... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Titian

Teladan dan Pengorbanan dalam Perjuangan

Foto: Ilustrasi

KIBLAT.NET – Sejarah perjuangan Islam dipenuhi dengan teladan dan pengorbanan. Para pendahulu umat ini telah memberikan contoh mengagumkan  bagaimana mereka berjuang. Semua yang mereka punya baik harta dan jiwa sekalipun tak ragu untuk dipersembahkan demi tegaknya syariat Allah.

Semangat yang mereka miliki melebihi kelompok manapun juga. Ketika orang-orang berjuang untuk meraih kenikmatan dunia, maka para penolong dienulah berjuang untuk meraih kehidupan akhirat. Kematian bukanlah momok yang menakutkan, justru menjadi momen yang dinantikan. Lepasnya ruh dari jiwa raga ketika membela Rabbnya adalah cita-cita dan harapan termulia.

Tentu sudah tak asing lagi bagi kita kisah-kisah Rasulullah SAW beserta para sahabatnya mendakwahkan Islam. Betapa heroiknya generasi terbaik umat ini mendampingi Rasulullah SAW dalam berdakwah. Tidak mengherankan sebab mereka adalah kelompok manusia yang langsung berada di bawah tarbiyah Rasulullah.

Teladan dan Pengorbanan Generasi Terbaik Umat Ini

Adalah Abu Bakar Ash-Shiddiq, generasi assabiqunal awwalun yang paling dekat dengan Rasulullah. Dengan resiko kehilangan nyawa, dirinya menemani Nabi hijrah ke Madinah. Padahal pada saat itu orang-orang kafir Quraisy sedang memburu mereka berdua dengan pedang-pedang yang siap diayunkan. Namun, hal itu tidak menyurutkan tekad Abu Bakar untuk menyertai Rasul.

Pengorbanan harta? Abu Bakar adalah sosok yang tidak pernah berpikir panjang dalam soal harta. Mungkin kita mengenal sosok-sosok saudagar kaya dari kalangan sahabat seperti Utsman bin Affan, Abdurrahman bin Auf dan lainnya. Memang dalam soal jumlah harta Abu Bakar bukanlah yang terbanyak. Namun, tatkala ada seruan Rasulullah untuk memerangi pasukan Romawi, maka semua sahabat berlomba mengeluarkan harta.

BACA JUGA  Inilah Fakta Seputar Ikhwanul Muslimin, Organisasi Islam Tertua di Tanah Arab

Syaikh Shafiyurrahman Al Mubarokfuri dalam Sirah Nabawiyahnya menyebutkan bahwa Abu Bakar adalah sahabat yang pertama kali datang kepada Nabi dan menyerahkan seluruh hartanya. Ungkapan yang masyhur sampai saat ini adalah jawaban Abu Bakar ketika ditanya Nabi apa yang ia tinggalkan untuk keluarganya. Maka ia menjawab,”Aku telah meninggalkan dua hal yang lebih baik dari dunia dan seisinya, yaitu Allah dan Rasul-Nya.”

Keteladanan lainnya adalah saat sahabat mulia ini diangkat menjadi khalifah yang pertama. Ia adalah sosok yang tegas memerangi siapa saja yang mencoba mengubah syariat Islam dengan meninggalkan kewajiban zakat dan para nabi palsu.

Sosok sahabat lainnya adalah Salman Al-Farisi dan Abu Dzar Al-Ghifari yang rela menempuh perjalanan jauh untuk mendapatkan hidayah Allah. Di saat Islam dalam fase dakwah secara sembunyi-sembunyi, Abu Dzar dengan keberaniannya mengungkapkan keimanannya di Masjidil Haram.

Khalid Muhammad Khalid dalam Rijalun Haula Rasul menyebutkan ini adalah teriakan pertama tentang dien Islam yang menentang kesombongan kafir Quraisy dan memekakkan telinga mereka. Tanpa ada pelindung dan kerabat Abu Dzar berani melakukan hal itu dan ia ulangi untuk kedua kalinya di hari berikutnya. Sungguh teladan keberanian yang mengagumkan.

Satu lagi, sahabat yang dikenal dengan sangat benci kemunafikan, yaitu kakak dari khalifah kedua, Zaid bin Khattab. Ketika mendengar Rajjal bin Unfuwah murtad dan membelot pada Musailamah, ia sosok yang paling murka  dan terbakar kemarahannya untuk menjumpai Rajjal. Pada akhirnya ketika pecah pertempuran di Yamamah, Zaid berhasil menebas leher sang pengkhianat yang menyebabkan pasukan nabi palsu kocar-kacir. Zaid pun menjemput syahid pada peperangan ini hingga Amirul Mukminin Umar bin Khattab berujar, ” Rahmat Allah bagi Zaid. Ia mendahuluiku dengan dua kebaikan. Ia masuk Islam lebih dahulu dan gugur sebagai syahid lebih dahulu pula.”

Baca halaman selanjutnya: Teladan dan Pengorbanan Para...

Halaman Selanjutnya 1 2 3
... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

One comment on “Teladan dan Pengorbanan dalam Perjuangan”

  1. Sebagai umat islam kita harus meneruskan perjuangan tersebut…bangga

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Australia

Serangan di Melbourne, ISIS Klaim Pelaku adalah Anggotanya

Pelaku yang diidentifkasi bernama Yacqub Khayre akhirnya ditembak mati oleh petugas

Selasa, 06/06/2017 13:35 0

Suriah

500 Kali Gempuran Udara dan Darat Hantam Provinsi Daraa

Militer Bashar Assad dan sekutunya milisi Syiah beberapa hari terakhir meningkatkan operasi militer di Daraa. Lembaga pengawas HAM Suriah (SHOR), Senin (05/06), mencatat sebanyak 500 kali serangan udara dan gempuran darat diluncurkan rezim sejak Sabtu hingga hari ini.

Selasa, 06/06/2017 13:01 0

Qatar

Diterpa Isu Terorisme, Siapakah Emir Qatar Saat Ini?

Syaikh Tamim bin Hamad Al Thani dikenal sebagai salah-satu Emir termuda sepanjang sejarah Qatar.

Selasa, 06/06/2017 11:20 0

Arab Saudi

Saudi Cabut Izin TV Al-Jazeera dan Perintahkan Pegawainya Keluar

Buntut pemutusan hubungan diplomatik sepihak dengan Qatar, Kerajaan Saudi menutup kantor berita Al-Jazeera di negaranya pada Senin (05/06). Al-Jazeera merupakan kantor berita yang berbasis di Qatar.

Selasa, 06/06/2017 10:50 0

Suriah

FSA Tembak Jatuh Jet Tempur Suriah

“Kami menembak jatuh jet Suriah di daerah Tel Dikwah, pedesaan Damaskus. Saat ini kami tengah mencari pilotnya,” kata juru bicara Jaisy Usud Al-Syarqiyah, Sa’ad Al-Haj, kepada Reuters seperti dilansir Al-Jazeera.

Selasa, 06/06/2017 09:56 0

Analisis

Apa di Balik Memanasnya Hubungan Saudi dan Qatar?

Hubungan Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan Mesir dengan Qatar tiba-tiba kembali memanas dalam beberapa waktu terakhir. Hal itu tampaknya bermula pada Selasa 22 Mei lalu, dimana sebuah pernyataan palsu yang dikaitkan dengan Emir Qatar, dimuat dengan cepat oleh saluran TV Al-Arabiya, milik Saudi, dan Sky News Arabia yang dimiliki oleh UEA, serta saluran satelit Mesir pribadi dan media elektronik.

Senin, 05/06/2017 20:00 2

Manhaj

Ramadhan dan Pendidikan Jihad

Ramadhan. Selain dinamakan dengan bulan puasa (syahrus siyam), ia juga disebut sebagai bulan jihad (syahrul jihad). Sebutan tersebut tidak lain karena banyaknya sisi yang selaras antara Ramadhan dan jihad fi sabilillah. Kedua syariat ini memang memiliki ikatan penghubung yang sangat erat

Senin, 05/06/2017 19:33 0

Indonesia

MUI Keluarkan Fatwa Bersosial Media

Fatwa tentang media sosial tersebut tertuang dalam Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 24 tahun 2017

Senin, 05/06/2017 19:02 0

Asia

Zakir Naik Desak India Bongkar Paham Hindu Radikal Narendra Modi

Seharusnya otoritas India berani membongkar paham ekstremisme yang dianut oleh sejumlah pemimpin Hindu di negara tersebut.

Senin, 05/06/2017 18:00 0

Somalia

Ramadan dalam Keringnya Kamp Pengungsian Somalia

Tak lama lagi, Kapal Kemanusiaan akan melabuhkan jangkarnya di Pelabuhan Mogadishu, Somalia. Seribu ton beras siap menemui pemiliknya, para pengungsi yang tersebar di penjuru Somalia.

Senin, 05/06/2017 17:38 0