... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Galeri

Potret Pertempuran Jihadis Mali vs Militer Pemerintah Pro-Perancis

KIBLAT.NET, Mali- Sebuah video terbaru yang diproduksi oleh Jamaah Nusrah al-Islam wal Muslimin (JNIM) afiliasi al-Qaidah di Afrika Barat & Sahel, memberikan gambaran detil bagaimana serangan mematikan terhadap sebuah markas militer Mali itu dilancarkan di kota Nampala di bagian selatan negara itu. Video ini merupakan video pertama yang diproduksi JNIM sejak entitas baru jihadis ini terbentuk awal tahun ini.

Berbeda dengan kelompok-kelompok afiliasi ISIS al-Baghdadi yang ingin menguasai suatu wilayah permanen setelah menyerang, JNIM konsisten dengan taktik gerilya dan insurjensi untuk memperkuat gerakan mereka.

Bagian pertama video memperlihatkan sepak terjang pemerintah Mali yang terlibat dalam berbagai kejahatan dan korupsi di seluruh negeri, termasuk bagian video berisi kecaman terhadap militer Perancis atas campur tangan dan dukungan mereka kepada pemerintah Mali dalam memerangi jihadis. Sebagian besar konten video memberikan fokus pada pertempuran, namun aktifitas tadrib-askary di muaskar juga terlihat dalam beberapa durasi.

Video menyoroti serangan pada tanggal 19 Juli 2016 lalu yang menyebabkan jatuhnya banyak korban di pihak militer. Tercatat sedikitnya 17 tentara tewas dan lebih dari 35 lainnya luka-luka. Sebelumnya, menurut sumber dari pejabat-pejabat Mali bahwa markas militer mereka diserang dari berbagai arah yang kemudian terkonfirmasi oleh rilis video kali ini. Serangan kedua berupa aksi ambush menargetkan pasukan Mali yang sedang berusaha mundur menyelamatkan diri ke kota terdekat, Diabaly. Markas militer sempat jatuh dan dikuasai para penyerang, namun tidak lama kemudian para jihadis pergi mengosongkan markas tersebut dan akhirnya diambil alih kembali oleh tentara Mali.

BACA JUGA  Helikopter Serbu Jerman Jatuh di Mali, Pilotnya Tak Selamat

Saat terjadi serangan, dua kelompok Ansharuddin dan milisi lokal Fulani menyatakan bertanggung jawab. Media-media di Mali juga melaporkan sejumlah unit pasukan jihadis AQIM terlihat selama pertempuran. Video yang dirilis pada hari Jumat (26/05) ini akhirnya mengkonfirmasi keterlibatan sejumlah kelompok jihadis dalam pertempuran sengit tersebut. Selain itu, video JNIM ini juga mengkonfirmasi banyak hal lainnya yang menjadi berita saat itu, di antaranya: aksi jihadis saat menguasai dan meng-clearing area markas militer, mengangkut para tawanan, menguras gudang senjata dan amunisi, dan lalu pergi meninggalkan area.

Seorang pemimpin senior cabang AQIM di Sahara turut hadir mengawasi jalannya pertempuran. Dia adalah Abdul Rahman al-Sanhaji, seorang pejabat dewan Syariah, berulang kali tampil memberikan pidato naratif kepada para pejuang sebelum berangkat bertempur. Dalam satu cuplikannya, Al-Sanhaji mengatakan bahwa pejuang-pejuang baik yang berasal dari Arab, Tuaregs, Bambara, maupun Fulani semuanya berkumpul dan bersatu untuk mengambil alih markas militer. Beberapa figur lainnya juga ikut memberikan sambutan dan menjelaskan bahwa terdapat banyak pejuang asing di tengah-tengah mereka.

Pertempuran ini sendiri terjadi sebelum sejumlah kelompok melebur dan membentuk entitas baru menjadi JNIM. Hal itu menunjukkan platform organisasi sudah terbentuk sebelum operasi serangan itu dilaksanakan. Al-Sanhaji juga yang kemudian tampil di bagian akhir video dan mengumumkan pembentukan JNIM.

JNIM terbentuk awal tahun ini yang terdiri dari beberapa kelompok jihadis yang secara operasional berbasis di Mali. Sebelum menggabungkan diri, masing-masing kelompok sudah berada dalam sistem jaringan al-Qaidah. Mereka adalah: AQIM sub-Sahara, Ansharuddin, al-Murabithun, sayap Ansharuddin di bawah Katibah Macina (MLF). JNIM dipimpin oleh seorang veteran jihadis etnis Tuareg, yaitu Syeikh Iyad Ag Ghaly yang secara terbuka pernah menyatakan setia kepada pemimpin AQIM Abdul Malik Droukdel, dan juga kepada Dr. Aiman adz-Dzawahiri.

BACA JUGA  Helikopter Serbu Jerman Jatuh di Mali, Pilotnya Tak Selamat

 

Reporter: Yasin Muslim
Sumber: The Long War Journal

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Didesak Sahkan RUU Anti Terorisme, Begini Jawaban Pansus DPR

Pengesahan RUU bukan karena desakan

Senin, 29/05/2017 12:57 1

Indonesia

Kencang Desakan Pengesahan RUU Anti Terorisme, Definisi Teroris Belum Disepakati

Pansus DPR menyebut ada beberapa isu yang belum disepakati, termasuk definisi teroris

Senin, 29/05/2017 12:08 0

Artikel

Jika Setan dibelenggu, Mengapa Masih Ada Maksiat?

”Apabila bulan Ramadan datang, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu.”

Senin, 29/05/2017 11:30 0

Khazanah

Kisah Utusan ke Tembok Dzulqarnain

“Wahai gubernur, sesungguhnya laki-laki ini pernah aku utus ke tembok (Dzulqarnain) dengan bekal harta yang melimpah serta menitipkan surat-surat untuk raja-raja yang ada di bawah kekuasaanku.

Senin, 29/05/2017 11:00 0

Libya

Anshar Syariah Libya Bubarkan Diri

Organisasi Anshar Syariah Libya mengumumkan membubarkan diri setelah berjuang selama 2012 lalu untuk mendirikan negara Islam. Pengumuman ini dikeluarkan pada Sabtu malam (27/05) melalui sebuah pernyataan yang diunggah di internet.

Senin, 29/05/2017 10:24 0

Indonesia

DPR: Sehari Sebelum Ledakan Bom Kampung Melayu, Pansus Rapatkan RUU Terorisme

Pasca bom Kampung Melayu Presiden meminta pengesahan RUU Terorisme dipercepat

Senin, 29/05/2017 09:05 0

Indonesia

Di Bulan Penuh Berkah Ini, Kiblat TV Launching Program Baru

KIBLAT.NET – Membersamai kehadiran bulan suci Ramadhan 1438, Kiblat meluncurkan program baru yang dinamai Kiblat...

Ahad, 28/05/2017 17:00 0

Wilayah Lain

Di Wilayah Dunia Dengan Matahari Hanya Terbenam 55 Menit, Bagaimana Rasanya Berpuasa?

KIBLAT.NET – Umat Islam di seluruh dunia berbahagia dengan datangnya bulan suci Ramadhan. Sekitar 22...

Ahad, 28/05/2017 14:38 0

Indonesia

Ikut Buka Puasa Bersama, Umat Islam Membeludak di Masjid Raya Bandung

Sebanyak seribu lima ratus takjil buka puasa disediakan, tapi masih banyak yang belum kebagian

Ahad, 28/05/2017 14:18 0

Philipina

Duterte kepada Tentara: Anda Perkosa 3 Wanita, Saya yang Bertanggung Jawab

Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengizinkan tentaranya yang terlibat dalam operasi Marawi memperkosa wanita.

Ahad, 28/05/2017 14:14 0