyah Afghanistan di provinsi Baluchinstan.

 
Reporter: Syafi’i Iskandar
Sumber: The Long War Journal

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Lazis Khairu Ummah Palu Bagikan Takjil Gratis

KIBLAT.NET, Palu – Lembaga Amil, Zakat, Infaq dan Sedekah Khairu Ummah Palu mengadakan agenda tebar...

Kamis, 15/06/2017 15:25 0

Video Kajian

Jadi Tahu : Menghormati Orang Puasa

KIBLAT.NET – Pada bulan puasa, selalu ada logika “Orang yang  berpuasa harus menghargai yang tidak...

Kamis, 15/06/2017 11:08 0

Indonesia

Mudah Temukan Arah Kiblat dengan Layanan Google Qibla Finder

Google telah meluncurkan layanan penentu arah kiblat yang berbasis situs web atau hanya bisa diakses melalui browser internet yang dinamai dengan "Qibla Finder". Fungsi dari layanan tersebut adalah untuk memudahkan pengguna khususnya umat Islam untuk mencari arah Qiblat saat akan melaksanakan ibadah shalat.

Kamis, 15/06/2017 10:17 0

Indonesia

Habib Rizieq dan Zakir Naik Bertemu di Saudi, Apa yang Dibicarakan?

Salah satu pengacara Habib Rizieq Syihab, Sugito Atmo Pawiro mengungkapkan bahwa kliennya sempat bertemu ulama perbandingan agama, Dr. Zakir Naik di Arab Saudi. Pertemuan itu bermula saat keduanya takziah meninggalnya ibunda Syaikh Kholid Al-Hamudi.

Kamis, 15/06/2017 09:22 0

Indonesia

Pendidikan Agama Bakal Dihapus? Ini Penjelasan Kemdikbud

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) membantah bahwa pihaknya akan menghapus pendidikan agama di sekolah. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat (Ka BKLM) Ari Santoso.

Kamis, 15/06/2017 08:58 0

Fikih

Kapan Seharusnya Mengawali dan Mengakhiri I’tikaf?

“Dahulu Rasulullah sallallahu’alaihi wa sallam ketika ingin beri'tikaf, shalat fajar kemudian memasuki tempat i'tikafnya."

Rabu, 14/06/2017 16:30 0

Info Event

Hadirilah! Bedah Buku Cahaya Islam Bersama Ustadz Anung Al-Hamat

Bismillah… Dengan mengharap Ridho Allah Subhana Wa Ta’ala… ✅ *Hadirilah…*‼️‼️ ⁠⁠⁠ *KAJIAN BEDAH BUKU *...

Rabu, 14/06/2017 13:28 0

Indonesia

Ali Jabeer: Ulama dan Umara Harus Bersatu Jaga Kesatuan Indonesia

"Harus ada kesatuan antara Ulama dan Umara untuk menjaga Kesatuan Indonesia," ujarnya. Ulama berkelahiran Madinah tersebut berharap agar Ulama dan Umara bisa bersatu menjaga persatuan yang sudah dibangun oleh para pendahulu kita.

Rabu, 14/06/2017 13:04 0

Indonesia

Polda Sulteng Gelar Tabligh Akbar Hadirkan Syaikh Ali Jabeer

KIBLAT.NET, Palu – Polda Sulawesi Tengah pada Selasa (13/6/2017) menggelar Tabligh Akbar peringatan Malam Nuzulul...

Rabu, 14/06/2017 12:56 0

Info Event

Yuk Semarakkan Ramadhan Bersama Imam-imam Negeri Syam

Mengundang kepada segenap kaum Muslimin dan Muslimat untuk hadir dan berpartisipasi dalam rangkaian acara 'RAMADHAN BERMAKNA BERSAMA IMAM-IMAM DARI NEGERI SYAM'. Sebuah sarana untuk membangun dukungan dan kepedulian akan nasib saudara-saudara kita dibumi Syam yang diberkahi...Agar Ramadhan tahun ini mereka bisa kembali tersenyum dan berbahagia...agar anak-anak mereka bisa kembali bermain dan tertawa. MARI JADIKAN RAMADHAN

Rabu, 14/06/2017 12:01 0

Close