... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Titian

Pelipur Lara Saat Tak Mampu Berjihad

Foto: Berinfak untuk mujahidin, salah satu cara meraih pahala jihad

KIBLAT.NET – Jihad adalah amalan tertinggi di dalam Islam. Seorang muslim tentunya sangat merindukan  berjihad sebagaimana yang telah dicontohkan Rasulullah dan para shahabatnya.

… رَأْسُ الْأَمْرِ الْإِسْلَامُ وَعَمُوْدُهُ الصَّلَاةُ وَذِرْوَةُ سَنَامِهِ الْـجِهَادُ فِـي سَبِيْلِ اللهِ

Artinya : “… Pokoknya perkara adalah Islam, tiangnya adalah shalat, dan puncaknya adalah jihad fii sabiilillaah.” (HR. Ahmad, Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Kerinduan berjihad ini didasari dengan berbagai alasan didalamnya. Selain dengan alasan bahwa jihad adalah amalan puncak yang dicontohkan Rasulullah, jihad adalah jalan satu-satunya untuk mengembalikan kejayaan Islam yang hilang.

Jihad adalah jalan perjuangan yang dicontohkan Rasul. Selain itu, dibalik beratnya amalan jihad, Allah telah menjanjikan pahala yang besar bagi mujahid fi sabilillah. Dalam sebuah hadits dari sahabat Abu Hurairah yang diriwayatkan oleh Bukhari Muslim disebutkan bahwa Nabi ditanya perihal amal yang bisa menandingi jihad, beliau menjawab, “Aku tidak mendapatkannya.”

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata: “Wahai Rasulullah, Amalan apakah yang (pahalanya) sebanding dengan Jihad fi Sabilillah?” beliau menjawab, “Kalian tidak akan sanggup mengerjakannya.”

Mereka (para sahabat) mengulangi pertanyaan tersebut dua atau tiga kali, dan jawaban beliau atas setiap pertanyaan itu sama, “Kalian tidak akan sanggup mengerjakannya.” Kemudian setelah yang ketiga beliau Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

مَثَلُ الْمُجَاهِدِ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ الصَّائِمِ الْقَائِمِ الْقَانِتِ بِآيَاتِ اللَّهِ لَا يَفْتُرُ مِنْ صِيَامٍ وَلَا صَلَاةٍ حَتَّى يَرْجِعَ الْمُجَاهِدُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ تَعَالَى

Artinya :“Perumpamaan seorang mujahid Fi Sabilillah adalah seperti orang yang berpuasa yang mendirikan shalat lagi lama membaca ayat-ayat Allah. Dan dia tidak berhenti dari puasa dan shalatnya, sehingga seorang mujahid fi sabilillah Ta’ala pulang.” (Muttafaq ‘Alaih)

Sedangkan bagi para mujahid yang diberikan Allah kenikmatan syahid, maka akan mendapatkan 6 keutamaan yang disebutkan dalam hadits riwayat Ibnu Majah

حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ قَالَ: حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ بْنُ عَيَّاشٍ قَالَ: حَدَّثَنِي بَحِيرُ بْنُ سَعْدٍ، عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ، عَنِ الْمِقْدَامِ بْنِ مَعْدِيكَرِبَ، عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: ” لِلشَّهِيدِ عِنْدَ اللَّهِ سِتُّ خِصَالٍ: يَغْفِرُ لَهُ فِي أَوَّلِ دُفْعَةٍ مِنْ دَمِهِ، وَيُرَى مَقْعَدَهُ مِنَ الْجَنَّةِ، وَيُجَارُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، وَيَأْمَنُ مِنَ الْفَزَعِ الْأَكْبَرِ، وَيُحَلَّى حُلَّةَ الْإِيمَانِ، وَيُزَوَّجُ مِنَ الْحُورِ الْعِينِ، وَيُشَفَّعُ فِي سَبْعِينَ إِنْسَانًا مِنْ أَقَارِبِهِ “

Artinya : … Rasulullah SAW bersabda: “Bagi orang yang mati syahid disisi Allah mendapatkan enam keutamaan: diampuni dosanya saat pertama kali darahnya mengalir, dan ditunjukkan tempatnya di Surga, diselamatkan dari siksa kubur dan diamankan dari guncangan kubur, dan dihias-hiasi dengan perhiasan iman, dan dinikahkan dengan bidadari yang cantik jelita, dapat mensyafaati tujuh puluh orang keluarganya”. (HR Ibnu Majah)

Pahala Bagi yang Belum Berjihad

Dengan alasan yang telah penulis paparkan di atas, tentu menjadi pendorong yang sangat kuat untuk berjihad. Namun, urusan jihad bukanlah hanya sekadar keinginan semata. Tidak semua muslim mendapatkan rahmat Allah hingga diberi kesempatan bertempur di jalan-Nya.

Pertanyaannya, bagaimana dengan seseorang yang berudzur dari jihad? Udzur syar’i seperti tidak ada biaya dan belum terbukanya medan jihad atau letaknya jauh. Orang-orang seperti ini mendapatkan pahala sebagaimana hadits berikut :

روى البخاري عن أنس بن مالك -رضي الله عنه-: أن رسول الله -صلى الله عليه وسلم- رجع من غزوة تبوك فدنا من المدينة، فقال: “إن في المدينة أقواماً ما سرتم مسيراً ولا قطعتم وادياً إلا كانوا معكم” فقالوا: يا رسول الله وهم بالمدينة؟! قال: “وهم بالمدينة حبسهم العذر”.

Artinya :Diriwayatkan Al-Bukhari dari Anas bin Malik bahwasannya Rasulullah pulang dari Tabuk. Saat hampir tiba di Madinah beliau bersabda, “Sesungguhnya di Madinah ada para laki-laki yang mana tidaklah akan menempuh perjalanan, tidak pula melewati lembah melainkan mereka bersama kalian, sakit telah menghalangi mereka.” Shahabat bertanya,”Mereka di Madinah?” Beliau bersabda,”Mereka di Madinah terhalang udzur.” Diriwayat yang lain”…melainkan mereka berserikat dengan kalian dalam pahala.” (HR Al-Bukhari : 4423 dan Muslim : 1911).

Baca halaman selanjutnya: Sudah tentu ada syaratnya...

Halaman Selanjutnya 1 2
... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Mudahkan Cara Berzakat, IZI Luncurkan Program Zakatpedia

Program Zakatpedia beranjak dari minat publik yang sudah terbiasa menyentuh teknologi informasi melalui smartphone agar dapat mempermudah masyarakat untuk berdonasi zakat, infak dan shodaqoh. “Salah satu tujuan kami adalah mempermudah orang-orang yang mau berzakat, maupun yang berdonasi lewat perantara IZI. Selain itu, hal ini sekaligus menjawab minat publik yang mungkin belum sempat mendatangi gerai-gerai untuk menunaikan zakat, solusinya bisa langsung tunaikan melalui aplikazi Zakatpedia IZI ini.” Ujar Wildhan Dewayana ketika menyampaikan materi kemudahan bertransaksi zakat pada Jumat, 9 Juni 2017 di Hotel Aston, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Sabtu, 10/06/2017 16:23 0

Indonesia

Pembela Kebhinekaan Polisikan Abdul Somad, GEMASABA Riau Angkat Bicara

Abdul Somad, Lc, MA dilaporkan ke polisi atas tuduhan ujaran antikebhinekaan dan membahayakan NKRI dalam video ceramahnya.

Sabtu, 10/06/2017 15:29 1

Amerika

Donald Trump Dukung Blokade Negara Teluk terhadap Qatar

itengah memanasnya hubungan Qatar-Saudi, Amerika Serikat menuding bahwa pemerintah Qatar merupakan penyandang dana terorisme tingkat tinggi.

Sabtu, 10/06/2017 14:44 0

Afrika

Sebut Qatar Saudara, Negara Afrika Ini Enggan Putuskan Hubungan Diplomatik

Pemerintah Negara Eritrea dilaporkan telah menolak permintaan untuk mengikuti Arab Saudi yang memutus hubungan diplomatik dengan Qatar.

Sabtu, 10/06/2017 14:14 0

Opini

Potret Kehidupan Desa Perbatasan

Detak kemiskinan yang berdegup tiada henti masih membayangi negeri ini. Sebuah video viral menjadi saksi bahwa kemiskinan masih menjadi fenomena yang belum terpecahkan.

Sabtu, 10/06/2017 13:43 0

Indonesia

Sekjen PBNU: Diakui Dunia, Umat Islam Indonesia Toleran

Sekjen PBNU, Helmy Faisal Zaini mengungkapkan bahwa umat Islam Indonesia sangat toleran.

Sabtu, 10/06/2017 13:25 0

Eropa

Berpuasa Hingga Hampir 22 Jam Seperti Muslim di Islandia, Mampukah Anda?

Muslim di ibukota Reykjavik, Islandia, harus melakukan ibadah puasa selama hampir 22 jam selama bulan suci Ramadhan tahun ini.

Sabtu, 10/06/2017 12:43 0

Indonesia

Komentari Aksi 212, Said Aqil Sebut Peserta Bayaran dan Sholat Jumat Tidak Sah

KH. Said Aqil Siradj mengatakan bahwa sholat Jumat yang dilakukan pada aksi 212 silam tidak sah.

Sabtu, 10/06/2017 11:25 1

Indonesia

Aksi Bela Ulama 96 Galang 1 Juta Tanda Tangan di Atas Kain Putih

Pada aksi bela ulama 69, presidium alumni 212 membuat petisi berisi dukungan untuk meyerukan pembebasan para ulama yang didiskriminasi oleh pemerintah Indonesia.

Jum'at, 09/06/2017 19:25 1

Munaqosyah

Islam Kaffah VS Islam Separo

Wahai para aktifis, syariat yang mana lagi yang ingin anda tegakkan? Bukankah anda sudah diperbolehkan sholat, difasilitasi haji, pengajian-pun tidak diganggu, anda bisa puasa dengan aman dan tenang, pernikahan sesuai syariat-pun difasilitasi, bahkan sudah disediakan kantor urusan agama, anda lihat bahwa sebagian besar syariat sudah dilaksanakan. Syariat yang belum paling syariat hudud (hukum pidana Islam). Adapun 75% syariat Islam sudah di laksanakan, apalagi yang anda inginkan?

Jum'at, 09/06/2017 16:00 0