... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Satu Serangan Udara AS Bunuh 100 Lebih Warga Sipil Mosul

Foto: Para pekerja bantuan melakukan evakuasi setelah sebuah bangunan di Mosul diserang jet tempur koalisi AS.

KIBLAT.NET, Jakarta – Sebuah serangan udara koalisi pimpinan AS pada bulan Maret terhadap sebuah bangunan di kota Iraq, Mosul, menewaskan lebih dari 100 warga sipil. Demikian pengakuan Pentagon setelah melakukan penyelidikan atas serangan tersebut.

“Serangan udara koalisi pada 17 Maret di distrik al-Jadidah Mosul menargetkan gedung tempat dua penembak jitu ISIS terlibat pertempuran dengan pasukan kontraterorisme Iraq,” kata pernyataan tersebut pada hari Kamis (25/05).

Koalisi AS maupun pasukan Iraq mengklaim tidak mengetahui terdapat warga sipil berada di dalam gedung tersebut. Menurut Pentagon, ISIS juga telah menempatkan bahan peledak di gedung yang memicu ledakan sekunder.

“Dua penembak jitu, 101 warga sipil di lantai bawah gedung tersebut dan empat warga sipil di sebuah bangunan sebelahnya terbunuh,” kata pernyataan tersebut. “36 warga sipil lainnya masih belum ditemukan.”

Serangan terhadap kota Mosul menjadi satu-satunya insiden paling mematikan bagi warga sipil. Sementara itu, koalisi pimpinan AS terus melakukan serangan udara yang menargetkan kota tersebut, tempat di mana ISIS mengambil kendali.

Pentagon menyebutnya sebagai cara yang paling tepat dan proporsional untuk menetralisir ancaman dan meminimalkan kerusakan. “Koalisi mengambil semua tindakan yang layak untuk melindungi warga sipil dari bahaya. Cara terbaik untuk melindungi warga sipil adalah dengan mengalahkan ISIS,” kata Mayor Jenderal Joe Martin, komandan pasukan koalisi.

BACA JUGA  Ribuan Warga Irak Kembali Turun ke Jalan Kecam AS dan Iran

AS sebelumnya hanya mengakui pihaknya hanya memiliki kemungkinan terlibat dalam kematian warga sipil. Penyelidikan akhirnya dilakukan setelah desakan dan pernyataan dari berbagai pihak bahwa pasukan AS di bawah Presiden Donald Trump telah membunuh lebih banyak warga sipil dalam perang melawan ISIS.

Menurut hitungan militer AS pada akhir April, total 396 warga sipil terbunuh sejak awal kampanye melawan ISIS hampir tiga tahun lalu. Adapun lembaga penelitian Airwars, yang berbasis di London melaporkan bahwa setidaknya 3.350 orang telah tewas dalam serangan koalisi di Iraq dan Suriah.

Reporter: Ibas Fuadi
Sumber: Al-Jazeera

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Polisi Sudah Tahu Akan Terjadi Serangan Bom

Aparat kepolisian mengakui pihaknya telah mengetahui akan adanya serangan terhadap anggota institusinya. Menurut Kabag Mitra Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Kombes Awi Setiyono, pihaknya sebelumnya sudah pernah diwanti-wanti oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian beberapa waktu silam.

Jum'at, 26/05/2017 08:10 0

Indonesia

“Dokter Chacha Itu Cuma Mau Membela Agamanya”

Pemberhentian sepihak dr. Chilafat Dalimunthe, SpAn dari Rumah Sakit Sahid Sahirman disayangkan beberapa pihak. Kawan Dokter Chacha, panggilan akrabnya, mengaku prihatin dengan peristiwa ini.

Jum'at, 26/05/2017 07:36 0

Indonesia

NATO Akan Resmi Bergabung dalam Koalisi Internasional Anti-ISIS

Keterlibatan NATO meliputi peningkatan penerbangan pesawat mata-mata, berbagi informasi intelijen dan pengisian bahn bakar pesawat tempur di udara

Kamis, 25/05/2017 23:34 0

Indonesia

UBN Seru Umat Islam Waspada Sikapi “Bom Kampung Melayu”

"Kepada segenap umat Islam tetaplah bersikap rasional dan waspada dalam menyikapi kasus bom bunuh diri di kawasan terminal Kampung Melayu. Agar kita selamat dari penggiringan isu atau rekayasa isu baru yang menyesatkan," katanya dalam rilis yang diterima Kiblat.net pada Kamis (25/05).

Kamis, 25/05/2017 23:26 0

Indonesia

Berkicau “Negeri Bom” di Twitter, Boni Hargens Kembali Dikecam

"Negeri bom" yg lu mau perjuangkan? diunggah Boni Hargens usai kejadian ledakan di Terminal Kampung Melayu

Kamis, 25/05/2017 23:06 0

Indonesia

Ambil Langkah Hukum, Pengacara dr. Chilafat Tuntut Polisi Tegas Usut Fitnah Ahoker

Ada tiga langkah hukum yang akan diambil kuasa hukum dr. Chilafat Dalimunthe

Kamis, 25/05/2017 22:49 0

Indonesia

GNPF-MUI Minta ‘Bom Kampung Melayu’ Tak Dikaitkan dengan Umat Islam

Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI menegaskan bahwa Indonesia bukan zona perang. Hal itu ditegaskan Menyusul serangan bom di Kampung Melayu, Jakarta Timur. Untuk itu, GNPF menyeru umat Islam menjahui cara-cara kekerasan dan beragama dengan damai.

Kamis, 25/05/2017 22:49 0

Indonesia

Dipecat Karena Anti Ahok, dr. Chilafat Malah Bilang Menggembirakan

"Saya berharap kita disini karena membela agama Allah. Nggak pernah kita bayangkan, perjuangan Islam memang betul menggembirakan"

Kamis, 25/05/2017 21:52 0

Feature

Sudiyatmi, Penghuni Rumah di Tikungan Stasiun Televisi

Namanya Sudiyatmi (63). Ia tinggal bersama dengan anak, menantu dan dua cucu. Meski tinggal di rumah senja ia juga masih menampung dua anak yatim yang hidup bersamanya.

Kamis, 25/05/2017 20:26 0

Close