... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Kecerdikan Al-Baqilani Mengalahkan Tipu Daya Raja Romawi

Foto: Ilustrasi

KIBLAT.NET – Nama aslinya adalah Muhammad bin Thayyib, namun akrab dipanggil Abu Bakar Al-Baqilani. Beliau adalah orang yang dikarunai kecerdikan dan kecerdasan. Khalifah Adhadhud Daulah pernah mengutusnya untuk memberikan surat kepada raja Romawi.

Ketika sampai di Romawi, ketika hendak menghadap raja harus melewati sebuah pintu rendah setinggi orang rukuk. Al-Baqilani pun paham bahwa maksud dibuatnya pintu seperti itu agar orang yang masuk ke dalamnya menunduk seperti orang yang rukuk. Ia pun mengarahkan pantatnya ke raja dan memasuki pintu dengan punggungnya serta berjalan ke belakang. Ketika telah sampai kepada raja, ia pun berbalik dan mengucapkan selamat kepada raja. Raja pun mengetahui kecerdasannya, sehingga ia memuliakannya.

Suatu ketika raja pernah mengirimkan Argal—sebuah alat musik tabuh—kepada Al-Baqilani. Ia ingin membuatnya lalai. Karena khawatir memperlihatkan gerakan-gerakan yang kurang sopan di hadapan raja, ia pun melukai kakinya sehingga darah mengucur dari lukanya itu. Mulailah ia sibuk dengan lukanya sehingga ia tidak mendengarkan lantunan musik. Pada saat yang sama ia juga tidak menunjukkan gerakan yang tidak sopan.

Ketika sang raja mengetahui bahwa Al-Baqilani melukai dirinya agar tidak larut dalam lantunan musik, ia pun kagum. Padahal, selama ini orang yang mendengar musik itu akan terbuai dan menari.

Redaktur : Dhani El_Ashim

Diambil dari  Ajaib wa Tharaif Ibrat-Tarikh karya Hasan Ramadhan

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Tarbiyah Jihadiyah

Teladan dan Pengorbanan dalam Perjuangan

Sejarah perjuangan Islam dipenuhi dengan teladan dan pengorbanan. Para pendahulu umat ini telah memberikan contoh mengagumkan bagaimana mereka berjuang. Semua yang mereka punya baik harta dan jiwa sekalipun tak ragu untuk dipersembahkan demi tegaknya syariat Allah.

Selasa, 06/06/2017 14:00 1

Australia

Serangan di Melbourne, ISIS Klaim Pelaku adalah Anggotanya

Pelaku yang diidentifkasi bernama Yacqub Khayre akhirnya ditembak mati oleh petugas

Selasa, 06/06/2017 13:35 0

Suriah

500 Kali Gempuran Udara dan Darat Hantam Provinsi Daraa

Militer Bashar Assad dan sekutunya milisi Syiah beberapa hari terakhir meningkatkan operasi militer di Daraa. Lembaga pengawas HAM Suriah (SHOR), Senin (05/06), mencatat sebanyak 500 kali serangan udara dan gempuran darat diluncurkan rezim sejak Sabtu hingga hari ini.

Selasa, 06/06/2017 13:01 0

Qatar

Diterpa Isu Terorisme, Siapakah Emir Qatar Saat Ini?

Syaikh Tamim bin Hamad Al Thani dikenal sebagai salah-satu Emir termuda sepanjang sejarah Qatar.

Selasa, 06/06/2017 11:20 0

Arab Saudi

Saudi Cabut Izin TV Al-Jazeera dan Perintahkan Pegawainya Keluar

Buntut pemutusan hubungan diplomatik sepihak dengan Qatar, Kerajaan Saudi menutup kantor berita Al-Jazeera di negaranya pada Senin (05/06). Al-Jazeera merupakan kantor berita yang berbasis di Qatar.

Selasa, 06/06/2017 10:50 0

Suriah

FSA Tembak Jatuh Jet Tempur Suriah

“Kami menembak jatuh jet Suriah di daerah Tel Dikwah, pedesaan Damaskus. Saat ini kami tengah mencari pilotnya,” kata juru bicara Jaisy Usud Al-Syarqiyah, Sa’ad Al-Haj, kepada Reuters seperti dilansir Al-Jazeera.

Selasa, 06/06/2017 09:56 0

Analisis

Apa di Balik Memanasnya Hubungan Saudi dan Qatar?

Hubungan Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan Mesir dengan Qatar tiba-tiba kembali memanas dalam beberapa waktu terakhir. Hal itu tampaknya bermula pada Selasa 22 Mei lalu, dimana sebuah pernyataan palsu yang dikaitkan dengan Emir Qatar, dimuat dengan cepat oleh saluran TV Al-Arabiya, milik Saudi, dan Sky News Arabia yang dimiliki oleh UEA, serta saluran satelit Mesir pribadi dan media elektronik.

Senin, 05/06/2017 20:00 2

Manhaj

Ramadhan dan Pendidikan Jihad

Ramadhan. Selain dinamakan dengan bulan puasa (syahrus siyam), ia juga disebut sebagai bulan jihad (syahrul jihad). Sebutan tersebut tidak lain karena banyaknya sisi yang selaras antara Ramadhan dan jihad fi sabilillah. Kedua syariat ini memang memiliki ikatan penghubung yang sangat erat

Senin, 05/06/2017 19:33 0

Indonesia

MUI Keluarkan Fatwa Bersosial Media

Fatwa tentang media sosial tersebut tertuang dalam Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 24 tahun 2017

Senin, 05/06/2017 19:02 0

Asia

Zakir Naik Desak India Bongkar Paham Hindu Radikal Narendra Modi

Seharusnya otoritas India berani membongkar paham ekstremisme yang dianut oleh sejumlah pemimpin Hindu di negara tersebut.

Senin, 05/06/2017 18:00 0