... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kisah Perjuangan Para Dai Ramadhan yang Turun ke Pelosok Sulawesi

Foto: Perjuangan Para Dai Ramadhan yang Turun ke Pelosok Sulawesi

KIBLAT.NET, Poso- Deretan gunung sejauh mata memandang, hamparan padi dan desiran air irigasi menemani perjalanan safari Ramadhan Bidang Dakwah Yayasan Wakaf Amanatul Ummah Poso pada Selasa (06/06), ketika menuju desa terpencil Lembah Sumara, Kecamatan Soyo Jaya, Kabupaten Morowali Utara.

Desa Lembah Sumara terletak dibawah kaki gunung dan bukit-bukit Morowali. Desa terpencil ini berada di antara perbatasan Kabupaten Morowali Utara dengan Kabupaten Poso. Penduduk mayoritasnya merupakan Muslim suku Jawa dan suku Bugis. Sebagian besar, keseharian mereka ialah bertani di sawah.

“Penduduk di sini hampir seratus persen Muslim. Alhamdulillah, sholat lima waktunya terjaga. Hanya saja untuk waktu Dhuhur dan Ashar ada yang tidak sholat di masjid karena masih di sawah,” ungkap Pak Ahmad Tonggong kepala Desa Lembah Sumara.

Kedatangan tim safari Ramadhan pun disambut gembira oleh warga setempat. Hal ini menjadi motivasi tersendiri bagi para da’i untuk menyebarkan ajaran Islam yang mulia.

Tak hanya di Lembah Sumara, Kecamatan Soyo Jaya, Kabupaten Morowali Utara, da’i juga disebar di beberapa titik di desa terpencil di Kecamatan Tojo Una-una, Desa Bencue Malino, Kecamatan Morowali Utara serta Desa Kasimbar di Kecamatan Parigi Moutong.

Para da’i pemula dan da’i senior Kota Poso seakan berlomba-lomba meraup pahala menyebarkan ajaran Islam di pelosok desa terpencil wilayah Sulawesi Tengah. Perjalanan yang panjang dengan kondisi jalan yang berlumpur, menyebrangi jembatan kayu serta menyebrangi lautan menggunakan perahu sampan tidak terasa berat ketika bertemu warga setempat dengan suasana hangat dalam ukhuwah islamiyah.

“Ramadhan kali ini terasa spesial karena saya bisa menambah pengalaman sekaligus beramal. Walaupun saya bukan seorang ustadz tapi Ramadhan ini saya dipanggil ustadz di desa-desa terpencil ini. Dan saya sampaikan walaupun hanya satu ayat,” ungkap Hamzah dengan senyum malu.

Sementara itu menurut pengurus Bidang Dakwah Yayasan Wakaf Amanatul Ummah Poso, program dakwah kali ini lebih fokus ke pelosok daerah karena selain permintaan dan kondisi umat yang membutuhkan juga di daerah menjadi rawan kristenisasi.

“Untuk tahun ini sebagian besar da’i kita fokuskan ke pelosok daerah terpencil karena ada umat disana yang jarang tersentuh dakwah Islam. Kami juga mengharapkan dengan dakwah ini akan tertanam akidah dan tauhid mereka sehingga tidak mudah goyah atau tertukar hanya dengan supermi,” jelas Ustadz Afif Asy Syuhada ketua Madina (Majelis Da’i Nasional) Poso dan pengurus Bidang Dakwah Yayasan Wakaf Amanatul Ummah Poso.

 

Reporter: Ahmad Sutedjo
Editor: Syafi’i Iskandar

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Tarbiyah Jihadiyah

Pelipur Lara Saat Tak Mampu Berjihad

Jihad adalah amalan tertinggi di dalam Islam. Seorang muslim tentunya sangat merindukan berjihad sebagaimana yang telah dicontohkan Rasulullah dan para shahabatnya.

Sabtu, 10/06/2017 16:37 0

Amerika

Donald Trump Dukung Blokade Negara Teluk terhadap Qatar

itengah memanasnya hubungan Qatar-Saudi, Amerika Serikat menuding bahwa pemerintah Qatar merupakan penyandang dana terorisme tingkat tinggi.

Sabtu, 10/06/2017 14:44 0

Afrika

Sebut Qatar Saudara, Negara Afrika Ini Enggan Putuskan Hubungan Diplomatik

Pemerintah Negara Eritrea dilaporkan telah menolak permintaan untuk mengikuti Arab Saudi yang memutus hubungan diplomatik dengan Qatar.

Sabtu, 10/06/2017 14:14 0

Opini

Potret Kehidupan Desa Perbatasan

Detak kemiskinan yang berdegup tiada henti masih membayangi negeri ini. Sebuah video viral menjadi saksi bahwa kemiskinan masih menjadi fenomena yang belum terpecahkan.

Sabtu, 10/06/2017 13:43 0

Eropa

Berpuasa Hingga Hampir 22 Jam Seperti Muslim di Islandia, Mampukah Anda?

Muslim di ibukota Reykjavik, Islandia, harus melakukan ibadah puasa selama hampir 22 jam selama bulan suci Ramadhan tahun ini.

Sabtu, 10/06/2017 12:43 0

Munaqosyah

Islam Kaffah VS Islam Separo

Wahai para aktifis, syariat yang mana lagi yang ingin anda tegakkan? Bukankah anda sudah diperbolehkan sholat, difasilitasi haji, pengajian-pun tidak diganggu, anda bisa puasa dengan aman dan tenang, pernikahan sesuai syariat-pun difasilitasi, bahkan sudah disediakan kantor urusan agama, anda lihat bahwa sebagian besar syariat sudah dilaksanakan. Syariat yang belum paling syariat hudud (hukum pidana Islam). Adapun 75% syariat Islam sudah di laksanakan, apalagi yang anda inginkan?

Jum'at, 09/06/2017 16:00 0

Artikel

Inilah Fakta Seputar Ikhwanul Muslimin, Organisasi Islam Tertua di Tanah Arab

Ikhwanul Muslimin akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat di seluruh dunia.

Jum'at, 09/06/2017 15:48 0

Amerika

Diduga Jadi Inspirator Serangan London, Ulama AS¬†“Dibidik” Polisi

Pejabat pemerintah Eropa dan AS, menyebut para penyerang warga sipil dengan mobil van dan pisau di London pada Sabtu lalu mendapat inspirasi dari seorang ulama AS, Syekh Ahmad Musa Jebril. Syekh Jebril yang telah tinggal di daerah Detroit selama beberapa tahun, disebut oleh pihak berwenang sebagai propagandis online yang mempengaruhi ketiga penyerang tersebut.

Jum'at, 09/06/2017 14:41 0

Qatar

Negara Teluk Memanas, Turki Berjanji Akan Perkuat Militer Qatar

Presiden Recep Tayyib Erdogan mengesahkan keputusan parlemen untuk memperkuat kerjasama militer dengan Qatar.

Jum'at, 09/06/2017 14:17 0

Qatar

Pasca Diblokade Saudi, Qatar Siapkan Kekuatan Militer Besar di Perbatasan?

Media Amerika Serikat, CNN pada Rabu, 7 Juni melaporkan bahwa militer Qatar telah meningkatkan kewaspadaan tingkat tinggi di sepanjang perbatasan selatan dengan Arab Saudi sejak krisis antar negara tesebut dengan Saudi pecah. CNN mengutip seorang pejabat AS yang tidak disebut namanya.

Jum'at, 09/06/2017 13:25 0