... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Tangisan Ummul Mukminin Aisyah Saat Membaca Al-Quran

Foto: Al-Quran

KIBLAT.NET – Menangis atau berusaha untuk menangis adalah salah satu adab ketika kita membaca Al Qur’an. terlebih ketika melawati ayat-ayat yang menceritakan tentang azab neraka. Allah Ta’ala menerangkan tentang sebagian dari sifat-sifat hamba-Nya yang shalih adalah “Dan mereka menyungkur atas muka mereka sambil menangis dan mereka bertamba khusyu,” ( QS.Al Isra :109 ).

Adalah Ummul Mukminin Aisyah radhiayallahu ‘anha. Selain terkenal dengan kecerdasannya, istri Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam yang satu ini juga dikenal sabagai sosok ahli ibadah yang zuhud.

Abu Dhuha meriwayatkan dari seseorang yang mendengar dari Aisyah radhiayallahu ‘anha, saat dia membaca ayat, “Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu…” (QS. Al-Ahzab: 33) Dia menangis sampai kerudungnya basah.

Aisyah menangis karena menyesal telah pergi ke Basrah, dan keluar rumah saat perang Jamal. Qasim berkata, “Saat aku berkeliling di pagi hari, aku biasa memulainya dengan rumah Aisyah; kuucapkan salam kepadanya. Suatu pagi, aku ke sana dan kudapati ia sedang bertasbih (mengerjakan shalat) dan membaca, Maka  Allah  memberikan  karunia  kepada  kami  dan memelihara kami dari azab neraka.’ (QS. Ath-Thur: 27)

Dia berdoa sambil menangis. Dia mengulang-ulanginya. Aku berdiri menunggu sampai bosan. Karenanya aku pergi ke pasar membeli berbagai kebutuhan dan kemudian kembali ke rumah Aisyah. Ternyata dia masih berdiri seperti saat kutinggalkan. Dia shalat sambil menangis.” (Shifâtush Shafwah (II/31)

Dalam  riwayat lain dari Ibnu Abu Hatim disebutkan bahwa ketika Aisyah membaca ayat:

فَمَنَّ اللَّهُ عَلَيْنَا وَوَقَانَا عَذَابَ السَّمُومِ*إِنَّا كُنَّا مِنْ قَبْلُ نَدْعُوهُ إِنَّهُ هُوَ الْبَرُّ الرَّحِيمُ

“Maka Allah memberikan karunia kepada kami dan memelihara kami dari azab neraka. Sesungguhnya, kami telah berdoa kepada-Nya sejak dahulu. Dia-lah yang Maha Melimpahkan kebaikan, Maha Penyayang. (QS. Ath-Thûr: 27-28)

Kemudian Aisyah berdoa, “Ya Allah, berikan karunia kepada kami dan peliharalah kami dari azab neraka, sesungguhnya Engkau Maha Melimpahkan kebaikan, Maha Penyayang.

Seseorang bertanya, “(Dia berdoa begitu) di dalam shalat?”

“Benar,” jawab A’masy

 

Fakhruddin

Disadur dari buku; Nikmatnya Menangis Bersama Al-Qur’an, karya Muhammad Syauman Ar-Ramli, penerbit: Aqwam Solo

 

 

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Philipina

AS Pasok Senjata ke Filipina untuk Perangi Maute

Amerika Serikat memberi Filipina ratusan senapan mesin, pistol dan peluncur granat. Oleh seorang komandan setempat, senjata tersebut akan digunakan untuk melawan militan Islam yang memerangi pasukan pemerintah di wilayah selatan.

Selasa, 06/06/2017 20:16 0

Timur Tengah

Israel Puji Negara Teluk yang Putuskan Hubungan dengan Qatar

Menteri Pertahanan Israel, Avigdor Lieberman, memuji keputusan sejumlah negara Teluk untuk memutus hubungan diplomatik dengan Qatar. Menurutnya, hal itu menjadi peluang bagi Israel untuk bekerja sama dengan negara-negara Arab dalam melawan terorisme.

Selasa, 06/06/2017 19:40 1

Indonesia

#FatwaHaramMuiUntukBuzzerHoax Muncul Pasca MUI Terbitkan Fatwa

Setelah fatwa tentang pedoman bermedia sosial secara resmi dikeluarkan MUI, hastag #FatwaHaramMuiUntukBuzzerHoax langsung muncul. Tanda pagar itu berhasil menduduki trending topik di Twitter pada Selasa (06/06).

Selasa, 06/06/2017 19:00 0

Indonesia

Dokter Chilafat Diberhentikan Lewat Instagram, Pengacara: Tak Profesional

Dokter Chilafat Dalimunthe diberhentikan secara sepihak oleh Rumah Sakit Sahid Sahirman. Pemberhentian diduga lantaran pria dengan panggilan akrab Dokter Chaca menggalang dokter bela Islam. RSU Sahid Sahirman mengabarkan pemberhentian tersebut melalui media sosial Instagram, @sahidsahirmanhospital.

Selasa, 06/06/2017 18:30 0

Amerika

Lindungi Seorang Muslimah, Ibu Ini Dipukul hingga Pingsan

Kejahatan terkait kebencian di Amerika Serikat terus terjadi. Kali ini menimpa seorang muslimah di Columbus, Ohio. Rahma Warsame dipukuli oleh seorang pria kulit putih hingga pingsan karena membela seorang muslimah lainnya yang sedang dilecehkan.

Selasa, 06/06/2017 18:00 0

Indonesia

Wow, Kominfo Berniat Blokir Facebook di Indonesia

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengatakan bahwa saat ini banyak konten negatif yang beredar di media sosial. Menurutnya, langkah yang saat ini diambil Kominfo untuk menanggulangi hal ini yaitu menutup akun-akun yang menyebarkan konten tersebut.

Selasa, 06/06/2017 17:37 4

Suriah

Faksi-Faksi FSA di Daraa Siaga Satu Hadapi Kemungkinan Serangan

Dalam pernyataan yang didapat portal enabbaladi.net pada Selasa (06/06), faksi yang aktif di Daraa itu juga menyeru seluruh kelompok-kelompok oposisi bersenjata di Daraa dan Qunaithirah siap siaga menghadang serangan militer Assad dan segala rencananya.

Selasa, 06/06/2017 17:00 0

Indonesia

Ini 11 Poin Larangan MUI dalam Bermedia Sosial

Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), Asrorun Niam Soleh mengungkapkan dasar pertimbangan MUI dalam mengeluarkan fatwa tentang bermedia sosial. Salah satunya adalah minimnya pertanggungjawaban dari para pengguna media sosial ketika memposting suatu hal.

Selasa, 06/06/2017 16:30 0

Indonesia

Fatwa MUI tentang Bermedia Sosial, Menag: Kami Sangat Sejalan

Lukman Hakim Saifuddin selaku Menteri Agama Republik Indonesia mengaku sejalan dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) terbaru tentang bermedia sosial.

Selasa, 06/06/2017 16:10 0

Qatar

Menlu Qatar Sebut Berita Palsu Sebabkan Negaranya Dimusuhi

Perlu diketahui, pernyataan palsu yang dikaitkan dengan Emir Qatar sangat sensitive bagi negara-negara teluk.

Selasa, 06/06/2017 15:38 0